Artikel Kaum Muda

3 Hal yang Kupelajari Tentang Hidup untuk Saat Ini

/
Oleh Vika Vernanda, Bekasi. “Umur 25 udah bisa apa?” merupakan pembahasan yang cukup ramai dibahas di sosial media akhir-akhir ini. Ada sekelompok orang yang sudah berhasil mengumpulkan uang milyaran rupiah, membeli rumah, kuliah di luar negeri, atau lainnya.

Aku: si “Ketidaksengajaan” yang Hadir dalam Keluarga

/
Oleh Priliana. Aku lahir sebagai anak bungsu dengan kedua saudara yang usianya cukup jauh di atasku. Antara aku dan kakak pertamaku laki-laki, terpaut 10 tahun, sedangkan dengan kakak perempuanku, terpaut 7 tahun.

Perjumpaan yang Singkat Itu Mengingatkan Tugasku yang Belum Selesai

/
Oleh Syahniati Berutu. Hari ini, aku beribadah dengan adikku. Sepulang ibadah, kita memilih pulang berjalan kaki. Padahal, kami biasanya naik kendaraan umum, tapi hari ini entah apa yg membuat kami memutuskan jalan kaki.

Belajar Jadi Anak: Proses Seumur Hidup untuk Kita Semua

/
Oleh Edwin Petrus Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA), aku meninggalkan kota kelahiranku. Aku merantau ke negeri orang untuk mendapatkan gelar sarjana. Selanjutnya, aku pun berkelana lagi ke kota orang untuk meniti karier.

Memulihkan Sisi “Parentless” Bersama Pacar, Mungkinkah?

/
Oleh Tabita Davinia Utomo Pernahkah kamu berpikir mengapa pertengahan tahun sangat sering diwarnai dengan ketidakpastian dan gairah yang berkurang untuk melakukan apa pun? Kalau kamu pernah, well, kamu tidak sendirian, kok. Aku juga sedang mengalaminya saat ini, apalagi kalau bukan karena orang yang sedang mengerjakan tugasnya di depanku itu.

20 Tahun Menanti Jawaban Doa

/
Oleh Raganata Bramantyo Saat aku masih berusia 9 tahunan, guru-guru sekolah Minggu di gerejaku selalu menasihatiku begini, “Doain papah terus ya, jangan nyerah.” Di usiaku yang masih kecil dengan pikiran yang belum terbuka, aku menganggap sumber permasalahan dan keributan dalam keluargaku adalah sosok papaku. Setiap hari dia kerjanya marah-marah, memukuli mamaku, mengumpat kasar, berjudi, juga selingkuh dengan wanita lain.