Keharuman Kristus

Jumat, 29 April 2016

Keharuman Kristus

Baca: 2 Korintus 2:14-17

2:14 Tetapi syukur bagi Allah, yang dalam Kristus selalu membawa kami di jalan kemenangan-Nya. Dengan perantaraan kami Ia menyebarkan keharuman pengenalan akan Dia di mana-mana.

2:15 Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus di tengah-tengah mereka yang diselamatkan dan di antara mereka yang binasa.

2:16 Bagi yang terakhir kami adalah bau kematian yang mematikan dan bagi yang pertama bau kehidupan yang menghidupkan. Tetapi siapakah yang sanggup menunaikan tugas yang demikian?

2:17 Sebab kami tidak sama dengan banyak orang lain yang mencari keuntungan dari firman Allah. Sebaliknya dalam Kristus kami berbicara sebagaimana mestinya dengan maksud-maksud murni atas perintah Allah dan di hadapan-Nya.

Bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus. —2 Korintus 2:15

Keharuman Kristus

Dari kelima indra manusia, manakah yang paling kuat dalam membuatmu terkenang akan sesuatu? Bagi saya sudah pasti indra penciuman. Bau dari sejenis minyak pelindung sinar matahari langsung membawa saya teringat pada sebuah pantai di Prancis. Bau makanan ayam mengingatkan saya pada masa kecil saat saya berkunjung ke rumah Nenek. Sekilas saja harum pinus membuat saya membayangkan tentang Natal, dan wewangian dari sebuah merek aftershave (semacam losion yang dipakai setelah bercukur) mengingatkan saya tentang masa remaja putra saya.

Paulus mengingatkan umat Tuhan di Korintus bahwa mereka adalah bau yang harum dari Kristus: “Sebab bagi Allah kami adalah bau yang harum dari Kristus” (2 Kor. 2:15). Kemungkinan Paulus sedang mengacu pada pawai kemenangan yang diadakan oleh orang Romawi. Orang Romawi ingin semua orang mengetahui tentang kemenangan mereka, maka mereka membakar dupa pada mezbah sesembahan mereka di berbagai penjuru kota. Bagi yang menang, bau harum itu menyenangkan; tetapi bagi para tawanan bau itu berarti perbudakan atau kematian mereka. Jadi sebagai orang percaya, kita adalah prajurit-prajurit yang menang. Dan ketika Injil Kristus diberitakan, itu menjadi bau yang harum di hadapan Allah.

Sebagai bau yang harum dari Kristus, wewangian apakah yang dibawa orang Kristen ketika mereka berada dalam suatu ruangan? Wewangian itu tidak dapat dibeli dalam sebuah botol atau wadah. Ketika kita menghabiskan banyak waktu dengan seseorang, kita mulai berpikir dan bertindak seperti orang tersebut. Meluangkan banyak waktu dengan Yesus akan menolong kita menyebarkan bau yang harum kepada orang orang di sekitar kita. —Marion Stroud

Ya Tuhan, bentuklah pikiran dan tindakanku sehingga orang-orang dapat merasakan bahwa saya telah hidup dekat dengan-Mu.

Ketika kita berjalan bersama Allah, orang-orang akan melihat dan memperhatikan.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-Raja 6-7; Lukas 20:27-47

Bagikan Konten ini
36 replies
  1. Masda Siahaan
    Masda Siahaan says:

    Terimakasih Tuhan buat firmanMu yg begitu indah pagi ini. Ajar saya Bapa agar selalu berjalan di jalanMu. Amin

  2. vallery tan
    vallery tan says:

    terima kasih Tuhan untuk segala yg telah Kau berikan untuk kami anak2Mu. biarlah kamu bisa menjadi keharuman di tengah kehifupan kami dan menjadi cahaya terang yang menyinari kegelapan di sekitar kami. amin

  3. Jhonny Pranoto
    Jhonny Pranoto says:

    ajarku tuk selalu taat padaMU ya BAPA, agar dimana saya berada menjadi dampak buat orang krn JESUS di dlmku ,thanks GBU buat firmaNYA

  4. rayida
    rayida says:

    Jagalah hati dengan segala kewaspadaan, karena hati kita yang kita persembahkan sebagai dupa yang harum/wangi kepada TUHAN.

  5. Yandi Rafael Tarigan
    Yandi Rafael Tarigan says:

    Bentuk pikiran dan tindakan hamba sepanjang hari semakin baik Bapa, sebagai alat kemuliaanMu selalu, Amiin

  6. Amazone
    Amazone says:

    Dalam bacaan diatas, sebab kami tidak sama dengan yang lain…, dapatkah kita berbeda dgn dunia ini ? Cara kita bersikap, cara kita mengambil tindakan dan keputusan, cara kita hidup, perbedaan itulah ciri khusus dari keharuman Kristus yg harus kita sebarkan dalam dunia yg pengap dan bau oleh dosa ini, yok tampil beda !

  7. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  8. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  9. Tiona Dianiari Manurung
    Tiona Dianiari Manurung says:

    Ajari kami Tuhan utk selalu menjadi berkat dimanapun, karena Engkau telah memberkati kami. amin :))))

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *