Selalu Menyertai Kita

Senin, 4 Maret 2019

Selalu Menyertai Kita

Baca: Matius 14:13-21

14:13 Setelah Yesus mendengar berita itu menyingkirlah Ia dari situ, dan hendak mengasingkan diri dengan perahu ke tempat yang sunyi. Tetapi orang banyak mendengarnya dan mengikuti Dia dengan mengambil jalan darat dari kota-kota mereka.

14:14 Ketika Yesus mendarat, Ia melihat orang banyak yang besar jumlahnya, maka tergeraklah hati-Nya oleh belas kasihan kepada mereka dan Ia menyembuhkan mereka yang sakit.

14:15 Menjelang malam, murid-murid-Nya datang kepada-Nya dan berkata: “Tempat ini sunyi dan hari sudah mulai malam. Suruhlah orang banyak itu pergi supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa.”

14:16 Tetapi Yesus berkata kepada mereka: “Tidak perlu mereka pergi, kamu harus memberi mereka makan.”

14:17 Jawab mereka: “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan.”

14:18 Yesus berkata: “Bawalah ke mari kepada-Ku.”

14:19 Lalu disuruh-Nya orang banyak itu duduk di rumput. Dan setelah diambil-Nya lima roti dan dua ikan itu, Yesus menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, lalu murid-murid-Nya membagi-bagikannya kepada orang banyak.

14:20 Dan mereka semuanya makan sampai kenyang. Kemudian orang mengumpulkan potongan-potongan roti yang sisa, dua belas bakul penuh.

14:21 Yang ikut makan kira-kira lima ribu laki-laki, tidak termasuk perempuan dan anak-anak.

Jawab mereka: “Yang ada pada kami di sini hanya lima roti dan dua ikan.” —Matius 14:17

Daily Quotes ODB

Wanita itu memusatkan perhatiannya pada rak paling atas, tempat botol-botol saus spageti dipajang. Sudah sejak tadi saya berdiri di sampingnya, memperhatikan rak yang sama dan menimbang-nimbang. Akan tetapi, wanita itu sepertinya tidak menyadari kehadiran saya dan tenggelam dalam pikirannya sendiri. Tidak sulit bagi saya untuk mengambil botol dari rak paling atas karena badan saya yang lumayan tinggi. Namun, tidak demikian dengan wanita itu. Saya menyapanya sambil menawarkan bantuan. Wanita itu sempat tersentak, lalu berkata, “Ya ampun, saya tidak sadar kamu ada di sini. Terima kasih bantuannya, Pak.”

Murid-murid Yesus menghadapi situasi yang cukup pelik—orang-orang yang kelaparan, lokasi yang terpencil, dan hari yang semakin larut. Mereka berkata kepada Tuhan, “Suruhlah orang banyak itu pergi, supaya mereka dapat membeli makanan di desa-desa” (Mat. 14:15). Ketika ditantang oleh Yesus untuk mengurus orang banyak itu, mereka menjawab, “Yang ada pada kami di sini hanya . . .” (ay.17). Yang mereka lihat hanyalah kekurangan mereka. Padahal, tepat di samping mereka berdiri Yesus, yang bukan hanya sanggup melipatgandakan roti, tetapi adalah Roti Hidup itu sendiri.

Sering kali kita terlalu sibuk memikirkan pergumulan hidup kita dan berusaha mencari jalan keluar dengan sudut pandang kita yang terbatas, sampai-sampai kita melupakan kehadiran Kristus yang telah bangkit itu. Padahal, dalam segala situasi kehidupan kita, Dia, Imanuel—Allah yang menyertai kita—selalu siap dan mampu menolong dalam kesesakan kita. —John Blase

Bagaimana kamu dapat meningkatkan kesadaranmu terhadap kehadiran Yesus? Mengapa penting bagi kita mendapatkan sudut pandang Tuhan dalam hal-hal yang kita hadapi?

Di mana pun kita berada dan apa pun tantangannya, Kristus, Imanuel, selalu menyertai kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 31–33; Markus 9:1-29

Bagikan Konten Ini
39 replies
  1. Reiysh
    Reiysh says:

    Berserah kepadaNya..Lakukan bagian kita..maka Tuhan akn melakukan bagianNya..yg penting kita hrs selalu mengikut sertakan Tuhan Yesus disetiap perkara..krn Kristus Yesus selalu menyertai kita kapanpun..dimanapun..dan dlm keadaan apapun..Amin..

  2. Aren Siahaan
    Aren Siahaan says:

    Amin,, terpujilah Tuhan yg sanggup memberi makan lima ribu orang bahkan bisa lebih. God Bless…

  3. Arnol Simanjuntak
    Arnol Simanjuntak says:

    Tuhan Yesus, bantulah aku untuk selalu terlebih dahulu mengandalkanmu, bukan berfokus pada masalah yang ada di hadapanku. Aku percaya Tuhan selalu menyertai ku. Amin

  4. Fensha Mashery Geetio Sitohang
    Fensha Mashery Geetio Sitohang says:

    Puji Tuhan, terkoreksi kembali lewat renungan. Firman Tuhan berbicara dua kali tentang ini padaku minggu ini. Jesus love me so much :’))

  5. yulia
    yulia says:

    Tuhan ingatkanku terus bahwa Engkau sll menjaga setiap langkah kehidupanku, sll ada setiap x ada mslh, bawaku sll dlm kehendakMu..kuingin sll dekat dgMu krn aku butuh Tuhan lbh dr siapapun..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *