Mengenal dan Mengasihi

Minggu, 14 Januari 2018

Mengenal dan Mengasihi

Baca: Yohanes 10:7-16

10:7 Maka kata Yesus sekali lagi: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya Akulah pintu ke domba-domba itu.

10:8 Semua orang yang datang sebelum Aku, adalah pencuri dan perampok, dan domba-domba itu tidak mendengarkan mereka.

10:9 Akulah pintu; barangsiapa masuk melalui Aku, ia akan selamat dan ia akan masuk dan keluar dan menemukan padang rumput.

10:10 Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

10:11 Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya;

10:12 sedangkan seorang upahan yang bukan gembala, dan yang bukan pemilik domba-domba itu sendiri, ketika melihat serigala datang, meninggalkan domba-domba itu lalu lari, sehingga serigala itu menerkam dan mencerai-beraikan domba-domba itu.

10:13 Ia lari karena ia seorang upahan dan tidak memperhatikan domba-domba itu.

10:14 Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku

10:15 sama seperti Bapa mengenal Aku dan Aku mengenal Bapa, dan Aku memberikan nyawa-Ku bagi domba-domba-Ku.

10:16 Ada lagi pada-Ku domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; domba-domba itu harus Kutuntun juga dan mereka akan mendengarkan suara-Ku dan mereka akan menjadi satu kawanan dengan satu gembala.

Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku. —Yohanes 10:27

Mengenal dan Mengasihi

“Jesus loves me, this I know, for the Bible tells me so” (Yesus sayang padaku, Alkitab mengajarku)” adalah pesan dari salah satu lagu rohani yang paling diingat orang, terutama oleh anak-anak. Ditulis oleh Anna B. Warner pada tahun 1800-an, lirik itu secara lembut menegaskan hubungan kita dengan Yesus—yaitu bahwa kita disayang dan dikasihi-Nya.

Seseorang memberi istri saya sebuah hiasan dinding untuk rumah kami berisi lirik lagu tersebut, tetapi dengan kata-kata yang bertukar posisi. Pada hiasan itu tertulis, “Jesus knows me, this I love” (Yesus mengenalku, aku suka hal itu). Kalimat tersebut memberikan perspektif yang berbeda pada hubungan kita dengan-Nya—yaitu bahwa kita dikenal oleh Kristus.

Pada masa Israel kuno, yang membedakan gembala sejati dengan gembala upahan adalah gembala sejati menyayangi dan mengenal domba-dombanya. Gembala itu menghabiskan begitu banyak waktu bersama domba-dombanya hingga ia memiliki perhatian dan pengenalan yang mendalam akan domba-dombanya. Karena itu, tidak heran Yesus berkata kepada domba-domba milik-Nya, “Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku. . . . Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku” (Yoh. 10:14,27).

Dia mengenal dan mengasihi kita! Kita dapat mempercayai tujuan Yesus bagi hidup kita dan meyakini janji pemeliharaan-Nya karena Bapa “mengetahui apa yang [kita] perlukan, sebelum [kita] minta kepada-Nya” (Mat. 6:8). Dalam pasang surut kehidupan, tenanglah, karena Anda dikenal dan dikasihi oleh Gembala jiwa Anda. —Bill Crowder

Ya Tuhan, terima kasih karena Engkau begitu mengasihi dan memperhatikanku. Tolonglah aku mempercayai-Mu dalam semua area kehidupanku.

Yang terindah dari semuanya— membayangkan bahwa Yesus sayang pada saya!

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 33–35; Matius 10:1-20

Bagikan Konten Ini
31 replies
  1. Hengky Rechiban
    Hengky Rechiban says:

    amien… Dia mengenal Kita dan Kita harus mengenal Dia, terkadang ketika keadaan Kita diatas Kita lupa bersyukur Dan pura pura tidak mengenal Dia, ketika di dalam kesesakan dan terhimpit cobaan, baru Kita mengenal Dia, ampunilah hambaMu ini ya Tuhan

  2. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, terima kasih untuk cinta kasih Tuhan yang kami rasakan, tolong kami untuk menghargai cinta kasih Tuhan itu dengan melakukan hal-hal yang berkenan kepada Mu.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn!

  3. Annaria
    Annaria says:

    Terimakasih Tuhan karena Engkau begitu mengasihi aku dan aku percaya utk kasihMU yg selalu menyertai kehidupan ku…amin.

  4. Joshua Michael
    Joshua Michael says:

    Tuhan, baru aku sadar bahwa diriMu selalu mengasihi dan menyayangiku.. Aku berharga di mataMu, Engkau juga yang memanggilku untuk kembali kepadaMu untuk menuju kerajaan surga yang kekal

  5. Yusuf Sandro
    Yusuf Sandro says:

    lagu Jesus Loves Me (Yesus sayang padaku) adalah lagu yang paling diingat oleh saya sepanjang masa. Itu adalah lagu pertama yang saya nyanyikan di sekolah minggu. Dan yang paling berkesan lagi, lagu itu tersebar di seluruh dunia sampai ke Timur Tengah. Segala Puji untuk Tuhan Yesus

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *