Hati Sebagai Hamba

Rabu, 10 Januari 2018

Hati Sebagai Hamba

Baca: Lukas 22:24-30

22:24 Terjadilah juga pertengkaran di antara murid-murid Yesus, siapakah yang dapat dianggap terbesar di antara mereka.

22:25 Yesus berkata kepada mereka: “Raja-raja bangsa-bangsa memerintah rakyat mereka dan orang-orang yang menjalankan kuasa atas mereka disebut pelindung-pelindung.

22:26 Tetapi kamu tidaklah demikian, melainkan yang terbesar di antara kamu hendaklah menjadi sebagai yang paling muda dan pemimpin sebagai pelayan.

22:27 Sebab siapakah yang lebih besar: yang duduk makan, atau yang melayani? Bukankah dia yang duduk makan? Tetapi Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.

22:28 Kamulah yang tetap tinggal bersama-sama dengan Aku dalam segala pencobaan yang Aku alami.

22:29 Dan Aku menentukan hak-hak Kerajaan bagi kamu, sama seperti Bapa-Ku menentukannya bagi-Ku,

22:30 bahwa kamu akan makan dan minum semeja dengan Aku di dalam Kerajaan-Ku dan kamu akan duduk di atas takhta untuk menghakimi kedua belas suku Israel.

Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan. —Lukas 22:27

Hati Sebagai Hamba

Hari itu pekerjaan di kantor sangat melelahkan. Namun saat sampai di rumah, tiba waktunya bagi saya untuk memulai “pekerjaan lain”: menjadi ayah yang baik. Sambutan dari istri dan anak saya segera berubah menjadi, “Pa, mau makan malam apa?” “Pa, boleh ambilkan aku minum?” “Pa, main bola yuk?”

Sebenarnya saya hanya ingin duduk santai. Dan meskipun sebagian dari diri saya benar-benar ingin bersikap sebagai ayah yang baik, saya tidak merasa bersemangat untuk melayani kebutuhan keluarga saya. Saat itulah saya melihat sesuatu: sepucuk kartu ucapan terima kasih yang diterima istri saya dari salah seorang jemaat gereja. Kartu itu menggambarkan semangkuk air, handuk, dan sandal kotor. Di bagian bawah gambar itu terdapat kata-kata dari Lukas 22:27, “Aku ada di tengah-tengah kamu sebagai pelayan.”

Pernyataan tentang misi Yesus—yakni untuk melayani orang-orang yang hendak dicari dan diselamatkan-Nya (Luk. 19:10)—benar-benar saya butuhkan saat itu. Jika Yesus saja bersedia melakukan pekerjaan yang paling hina bagi para pengikut-Nya—seperti membasuh kaki murid-murid-Nya yang sudah pasti kotor (Yoh. 13:1-17)—tentulah saya dapat mengambilkan minum untuk anak saya tanpa berkeluh kesah. Pada saat itu, saya diingatkan bahwa permintaan keluarga saya untuk melayani mereka bukan sekadar kewajiban, melainkan sebuah kesempatan untuk mencerminkan hati sebagai hamba yang dimiliki Yesus dan juga kasih-Nya kepada mereka. Ketika kita diminta untuk berbuat sesuatu, itulah kesempatan bagi kita untuk bertumbuh menjadi semakin serupa dengan Kristus, Pribadi yang melayani dengan cara menyerahkan nyawa-Nya bagi kita. —Adam Holz

Tuhan, terkadang sulit bagi kami untuk melayani kebutuhan orang lain. Tolong kami untuk menjadi semakin seperti Engkau, mau menyatakan kasih-Mu dalam banyaknya kesempatan yang kami punya untuk melayani orang-orang di sekitar kami setiap hari.

Kasih Allah yang kita terima memampukan kita untuk melayani sesama.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 25–26; Matius 8:1-17

Desain gambar oleh WarungSaTeKaMu & Catherine Tedjasaputra

Artikel Terkait:

Mengapa Harus Aku?

Bagikan Konten Ini
29 replies
  1. Joshua Michael
    Joshua Michael says:

    Tuhan ajarkan aku untuk menjadi serupa dengan gambarMu.. Ajar aku untuk mau melayani sesama agar namaMu dimuliakan

  2. ERLI
    ERLI says:

    TERIMAKASIH YUHAN YESUS,AJAR KAMI MEMILIKI HATI YG TULUS YANG MAU MELAYANI SESAMA
    AGAR NAMAMU SELALU DI PERMULIAKAN.AMIN 🙂

  3. Nandini
    Nandini says:

    Yesus, berikan kami kerendahan hati utk memuliakan namaMu mulai dari hal kecil yang bisa kami lakukan sehari-hari

  4. Mugi Lestari
    Mugi Lestari says:

    Tuhan akan memampukan kita utk melayani sesama dengan kasih yg Allah berikan kepada kita semua, amin

  5. Sulinda Manik
    Sulinda Manik says:

    ya Tuhan ,,Terimakasih buat Nats pagi yg mengingatkan ku utk tidak Egois dan mau Melihat sekeliling ku dan menolong sesama ,,,Kuatkan dan Berkatilah kami Tuhan ,,amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *