Bau yang Harum

Jumat, 16 September 2016

Bau yang Harum

Baca: 2 Korintus 2:12-17

2:12 Ketika aku tiba di Troas untuk memberitakan Injil Kristus, aku dapati, bahwa Tuhan telah membuka jalan untuk pekerjaan di sana.

2:13 Tetapi hatiku tidak merasa tenang, karena aku tidak menjumpai saudaraku Titus. Sebab itu aku minta diri dan berangkat ke Makedonia.

2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

2:15 Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa.

2:16 Bagi yang terakhir kami adalah bau kematian yang mematikan dan bagi yang pertama bau kehidupan yang menghidupkan. Tetapi siapakah yang sanggup menunaikan tugas yang demikian?

2:17 Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus. —2 Korintus 2:15

Bau yang Harum

Seorang pembuat parfum di New York menyatakan bahwa ia dapat mengenali kombinasi aroma tertentu dan menebak siapa pembuat wewangian tersebut. Dengan hanya sebuah endusan, ia dapat berkata, “Ini pasti karya Jenny.”

Di salah satu bagian dari tulisan Paulus kepada para pengikut Kristus di kota Korintus, ia memakai contoh yang tentu mengingatkan mereka tentang perbuatan pasukan Romawi yang biasanya akan membakar dupa setelah menaklukkan sebuah kota (2Kor. 2:14). Dalam arak-arakan kemenangan, sang jenderal akan muncul terlebih dahulu, diikuti oleh pasukannya dan kemudian tentara yang mereka kalahkan. Bagi bangsa Romawi, bau dupa itu melambangkan kemenangan; bagi para tahanan, bau itu berarti kematian.

Paulus mengatakan bahwa bagi Allah kita adalah bau yang harum dari kemenangan Kristus atas dosa. Allah telah memberikan keharuman Kristus kepada kita agar kita bisa menjadi korban puji-pujian yang berbau harum. Namun bagaimana caranya agar kita bisa menjalani hidup yang menyebarkan keharuman itu kepada sesama? Kita bisa menunjukkan kemurahan hati dan kasih, dan kita bisa membagikan Injil kepada mereka agar mereka bisa menemukan jalan keselamatan. Kita bisa mengizinkan Roh Kudus memperlihatkan melalui hidup kita buah yang dihasilkan-Nya berupa kasih, sukacita, dan kebaikan (Gal. 5:22-23).

Apakah orang lain yang memperhatikan kita akan berkata, “Itu pasti karya Yesus”? Apakah kita mengizinkan Yesus menyebarkan keharuman-Nya melalui hidup kita, dan hidup kita membawa orang lain kepada-Nya? Dialah sumber keharuman teragung yang membuat wewangian paling istimewa yang pernah ada sepanjang masa. —Keila Ochoa

Apakah orang lain dapat mengenali karya Allah dalam hidupku? Apakah aku menyebarkan keharuman Kristus? Bagaimana caranya?

Hidup saleh adalah bau harum yang memikat orang lain untuk datang kepada Kristus.

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 25-26; 2 Korintus 9

Artikel Terkait:

Soul Surfer: Kehilangan Lengan, Tapi Merangkul Lebih Banyak Orang

Soul Surfer adalah film yang diangkat dari kisah nyata Bethany Hamilton, seorang peselancar profesional dari Amerika Serikat. Selamat dari serangan ikan hiu saat sedang berlatih, Bethany harus kehilangan lengan kirinya. Kejadian itu membuatnya sangat terpukul. Ia sempat bertanya kepada pemimpin komselnya, “Mengapa Tuhan mengizinkan ini terjadi?”

Bagikan Konten ini
14 replies
  1. Hikmat Telaumbanua
    Hikmat Telaumbanua says:

    Firman Tuhan ini menuntun kita untuk mengingat kembali tujuan hidup kita..
    _What on earth am I here for?
    Mari dengan bangga kita menjadi agen agen cerminan Kasih Kristus di dunia ini!!!

  2. rosmida
    rosmida says:

    jadikanlah aku menjadi hidup yg saleh yg menyebarkan keharumanNya dan Roh kudus mengijinkandan memperlihatkan buah buah Roh Gal 5 .22.23 dihidupku dan hidupku membawa orang llain untuk datang kepada yesusberbau harum yg mengikat orang lain untuk datang kpd Yesus

  3. rosmida
    rosmida says:

    Ijin kanlah aku Tuhan hidup saleh yg menyebarkan keharuman Nya melalui hidupku dan hidupku membawa orang lain untuk datang kepada Kristus Yesus amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *