Bila Kemarin Tuhan Tolong, Hari Ini Juga

Oleh Yessica Anggi Natalia

Hari-hari ini aku sangat terberkati dengan sebuah lagu dari Yotari yang berjudul “Bila Kemarin”. Liriknya memberiku dorongan semangat untuk menjalani hari-hariku.

Usai sudah yang t’lah lalu, tak sempurna harapku terwujud…
Ku tak tahu ke mana kuharus melangkah, tapi ku tahu pasti…
Bila kemarin sudah terlampaui, esok hari pun takkan ku sembunyi,
air mataku kan terbayar lunas, dan semangatku takkan kandas…
Berhenti sakiti diri, ku berharga, itu yang pasti…

Awal tahun ini banyak sekali hal yang tidak sesuai rencanaku. Kontrak kerjaku selama dua tahun selesai. Februari lalu jadi bulan terakhirku bekerja di tempat lama, namun puji Tuhan memasuki bulan ketiga aku telah mendapatkan pekerjaan baru. Tapi… di bulan ke-empat, aku kembali tidak bekerja karena satu dan lain hal. Aku bertanya-tanya: why, Tuhan? Jujur, hatiku tak mengerti apa rencana-Nya, tetapi sepenggal lirik lagu yang kutulis di atas mengingatkanku bila kemarin Tuhan sudah tolong, esok pun Tuhan akan tetap tolong. Tidak ada hari yang buruk, semua hari dibuat-Nya baik.

Belajar memahami rencana Tuhan memang butuh proses dan pengalaman yang panjang. Pertanyaan why dalam otakku sempat menjalar menjadi rasa marah dan kecewa pada-Nya. Aku pun teringat akan kisah Ayub, saat Tuhan mengizinkan Iblis mencobainya. Kita pasti tahu cerita kemalangan Ayub, bagaimana dia kehilangan semua harta, anak-anak, hingga kesehatannya. Namun, yang menjadi pembeda Ayub dengan orang-orang lainnya adalah imannya. Ayub yang telah kehilangan segalanya sujud menyembah kepada Allah dan berkata, “Dengan telanjang aku keluar dari kandungan ibuku, dengan telanjang juga aku akan kembali ke dalamnya. Tuhan yang memberi, Tuhan yang mengambil, terpujilah nama Tuhan!” (Ayub 1:21-22).

Keadaan Ayub sungguhlah sulit. Dari sudut pandang manusia, walaupun Ayub kecewa atau marah pada Tuhan, itu respons yang terasa wajar, tetapi Ayub tidak melakukannya. Dia sujud dan menyembah Tuhan. Tentu kisah pengalamanku tidaklah sebanding dengan Ayub, tetapi aku sangat tertegur dengan sikap Ayub yang tidak meninggalkan Tuhan dan tetap saleh. Jikalau kulihat kembali ke belakang, apa yang Tuhan sudah lakukan di hidupku, aku bisa berkata “How great is our God!”

Dulu, Tuhan telah menolongku saat aku sakit Covid-19. Tuhan juga mempercayakan pekerjaan buatku. Tidak ada alasan untukku tidak percaya pada rencana-Nya. Meskipun aku tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi aku dapat memilih berjalan dengan iman dan percaya bahwa Tuhan tahu dan memegang kendali. Kita tidak dilahirkan untuk jadi orang yang khawatir, tetapi untuk menjadi pemenang. Kuasa yang sama, yang telah membangkitkan Kristus Sang Juruselamat dari maut juga tersedia bagi kita.

Setiap kita pasti mempunyai masalah yang berbeda-beda dan kita tidak bisa membandingkan masalah kita lebih besar dari yang lain bahkan sebaliknya. Tuhan mengizinkan setiap hal terjadi sesuai hikmat-Nya bagi kita. Satu hal yang membuatku merenung, rencana-Nya itu benar di luar logika manusia, dan untuk memahaminya tidak cukup hanya dengan pikiran, tetapi dengan iman.

Untuk kamu dan aku saat merasa down,

Jangan biarkan perasaan negatif menghalangi kita untuk percaya rencana-Nya. Segala sesuatu yang terjadi berada dalam cakupan rancangan-Nya yang sempurna bagi aku dan kamu.

Tuhan Yesus memberkati.

Bagikan Konten Ini
24 replies
  1. Irene Natalia Ndraha
    Irene Natalia Ndraha says:

    Kalo dulu Tuhan tolong, hari ini, dan di hari-hari kedepan Tuhan Yesus juga pasti tolong.

  2. Khaterina Vonbora Situmeang
    Khaterina Vonbora Situmeang says:

    Kemarin, hari ini, besok, dan sampai selamanya Tuhan pasti tolong. Terimakasih buat renungannya. Tuhan jaga hidup kita, dan dilimpahkan berkat yang cukup bagi aku dan kamu dan kita semua. Amin.

  3. Juniar Feni Rose Angelica
    Juniar Feni Rose Angelica says:

    Amin, Tuhan pasti mempersiapkan yang terbaik dan mungkin juga Tuhan sedsng mempersiapkan pekerjaan yang terbaik untukku setelah sekian lama mencari pekerjaan dan belum menemukannya

  4. Sari Devi
    Sari Devi says:

    Betul sekali..

    kisah ini seperti kisah aku. covid-kontrak kerja selesai-dapat kerjaan baru (bedanya kerjaan baru tidak sesuai keingananku tapi harus aku terima). Dan aku sadar, mungkin Tuhan mau bentuk aku jadi pribadi yang lebih sabar dan tidak khawatir.

    Terimakasih untuk sharingnya, Tuhan Yesus memberkati

  5. Sarkodes
    Sarkodes says:

    Akal pantas meminta haknya untuk bebas bertindak (menyalahkan atau melupakan), namun jiwa masih dalam kuasa-Nya (mengikhlaskan)🤝

  6. Erti Arti Laoli
    Erti Arti Laoli says:

    Ketika aku memulai studi Tuhan telah tolong. Maka sekarang pun Tuhan tolong aku untuk menyelesaikan studiku. Walau jalannya berliku, tapi saya selalu menanti pelangi 🌈

  7. Agnes Yustivani
    Agnes Yustivani says:

    Terimakasih atas sharing pengalamannya, kak Yessica Anggi. Sangat memberkati.
    Tuhan Yesus selalu menyertai kita 🙏

  8. Febe
    Febe says:

    Aku sangat terberkati dengan post ini… Di tengah pencobaan yang sangat tidak bisa kita mengerti, Allah selalu membuat semuanya baik.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *