Persahabatan yang Indah

Kamis, 27 Juli 2017

Persahabatan yang Indah

Baca: Yohanes 14:15-26

14:15 “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku.

14:16 Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya,

14:17 yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

14:18 Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku datang kembali kepadamu.

14:19 Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak akan melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamupun akan hidup.

14:20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam Bapa-Ku dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu.

14:21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”

14:22 Yudas, yang bukan Iskariot, berkata kepada-Nya: “Tuhan, apakah sebabnya maka Engkau hendak menyatakan diri-Mu kepada kami, dan bukan kepada dunia?”

14:23 Jawab Yesus: “Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia.

14:24 Barangsiapa tidak mengasihi Aku, ia tidak menuruti firman-Ku; dan firman yang kamu dengar itu bukanlah dari pada-Ku, melainkan dari Bapa yang mengutus Aku.

14:25 Semuanya itu Kukatakan kepadamu, selagi Aku berada bersama-sama dengan kamu;

14:26 tetapi Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu.

Roh Kebenaran . . . menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. —Yohanes 14:17

Persahabatan yang Indah

Seorang wanita tua di panti wreda tidak berbicara kepada siapa pun atau meminta apa pun. Tampaknya ia hanya sekadarnya hidup dengan duduk di atas kursi goyang tuanya yang sudah berderit. Ia tidak memiliki banyak pengunjung, jadi seorang suster muda akan sering masuk ke kamarnya pada jam istirahatnya. Tanpa mengajukan banyak pertanyaan untuk berusaha membuat wanita tua itu bicara, suster muda itu hanya menarik kursi lain dan duduk bergoyang bersama wanita tua itu. Setelah beberapa bulan berlalu, wanita tua itu pun berkata kepada susternya, “Terima kasih telah duduk bergoyang denganku.” Ia bersyukur untuk pendampingan tersebut.

Sebelum kembali ke surga, Yesus berjanji untuk mengirimkan Pribadi yang akan setia menyertai murid-murid-Nya. Dia mengatakan kepada mereka bahwa Dia tidak akan meninggalkan mereka sendirian tetapi akan mengirimkan Roh Kudus untuk menyertai mereka (Yoh. 14:17). Janji itu masih berlaku bagi orang yang percaya kepada Yesus hari ini. Yesus berkata bahwa Allah Tritunggal “diam bersama-sama” dengan kita (ay.23).

Tuhan adalah pendamping kita yang dekat dan setia di sepanjang hidup ini. Dia akan membimbing kita dalam pergumulan kita yang terdalam, mengampuni dosa kita, mendengar setiap doa kita yang tak terucapkan, dan menanggung beban yang tidak sanggup kita pikul.

Kita bisa menikmati penyertaan-Nya yang indah itu hari ini. —Anne Cetas

Ya Tuhan, terima kasih karena Engkau telah memberi kami Roh-Mu yang selalu setia menyertai kami.

Hati orang Kristen adalah tempat berdiamnya Roh Kudus.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 43-45dan Kisah Para Rasul 27:27-44

Bagikan Konten Ini
26 replies
  1. Virdiani Pongtuluran
    Virdiani Pongtuluran says:

    Tuhan Yesus, selalu lah bersamaku.
    Sering aku merasa sendiri dan kesepian.
    Sering aku bingung dalam mengambil keputusan.
    Aku hanya punya Engkau sebagai sandaranku.
    Jesus loves us

  2. Dan
    Dan says:

    inilah arti konsep tritunggal itu. Allah (Tuhan pencipta langit, bumi dan segala isinya) kemudian Tuhan Yesus (Tuhan yg turun ke bumi memenuhi janji keselamatan bagi orang berdosa) kemudian Roh Kudus (Roh yg berasal dari Tuhan Yesus yg hidup di tubuh rohani orang-orang percaya). Yohanes 14 : 20 Pada waktu itulah kamu akan tahu, bahwa Aku di dalam BapaKu dan kamu di dalam Aku dan Aku di dalam kamu. Roh Kudus adalah wujud Tuhan Yesus di dalam orang percaya, selama orang percaya hidup tertib, menjaga imannya, menjaga tubuhnya dari pencemaran, Roh Kudus akan tetap hidup didalam diri kita. Makanya Tuhan Yesus katakan rumah ibadah/gereja hanya tempat untuk persekutuan doa dan memuji Tuhan, tapi ‘Bait Suci’ yg sebenarnya tempat Roh Kudus tinggal adalah di tubuh orang-orang Kristen yg mengasihi Tuhan Yesus dengan ucapan dan perbuatan. Jadi orang luar suka berkata Tuhannya orang Kristen 3, padahal mereka tidak mengerti itulah proses, kenapa bisa jadi 3 wujud itu juga melalui proses dan penyebab. Sama seperti bangsa Israel, sebenarnya bangsa pilihan Tuhan itu israel, jadi yg disayangi Tuhan itu hanya satu bangsa itu. Tapi semua berproses ketika Tuhan jadi manusia, melihat ternyata orang-orang non israel lebih mengasihi Tuhan. Itulah faktanya, sekarang Tuhan Yesus telah menjadi Roh Kudus yg tinggal di dalam orang percaya sebagai penghibur dan pengajar yg akan mengingatkan orang-orang percaya atas apa yg diajarkan Tuhan Yesus untuk hidup dalam kasih dan kebenaran. Inilah bukti kasih setia Bapa kepada anak-anakNya. Tuhan Yesus memberkati

  3. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, Engkau berkenan diam di dalam hati kami melalui Roh Kudus, untuk menyertai dan menuntun kami ke jalan Mu yang benar.Terpujilah Tuhan Haleluya ! Aminn

  4. Enrico Mario Butarbutar
    Enrico Mario Butarbutar says:

    Kiranya kita dapat setia menjaga tubuh kita agar roh kudus mau selalu tinggal didalam kita, amin.

  5. Gunawan
    Gunawan says:

    Luar biasanya orang Kristen bahwa kita SELALU DIDAMPINGI ALLAH setiap hari.

    Terima kasih Allah Roh Kudus. Terpujilah Engkau.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *