Apakah Dia Mendengarkan?

Senin, 4 Januari 2016

Apakah Dia Mendengarkan?

Baca: Matius 26:39-42;27:45-46

26:39 Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki, melainkan seperti yang Engkau kehendaki.”

26:40 Setelah itu Ia kembali kepada murid-murid-Nya itu dan mendapati mereka sedang tidur. Dan Ia berkata kepada Petrus: “Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?

26:41 Berjaga-jagalah dan berdoalah, supaya kamu jangan jatuh ke dalam pencobaan: roh memang penurut, tetapi daging lemah.”

26:42 Lalu Ia pergi untuk kedua kalinya dan berdoa, kata-Nya: “Ya Bapa-Ku jikalau cawan ini tidak mungkin lalu, kecuali apabila Aku meminumnya, jadilah kehendak-Mu!”

27:45 Mulai dari jam dua belas kegelapan meliputi seluruh daerah itu sampai jam tiga.

27:46 Kira-kira jam tiga berserulah Yesus dengan suara nyaring: “Eli, Eli, lama sabakhtani?”* Artinya: /Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?

Allah-Ku, Allah-Ku, mengapa Engkau meninggalkan Aku? —Matius 27:46

Apakah Dia Mendengarkan?

Kerap kali aku merasa seolah Allah tak mendengarkanku.” Katakata itu diucapkan seorang wanita yang berusaha tetap teguh dalam perjalanan imannya bersama Allah sementara ia masih mendampingi suaminya yang kecanduan alkohol. Kata-kata itu juga menggemakan jeritan hati banyak orang percaya. Bertahun-tahun lamanya, wanita itu meminta Allah untuk mengubah suaminya. Namun perubahan itu tidak pernah terjadi.

Apa yang ada dalam pikiran kita ketika kita berulang kali meminta Allah untuk memberikan sesuatu yang baik—sesuatu yang dengan mudah memuliakan Allah—tetapi jawabannya tidak juga datang? Kita berpikir, apakah Allah mendengarkan kita atau tidak?

Mari kita memperhatikan kehidupan Yesus, Juruselamat kita. Di taman Getsemani, Dia bergumul berjam-jam dalam doa, mencurahkan isi hati-Nya dan memohon, “Biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku” (Mat. 26:39). Namun dengan jelas Bapa menjawab “Tidak.” Demi memberikan keselamatan, Allah mengutus Yesus untuk mati di kayu salib. Meskipun Yesus merasa seolah-olah Bapa-Nya telah meninggalkan Dia, Dia terus berdoa dengan tekun dan sabar karena Dia percaya bahwa Allah mendengarkan.

Ketika kita berdoa, mungkin kita tidak melihat bagaimana cara Allah bekerja atau tidak memahami bagaimana Dia akan mendatangkan kebaikan di tengah semua kesulitan yang ada. Maka, kita harus mempercayai-Nya. Kita harus melepaskan hak kita untuk tahu dan mengizinkan Allah melakukan yang terbaik menurut-Nya.

Kita harus menyerahkan apa yang tidak kita ketahui kepada Allah yang Mahatahu. Dia senantiasa mendengarkan dan bekerja menurut cara-Nya. —Dave Branon

Tuhan, kami tidak perlu tahu mengapa doa-doa kami terkadang tak terjawab. Tolong kami untuk menantikan waktu-Mu, karena Engkau baik.

Ketika kita berlutut untuk berdoa, Allah menyendengkan telinga-Nya untuk mendengarkan kita.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 10-12; Matius 4

Bagikan Konten Ini
34 replies
  1. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh indah besar buat kami semua , dapat merasakan damai sejahtera dari-Mu supaya tidak keras kepala dalam melakukan tindakan di kehidupan kami masing – masing , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar pada sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  2. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata besar selama – lamanya buat kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  3. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar kekal nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  4. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata besar kokoh teguh selama – lamanya buat kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  5. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia terus menang tinggi luas segar kekal kokoh nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  6. Heris Tiantius
    Heris Tiantius says:

    Tuhan, saat ini masa tersulit di dalam kehidupanku, karena pekerjaanku di luar kendaliku, walaupun demikian kerap kali ku memohon kepadaMu agar ku lepas dari semua ini, hanya satu yang ku terima jawaban dariMu, “Aku akan memberi kekuatan kepadamu, bersabarlah hingga finish kontrak, engkau pasti sanggup melewati semua ini…” kini ku tahu tidak semua jawaban doa menyatakan ya, meski jawaban tidak, Engkau turut campur tangan di dalamnya.

  7. Sulistiawati Aipassa Holle
    Sulistiawati Aipassa Holle says:

    saya selalu mempercayainya.. pinta saya, Yesus memampukan saya untuk menunggu dengan sabar semua itu. thx

  8. yenny
    yenny says:

    Amin. Terima kasih Tuhan atas penyertaanMu dalam kehidupan kami. Engkau senantiasa mendengar doa- doa yang kami naikkan. Sekalipun banyak persoalan yang kami hadapi kami belajar beriman Tuhan pasti medengar dan mau menolong, Biarlah kehendakMu yang jadi atas hidup kami. RancanganMu baik adanya.

  9. Hery Loistianto
    Hery Loistianto says:

    kita sering berkeluh kesah kepada Tuhan, mengapa Tuhan tidak mendengar doa ku, mengapa Tuhan membiarkan aku diperlakukan tidak adil,, banyak hal yg kita tidak tau mengapa Tuhan membiarkan semua terjadi pada kita, karena memang kita belum menjadi anak yg baik untuk mengetahui semua yg Tuhan pikirkan.Tuhan ajari kami anak mu agar kami belajar lebih baik lagi untuk mengerti apa yg Tuhan inginkan dari kami.amin

  10. bayu suwandi
    bayu suwandi says:

    bersukacita selalu, berdoa senantiasa, ucapkanlah syukur…dalam segala pekara…
    mudah di ucapkan ,tidak mudah untuk di lakukan ….
    tuhan Yesus tolonglah saya ….kuatkan lah saya ….ampunilah saya…semoga Kau turut campur dalam setiap kehidupan saya….
    amin

  11. setyo
    setyo says:

    waktu Tuhan bukan waktu kami….ajar kami untuk sabar menanti setiap doa2 kami…..Tuhan…jadikan semua indah pada waktunya

  12. Lynda Lysandra
    Lynda Lysandra says:

    Lord help me to trust You more, I want to do better, and I know whatever it is, it’s Your plan. Help me to trust that You know better than I, You know what plan is best. Let me walk in Your path, get closer to You each day. To love You more everyday.

  13. Vivi Milan N
    Vivi Milan N says:

    karena ada 3 jawaban doa kita yaitu “ya”, “tunggu” atau “tidak”. have a bless. JESUSbless

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *