Berpeganglah!

Selasa, 12 Januari 2016

Berpeganglah!

Baca: Wahyu 3:7-13

3:7 “Dan tuliskanlah kepada malaikat jemaat di Filadelfia: Inilah firman dari Yang Kudus, Yang Benar, yang memegang kunci Daud; apabila Ia membuka, tidak ada yang dapat menutup; apabila Ia menutup, tidak ada yang dapat membuka.

3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

3:9 Lihatlah, beberapa orang dari jemaah Iblis, yaitu mereka yang menyebut dirinya orang Yahudi, tetapi yang sebenarnya tidak demikian, melainkan berdusta, akan Kuserahkan kepadamu. Sesungguhnya Aku akan menyuruh mereka datang dan tersungkur di depan kakimu dan mengaku, bahwa Aku mengasihi engkau.

3:10 Karena engkau menuruti firman-Ku, untuk tekun menantikan Aku, maka Akupun akan melindungi engkau dari hari pencobaan yang akan datang atas seluruh dunia untuk mencobai mereka yang diam di bumi.

3:11 Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu.

3:12 Barangsiapa menang, ia akan Kujadikan sokoguru di dalam Bait Suci Allah-Ku, dan ia tidak akan keluar lagi dari situ; dan padanya akan Kutuliskan nama Allah-Ku, nama kota Allah-Ku, yaitu Yerusalem baru, yang turun dari sorga dari Allah-Ku, dan nama-Ku yang baru.

3:13 Siapa bertelinga, hendaklah ia mendengarkan apa yang dikatakan Roh kepada jemaat-jemaat.”

Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu. —Wahyu 3:11

Berpeganglah!

Seorang teman saya yang bekerja sebagai koboi dan tumbuh besar di sebuah peternakan di Texas mempunyai sejumlah ungkapan yang menarik. Salah satu yang saya sukai adalah “Kopi enak tidak butuh banyak air.” Dan ketika ada seorang koboi yang berusaha menjerat seekor lembu jantan muda yang terlalu besar untuk dikendalikannya atau tengah mengalami masalah, teman saya akan berseru, “Pegang erat-erat apa yang sedang kamu pegang!” yang berarti, “Bantuan akan segera tiba! Jangan menyerah!”

Dalam kitab Wahyu, kita membaca suratsurat yang ditujukan kepada “ketujuh jemaat yang di Asia Kecil” (Pasal 2-3). Pesan-pesan dari Allah itu diwarnai dengan dorongan, teguran, dan tantangan, dan surat-surat itu juga berbicara kepada kita di masa kini, sama seperti kepada para penerimanya di abad pertama.

Dalam surat-surat tersebut, kita menemukan frasa seperti berikut sebanyak dua kali, “Peganglah apa yang ada padamu.” Tuhan mengatakan kepada jemaat di Tiatira, “Tetapi apa yang ada padamu, peganglah itu sampai Aku datang” (2:25). Dan kepada jemaat di Filadelfia, Dia berkata, “Aku datang segera. Peganglah apa yang ada padamu, supaya tidak seorangpun mengambil mahkotamu” (3:11). Di tengah-tengah pencobaan dan perlawanan yang hebat, orang-orang percaya itu terus bergantung pada janji Allah dan bertekun dalam iman.

Di tengah keadaan yang sulit dan kepedihan menekan sukacita kita, Yesus berseru kepada kita, “Peganglah erat-erat apa yang sedang kamu pegang! Bantuan akan segera tiba!” Dan dengan janji tersebut, kita dapat bertekun dalam iman dan tetap bersukacita. —David McCasland

Tuhan, kami bersandar pada janji-Mu, berharap pada kedatangan-Mu kembali, dan bertekun dengan keyakinan teguh, sembari berkata, “Amin! Datanglah, Tuhan Yesus!”

Janji kedatangan Kristus yang kedua kali memanggil kita untuk bertekun dalam iman.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 29-30; Matius 9:1-17

Bagikan Konten Ini
21 replies
  1. Brp
    Brp says:

    Shalom..
    Terimakasih Tuhan atas hari baruMu.
    Artikel renungan ini mengingatkan kita untuk bertumbuh dan semakin dikuatkan dalam iman, supaya kita makin percaya kepada kedatanganNya untuk kedua kali dan semakin mempersiapkan diri.
    Amin.
    Terimakasih wsk.org

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat kekal abadi besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar nyaman sejuk kuat abadi kekal besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  4. melvin Tobondo
    melvin Tobondo says:

    Tuhan Yesus, perkenangkanlah kami menaikan segala puji dan sembah kepadamu atas segala kasih karuniamu yang engkau telah berikan kepada kami sampai saat ini kami diperkenangkan kembali menikmati hari baru darimu,Tuhan Yesus berikanlah kami hikmat dan jalan didalam memperoleh pekerjaan yang saat ini kami tengah berusaha untuk mendapatkannya agar dapat diberikan kesempatan bagi kami sesuai talenta dan kemampuan kami yang telah engkau anugerahkan,didalam nama Tuhan Yesus kami bersyukur dan berterima kasih kepadamu, terpujilah namamu bapa disurga, Amin

  5. bona
    bona says:

    Wahyu 3:8 Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

    Tidak ada seorang pun ya Bapa yg dapat menutup jika Engkau sudah membuka pintu bagi kami. Aku percaya janjiMu.

  6. Heris Tiantius
    Heris Tiantius says:

    Ku kan tetap memegang iman kepercayaan ku kepada Mu, walau sessulit apapun yang tengah aku hadapi saat ini…aku tetap percaya padaMu…my dear God.

  7. Erlichson Pasaribu
    Erlichson Pasaribu says:

    Ya Tuhan aku akan pegang erat apa yang ada padaku untuk menantikan Engkau datang kedua kali.amin

  8. lennie de haan
    lennie de haan says:

    Ya Tuhan tuntunlah kami untuk senantiasa bersandar hanya kepadaMu saja. Terpujilah nama Tuhan kini dan selamanya. Amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *