Uji Tanding

Senin, 25 Juli 2016

Uji Tanding

Baca: Mazmur 35:17-28

35:17 Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari perusakan mereka, nyawaku dari singa-singa muda!

35:18 Aku mau menyanyikan syukur kepada-Mu dalam jemaah yang besar, di tengah-tengah rakyat yang banyak aku mau memuji-muji Engkau.

35:19 Janganlah sekali-kali bersukacita atas aku orang-orang yang memusuhi aku tanpa sebab, atau mengedip-ngedipkan mata orang-orang yang membenci aku tanpa alasan.

35:20 Karena mereka tidak membicarakan damai, dan terhadap orang-orang yang rukun di negeri mereka merancangkan penipuan,

35:21 mereka membuka mulutnya lebar-lebar terhadap aku dan berkata: “Syukur, syukur, mata kami telah melihatnya!”

35:22 Engkau telah melihatnya, TUHAN, janganlah berdiam diri, ya Tuhan, janganlah jauh dari padaku!

35:23 Terjagalah dan bangunlah membela hakku, membela perkaraku, ya Allahku dan Tuhanku!

35:24 Hakimilah aku sesuai dengan keadilan-Mu, ya TUHAN Allahku, supaya mereka jangan bersukacita atasku!

35:25 Janganlah mereka berkata dalam hatinya: “Syukur, itulah keinginan kami!” Dan janganlah mereka berkata: “Kami telah menelannya!”

35:26 Biarlah bersama-sama mendapat malu dan tersipu-sipu orang-orang yang bersukacita atas kemalanganku; biarlah berpakaian malu dan noda orang-orang yang membesarkan dirinya terhadap aku!

35:27 Biarlah bersorak-sorai dan bersukacita orang-orang yang ingin melihat aku dibenarkan! Biarlah mereka tetap berkata: “TUHAN itu besar, Dia menginginkan keselamatan hamba-Nya!”

35:28 Dan lidahku akan menyebut-nyebut keadilan-Mu, memuji-muji Engkau sepanjang hari.

Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari perusakan mereka, nyawaku dari singa-singa muda! —Mazmur 35:17

Uji Tanding

Uji tanding dalam permainan kriket dapat berlangsung dengan sengit. Regu-regu bertanding dari pukul 11.00-18.00 dengan istirahat makan siang dan jeda di sore hari, dan pertandingan tersebut dapat berlanjut sampai lima hari lamanya. Kompetisi tersebut menjadi ujian bagi ketahanan sekaligus keahlian dalam bermain.

Terkadang ujian yang kita hadapi dalam hidup ini terasa begitu melelahkan, karena rasanya tak pernah berakhir. Mungkin kamu masih mencari lowongan pekerjaan, mengalami rasa sepi yang tak berujung, atau sudah lama berjuang melawan kanker dan semua itu terasa semakin berat karena kamu tidak tahu kapan akan berakhir.

Mungkin karena itulah sang pemazmur berseru, “Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? Selamatkanlah jiwaku dari perusakan mereka, nyawaku dari singa-singa muda!” (Mzm. 35:17). Para penafsir Alkitab mengatakan bahwa ayat itu berbicara tentang suatu periode yang panjang dalam kehidupan Daud ketika ia dikejar-Kejar Saul dan difitnah oleh para penasihat raja—suatu masa ujian yang berlangsung selama bertahun-tahun.

Namun, pada akhirnya, Daud memuji, “Tuhan itu besar, Dia menginginkan keselamatan hamba-Nya!” (ay.27). Ujian yang dialami Daud membuatnya semakin mempercayai Allah. Kepercayaan kepada Allah itulah yang juga dapat kita alami di tengah masa-masa ujian, kesulitan, atau kehilangan kita yang berkepanjangan. —Bill Crowder

Ya Bapa, ketika waktu terus berlalu dan jawaban tak kunjung datang, ajarlah aku untuk mencari pertolongan di dalam diri-Mu dan hadirat-Mu. Mampukan aku untuk bertahan dan percaya penuh kepada-Mu.

Pada saat beban hidupmu terasa terlalu berat, ingatlah bahwa tangan Allah selalu menopangmu.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 37-39; Kisah Para Rasul 26

Artikel Terkait:

4 Cara Berhenti Mengasihani Diri

Terlahir tunarungu. Sulit bicara. Tak ada yang mau dekat dengannya. Adakah cara untuk Yahya berhenti mengasihani diri? Jika kamu sering merasa hari-harimu selalu sulit dan hidup ini sepertinya tak pernah berpihak padamu, ini adalah salah satu kisah yang wajib kamu baca.

Bagikan Konten ini
24 replies
  1. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  2. budi
    budi says:

    Renungan yg pas bagi knyataan hidup sy saat ini… Terkadang ujian yang kita hadapi dalam hidup ini terasa begitu melelahkan, karena rasanya tak pernah berakhir…. masih mencari lowongan pekerjaan, mengalami rasa sepi yang tak berujung, … “Sampai berapa lama, Tuhan, Engkau memandangi saja? …” —Mazmur 35:17a … Para penafsir Alkitab mengatakan bahwa ayat itu berbicara tentang suatu periode yang panjang dalam kehidupan Daud ketika ia dikejar-Kejar Saul dan “difitnah” oleh para penasihat raja—suatu masa ujian yang berlangsung selama bertahun-tahun.
    Ya Bapa, ketika waktu terus berlalu dan jawaban tak kunjung datang, ajarlah aku untuk mencari pertolongan di dalam diri-Mu dan hadirat-Mu. Mampukan aku untuk bertahan dan percaya penuh kepada-Mu. AMIN!

  3. ignatius dwi y
    ignatius dwi y says:

    Tuhan selalu berpihak padaku…,ajar aku menantikannya dengan setia, sebab Engkau selalu setia kepadaku…Amin

  4. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh teguh tentram baik bahagia menang segar nyaman sejuk kuat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  5. galih
    galih says:

    Terpujilah ALLAH BAPA Yang Bertakhta di dalam Kerajaan Sorga , anugerah kasih setia-Mu sungguh selalu indah nyata banyak tangguh kekal tebal teguh damai sejahtera tentram baik penuh bahagia manis murni menang gemilang terus tinggi menjulang luas lebar segar nyaman sejuk sekali terang benderang bersinar lebih kuat abadi sangat hebat besar sampai selama – lamanya buat kami semua , ampunilah segala dosa – dosa kesalahan – kesalahan kecerobohan – kecerobohan yang sengaja maupun tidak sengaja kami semua lakukan dari perkataan kami semua dan perbuatan kami semua , Engkau selalu memberikan sukacita damai sejahtera buat kami semua , kasih-Mu sungguh selalu terang buat kami semua , sertai , lindungilah , berkatilah kami semua untuk mampu menyebarkan kasih-Mu yang sungguh indah nyata banyak tangguh besar terhadap sesama kami senantiasa. Gbu us all. Amen

  6. icalpenyok
    icalpenyok says:

    Tuhan Yesus bimbinglah sy agar selalu taat akan firman Mu & jangan biarkan sy lalai akan kewajiban sy kepada Engkau. Amin

  7. Marlina Priatna
    Marlina Priatna says:

    Aku percaya..di setiap apapun yg kita hadapi..baik itu senang maupun duka…Tuhan akan selalu menyertai kita…untuk itu…kita hanya perlu berserah pada tuntunan Tuhan…Thanks God…

  8. yenny
    yenny says:

    Amin. Beri kami kekuatan untuk terus berpegang pada firmanMu Tuhan, sekalipun kami mengalami beban kehidupan.

  9. daniel
    daniel says:

    buluh yang terkulai takkan dipatakanNya, Dia jadikan indah sungguh lebih berharga, praise the Lord, halleluya! amin

  10. renny
    renny says:

    jk kamu tdk sedih, bgmna km tahu Tuhan it Penghibur..jk km tdk sakit, bgmna km tahu kalau Tuhan it Penyembuh..n jk km tdk gagal, bgmna km tahu caranya bersandar pd Tuhan.. Tuhan Yesus sangat baik.. setia lah sllu kpdNYA..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *