Kekuatan Seorang Manusia

Minggu, 16 Juni 2013

Kekuatan Seorang Manusia

Baca: 1 Korintus 16:9-13

Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! —1 Korintus 16:13

Beberapa tahun lalu saya berada di dalam lift bersama dua orang laki-laki. Malam telah larut, dan kami semua terlihat lelah. Lift pun berhenti, dan seorang laki-laki berpenampilan menyolok berjalan masuk dengan santai. Ia mengenakan pakaian koboi, topi yang lusuh, jaket kulit domba yang sudah bernoda dan tua, serta sepatu bot yang usang. Ia memandangi kami dari atas ke bawah, menatap kami, dan menyapa dengan geraman, “Selamat malam, saudara-saudara.” Kami semua langsung berdiri tegak dan menegapkan bahu kami. Kami berusaha tampil selayaknya laki-laki.

Hari ini merupakan hari untuk menghormati kaum laki-laki, karena itu marilah membahas tentang apa artinya bersikap sebagai laki-laki. Sebagai laki-laki, kita berusaha untuk bersikap tangguh dan jantan, tetapi seringkali semua itu hanyalah dalam penampilan. Sekeras apapun usaha kita, kita sadar bahwa ternyata kita tidak setangguh itu. Di balik keberanian yang dibuat-buat itu, ternyata kita memendam banyak ketakutan, keraguan, dan kekurangan. Sebagian besar dari sikap jantan kita hanyalah gertak sambal belaka.

Dengan berani Paulus mengakui hal ini: “Kami adalah lemah,” katanya (2Kor. 13:4). Ini bukanlah sikap sok saleh, melainkan suatu kesadaran yang nyata. Namun dalam pernyataan lain yang sepertinya bertolak belakang, Paulus dengan tegas mendesak kita untuk “bersikap sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!” (1Kor. 16:13).

Bagaimana kita bisa menjadi pribadi yang kuat seperti yang dikehendaki Allah? Hanya dengan cara menyerahkan diri kita ke dalam tangan Allah dan meminta-Nya untuk menguatkan kita oleh kuasa-Nya yang memberi kesanggupan. —DHR

Mari, Tuhan, berikanku keberanian,
Berikanlah Roh yang berkuasa;
Jadikanku seorang pemenang—
Hiduplah penuh kuasa di dalamku. —NN.

Kekuatan sejati datang dari kuasa Allah di dalam jiwa.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. Jenn
    Jenn says:

    Tuhan adalah kekuatanku, bersama dia ku takkan goyah…
    (Bagai Rajawali)
    Thanks Jesus, you always give me strength when I weak.. 🙂

  2. WarungSateKamu
    WarungSateKamu says:

    Hai Lestari,

    Apabila kamu ingin mendapatkan renungan dari warungsatekamu.org ke dalam e-mailmu setiap hari, kamu bisa mendaftarkan e-mailmu di sini.

    Terima kasih. Tuhan Yesus memberkati.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *