Menanggung Beban Kesalahan

Jumat, 22 Maret 2019

Menanggung Beban Kesalahan

Baca: 1 Petrus 3: 8-14

3:8 Dan akhirnya, hendaklah kamu semua seia sekata, seperasaan, mengasihi saudara-saudara, penyayang dan rendah hati,

3:9 dan janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan, atau caci maki dengan caci maki, tetapi sebaliknya, hendaklah kamu memberkati, karena untuk itulah kamu dipanggil, yaitu untuk memperoleh berkat. Sebab:

3:10 “Siapa yang mau mencintai hidup dan mau melihat hari-hari baik, ia harus menjaga lidahnya terhadap yang jahat dan bibirnya terhadap ucapan-ucapan yang menipu.

3:11 Ia harus menjauhi yang jahat dan melakukan yang baik, ia harus mencari perdamaian dan berusaha mendapatkannya.

3:12 Sebab mata Tuhan tertuju kepada orang-orang benar, dan telinga-Nya kepada permohonan mereka yang minta tolong, tetapi wajah Tuhan menentang orang-orang yang berbuat jahat.”

3:13 Dan siapakah yang akan berbuat jahat terhadap kamu, jika kamu rajin berbuat baik?

3:14 Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu akan berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar.

Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan. —1 Petrus 3:9

Daily Quotes ODB

Tanggal 30 Januari 2018, setelah hampir tiga puluh delapan tahun dijebloskan ke penjara, Malcolm Alexander dibebaskan. Bukti DNA telah membebaskan Alexander, yang selama proses pengadilan tetap gigih menyatakan bahwa dirinya tidak bersalah. Pengacara yang tidak kompeten (belakangan izin praktiknya dicabut), bukti yang tidak kuat, dan taktik penyelidikan yang meragukan telah membuat seseorang yang tidak bersalah harus mendekam dalam penjara selama hampir empat dekade. Namun, ketika dibebaskan, Alexander masih menunjukkan rasa syukur atas anugerah besar yang diterimanya. “Tidak perlu marah,” katanya. ”Saya tidak punya waktu untuk marah.”

Perkataan Alexander itu menunjukkan kebesaran hati yang luar biasa. Seandainya kita diperlakukan tidak adil dan harus mendekam di penjara selama tiga puluh delapan tahun serta kehilangan nama baik, besar kemungkinan kita akan sangat marah dan mendendam. Meskipun Alexander harus menanggung beban kesalahan yang ditimpakan kepadanya selama puluhan tahun, ia tidak mau kalah oleh ketidakadilan itu. Alih-alih menghabiskan energi untuk membalas dendam, Alexander menerapkan apa yang diperintahkan oleh Rasul Petrus: “Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan” (1ptr. 3:9).

Kitab Suci melangkah lebih jauh: daripada membalas dendam, Rasul Petrus justru mendorong kita untuk memberkati (ay.9). Kita mengampuni dan mendoakan mereka yang telah memperlakukan kita secara tidak adil. Tanpa membenarkan perbuatan jahat mereka, kita bisa “membalas” mereka dengan belas kasihan Allah. Tuhan Yesus sudah menanggung dosa-dosa kita di kayu salib supaya kita menerima anugerah-Nya dan meneruskannya kepada orang lain—termasuk mereka yang pernah menyakiti kita. —Winn Collier

Bagaimana kamu dapat berbelaskasihan kepada orang yang telah menyakitimu tanpa membenarkan tindakannya? Bagaimana cara kamu “memberkati” mereka?

Tuhan, sulit untuk tidak membalas mereka yang telah menyakiti hatiku. Tolonglah agar aku mampu menunjukkan belas kasihan dan anugerah-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Yosua 10-12; Lukas 1:39-56

Bagikan Konten Ini
24 replies
  1. Ticha Chandra
    Ticha Chandra says:

    trus berserah kpd Tuhan, apapun itu . qta serahkn kpdNya, mmntta kekuatan .. dgn trus berdoa n melkkan yg trrbaik maka psti smuanya akn berbah mnjdi ssuatu yg lbih baik. amin

  2. Alexander Daisiu
    Alexander Daisiu says:

    ajarlah aku Tuhan untuk dapat terlebih dahulu mengampuni orang yang bersalah kepada aku. agar Engkau dapat mengampuni kesalahan-kesalahanku.

  3. Elisabet Christy
    Elisabet Christy says:

    Aku mencoba untuk mengerti bahwa setiap manusia tidakklah sempurna dan ketidaksempurnaan tersebut terkdang membawa kita ke dalam dosa. Apabila hal tersebut sudah terjadi kita sebagai orang beriman mau membantu mereka untuk memperbaiki kesalahanya dan mereka pantas untuk mendapat kesempatan kedua, karena tidak ada kata terlambat untuk bertobat. Amin

  4. charles sirait
    charles sirait says:

    dengan melakukan apa yg menjadi kehendak Tuhan, yaitu tdk membalas kejahatan dgn kejahatan maka kita akan benar – benar mengalami sukacita yg luar biasa.
    amin.

  5. Happy Natalisa
    Happy Natalisa says:

    Bersyukur pada hari ini diingatkan kembali bahwa saya ada untuk menjadi berkat bagi siapapun.
    Meskipun saya disakiti saya akan mencoba untuk mempraktekkan firman Tuhan yaitu dengan tetap mengasihi mereka yang menyakiti saya.

    Beberapa hari yang lalu saya mengalami hal ini, seseorang menimpakan kesalahan kepada saya, padahal itu bukan kesalahan saya. Disitulah saya mencoba untuk mempraktekkan firman Tuhan. ‘Besi menajamkan besi, manusia menajamkan sesamanya’.

    Bersyukur masih bisa mengasihi mereka yang menyakiti saya dan saya berhasil untuk praktek firman tersebut.
    Kiranya memberkati dan tetap menjadi berkat bagi siapapun. Amin.

  6. astried
    astried says:

    ajar saya Tuhan untuk bs mengampuni papa, biar dia jahat sm saya tp ajar hamba untuk terus memberkati dia. amin

  7. Mei Ria Elisabeth
    Mei Ria Elisabeth says:

    sulit sekali untuk mendoakan orang yg sudah menyakiti saya, apalagi yg benar2 saya tidak suka. ingat mukanya saja sudah mau muntah, apalagi doain. saya berharap tidak akan bertemu atau berurusan dgn org itu.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *