Selalu dalam Pemeliharaan-Nya

Minggu, 15 Mei 2016

Selalu dalam Pemeliharaan-Nya

Baca: Mazmur 139:1-18

139:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;

139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.

139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.

139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku.

139:6 Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya.

139:7 Ke mana aku dapat pergi menjauhi roh-Mu, ke mana aku dapat lari dari hadapan-Mu?

139:8 Jika aku mendaki ke langit, Engkau di sana; jika aku menaruh tempat tidurku di dunia orang mati, di situpun Engkau.

139:9 Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut,

139:10 juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku.

139:11 Jika aku berkata: “Biarlah kegelapan saja melingkupi aku, dan terang sekelilingku menjadi malam,”

139:12 maka kegelapanpun tidak menggelapkan bagi-Mu, dan malam menjadi terang seperti siang; kegelapan sama seperti terang.

139:13 Sebab Engkaulah yang membentuk buah pinggangku, menenun aku dalam kandungan ibuku.

139:14 Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.

139:15 Tulang-tulangku tidak terlindung bagi-Mu, ketika aku dijadikan di tempat yang tersembunyi, dan aku direkam di bagian-bagian bumi yang paling bawah;

139:16 mata-Mu melihat selagi aku bakal anak, dan dalam kitab-Mu semuanya tertulis hari-hari yang akan dibentuk, sebelum ada satupun dari padanya.

139:17 Dan bagiku, betapa sulitnya pikiran-Mu, ya Allah! Betapa besar jumlahnya!

139:18 Jika aku mau menghitungnya, itu lebih banyak dari pada pasir. Apabila aku berhenti, masih saja aku bersama-sama Engkau.

Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. —Mazmur 139:2

Selalu dalam Pemeliharaan-Nya

Scott Pelley, seorang wartawan veteran, tidak pernah pergi bertugas tanpa membawa perangkat-perangkat yang penting untuk pekerjaannya—radio gelombang pendek, kamera, koper yang tahan banting, komputer laptop, telepon, dan alat suar darurat yang dapat menentukan lokasi dan berfungsi di mana saja. “Saya hanya perlu menarik antenanya, menekan dua tombol, dan perangkat ini segera mengirim sinyal pada sebuah satelit yang terhubung ke Badan Nasional Kelautan dan Atmosfer,” kata Pelley. “Alat ini memberi tahu mereka tentang siapa saya dan di mana saya berada. Tergantung di negara mana saya berada, mereka bisa mengirimkan regu penyelamat” (sumber: AARP The Magazine). Pelley tidak pernah merasa perlu menggunakan alat suar itu, tetapi ia tak pernah bepergian tanpa alat tersebut.

Namun dalam hubungan kita dengan Allah, kita tidak memerlukan radio, telepon, atau perangkat suar darurat. Segenting apa pun keadaan yang kita hadapi, Allah sudah tahu siapa kita dan bagaimana keadaan kita. Pemazmur mensyukuri kenyataan itu dengan menuliskan, “Engkau menyelidiki dan mengenal aku. . . . Segala jalanku Kaumaklumi” (Mzm. 139:1-3). Kebutuhan kita tidak pernah tersembunyi dari Allah, dan kita tidak pernah lepas dari pemeliharaan-Nya.

Hari ini, kita dapat mengatakan dengan yakin, “Jika aku terbang dengan sayap fajar, dan membuat kediaman di ujung laut, juga di sana tangan-Mu akan menuntun aku, dan tangan kanan-Mu memegang aku” (ay.9-10).

Tuhan tahu siapa kita, bagaimana keadaan kita, dan apa yang kita butuhkan. Kita selalu ada dalam pemeliharaan-Nya. —David McCasland

Ya Tuhan, kami memuji-Mu karena kasih-Mu yang tak berkesudahan dan pemeliharaan-Mu yang tak pernah gagal.

Kita selalu berada dalam pemeliharaan-Nya.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-Raja 22-23; Yohanes 4:31-54

Artikel Terkait:

Sebab Tuhan Baik

Sebuah kesaksian sederhana dari Priscila Stevanni tentang pengalamannya saat berjualan nasi uduk yang memberikannya sebuah pelajaran berharga tentang pemeliharaan Tuhan.

Bagikan Konten Ini
15 replies
  1. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  2. Robin Daeli
    Robin Daeli says:

    Betapa dahsyatnya Kau Tuhan, segala jalank kami Engkau tahu..
    Hari-hari yang akan kami lalui telah Kau tahu sejak kami dikandung ibu masing-masing.
    Tuhan, ini kami, pegang dan tuntun tangan kami ke arah yang Engkau mau. Amin.

  3. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang tinggi luas lebar segar nyaman sejuk terang benderang lebih kuat abadi hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  4. Nicholas Tambunan
    Nicholas Tambunan says:

    Sungguh ayat saat teduh hari ini menyegarkan jiwaku. Beberapa waktu belakangan aku merasa hilang, tetapi pagi ini aku membaca ayat Mazmur ini, aku diingatkan bahwa Tuhan selalu ada disana menjagaku.

  5. Masda Siahaan
    Masda Siahaan says:

    Terimakasih Tuhan , atas penyertaan -Mu dlm hidupku. Dimanapun aku berada , bgmnpun penderitaanku Engkau tetap melindungiku. Amin

  6. ani
    ani says:

    Tuhan aku tau Engkau begitu baik bagi ku.Egkau selalu ada di saat aku butuh pertolongan MU.aku tak dapat membalas kebaikan kan MU Tuhan.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *