Hati Hamba

Jumat, 23 Agustus 2019

Hati Hamba

Baca: Markus 9:33-37

9:33 Kemudian tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Kapernaum. Ketika Yesus sudah di rumah, Ia bertanya kepada murid-murid-Nya: “Apa yang kamu perbincangkan tadi di tengah jalan?”

9:34 Tetapi mereka diam, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka.

9:35 Lalu Yesus duduk dan memanggil kedua belas murid itu. Kata-Nya kepada mereka: “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya.”

9:36 Maka Yesus mengambil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka, kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka:

9:37 “Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Dan barangsiapa menyambut Aku, bukan Aku yang disambutnya, tetapi Dia yang mengutus Aku.”

Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya. —Markus 9:35

Hati Hamba

Koki. Perencana acara. Ahli nutrisi. Perawat. Itu hanya sebagian dari banyaknya tanggung jawab yang biasa dilakukan oleh ibu rumah tangga zaman modern. Pada tahun 2016, diperkirakan kaum ibu bekerja antara lima puluh sembilan sampai sembilan puluh enam jam setiap minggunya melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan anak-anak mereka.

Tidak heran ibu rumah tangga selalu merasa kelelahan! Menjadi ibu berarti merelakan banyak waktu dan energi untuk merawat anak-anak, yang membutuhkan banyak pertolongan dalam menjalani hidupnya.

Ketika saya lelah dan perlu diingatkan bahwa merawat orang lain adalah pekerjaan mulia, saya dikuatkan ketika melihat bagaimana Yesus meneguhkan orang-orang yang melayani.

Dalam Injil Markus, para murid berdebat tentang siapa yang terbesar di antara mereka. Yesus pun mengingatkan, “Jika seseorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan pelayan dari semuanya” (9:35). Lalu Dia mengambil seorang anak untuk melukiskan pentingnya melayani sesama, terutama kaum yang tidak berdaya (ay.36-37).

Respons Yesus mengubah standar tentang apa artinya menjadi yang terkemuka dalam Kerajaan-Nya. Standar itu adalah hati yang rela melayani sesama, dan Yesus berjanji bahwa penyertaan dan penguatan dari Allah akan menyertai mereka yang memilih untuk melayani (ay.37).

Ketika kamu berkesempatan melayani keluarga atau komunitas, kiranya kamu terhibur saat mengetahui bahwa Yesus sangat menghargai waktu dan usaha yang kamu berikan untuk melayani. —Lisa Samra

WAWASAN
Dalam kebudayaan Israel abad pertama, membuka pintu rumah bagi para pengelana adalah tindakan sosial yang bernilai penting. Menurut salah satu tradisi pengajaran rabbi pada masa itu, keramahtamahan lebih besar nilainya daripada menerima shekinah, yang menandakan kemuliaan atau kehadiran Allah di Bait-Nya. Namun, anehnya, dalam budaya mereka, tidak ditanamkan nilai agar kaum pria ‘membuka pintu hati’ mereka bagi anggota masyarakat yang dianggap lebih rendah martabatnya. Mereka memandang dan memperlakukan para budak, istri, dan anak-anak hanya sebagai properti. Oleh karena itu, murid-murid Kristus tidak memiliki pemahaman sebelumnya tentang suatu kerajaan yang dipimpin oleh seorang raja yang juga hamba, yang rela mati untuk mewujudkan rencana-Nya membentuk dunia yang lebih baik (Markus 9:30-32). Yesus memutarbalikkan pandangan mereka tentang kerajaan-Nya dengan menyambut, memeluk, dan menghargai seorang anak kecil sebagai gambaran kerendahan hati yang belum mereka pahami. Kemudian Dia memperluas pengertian mereka tentang siapa yang seharusnya kita terima dalam hati (ay.37). —Mart DeHaan

Bagaimana kamu dapat melayani seseorang hari ini? Dapatkah kamu meluangkan waktu untuk menyatakan rasa terima kasih kepada seseorang yang telah melayani dan mengasihimu dengan sepenuh hati?

Tuhan Yesus, terima kasih Kau telah mengingatkan kami tentang perhatian-Mu kepada anak-anak dan mereka yang tak berdaya. Tolonglah kami agar dapat mengikuti teladan pelayanan-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 113-115; 1 Korintus 6

Handlettering oleh Novelia

Bagikan Konten Ini
18 replies
  1. Rico art
    Rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yg telah Engkau limpahkan kepada kami setiap hari, Amin

  2. Elisabet Christy
    Elisabet Christy says:

    Ajar aku selalu untuk mau melayani seeprti aku melayani engkau, terpujilah namaMU kekal selama lamanya Amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *