Rumah Masa Depan

Rabu, 14 Februari 2018

Rumah Masa Depan

Baca: Yohanes 14:1-14

14:1 “Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.

14:2 Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu.

14:3 Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamupun berada.

14:4 Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ.”

14:5 Kata Tomas kepada-Nya: “Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?”

14:6 Kata Yesus kepadanya: “Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

14:7 Sekiranya kamu mengenal Aku, pasti kamu juga mengenal Bapa-Ku. Sekarang ini kamu mengenal Dia dan kamu telah melihat Dia.”

14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

14:12 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa percaya kepada-Ku, ia akan melakukan juga pekerjaan-pekerjaan yang Aku lakukan, bahkan pekerjaan-pekerjaan yang lebih besar dari pada itu. Sebab Aku pergi kepada Bapa;

14:13 dan apa juga yang kamu minta dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya, supaya Bapa dipermuliakan di dalam Anak.

14:14 Jika kamu meminta sesuatu kepada-Ku dalam nama-Ku, Aku akan melakukannya.”

Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. . . . Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. —Yohanes 14:2

Rumah Masa Depan

Baru-baru ini seorang kawan menyiapkan diri untuk pindah ke kota yang berjarak lebih dari 1.600 km dari kota tempat tinggalnya sekarang. Ia dan suaminya berbagi tugas untuk menyesuaikan dengan tenggat yang singkat. Suaminya mengatur tempat tinggal yang baru, sedangkan ia mengepak barang-barang milik mereka. Saya terheran-heran dengan kemampuannya yang bisa pindah ke tempat baru tanpa pernah meninjau lokasinya atau ikut berburu rumah. Saya pun bertanya kepadanya bagaimana ia bisa melakukan itu. Ia mengakui itu memang sulit, tetapi ia juga mengatakan bahwa ia bisa mempercayai suaminya. Suaminya mengetahui keinginan dan kebutuhan istrinya karena telah cukup lama menjalani hidup bersama.

Di ruang atas tempat perjamuan terakhir, Yesus berbicara kepada murid-murid-Nya tentang pengkhianatan dan kematian yang akan dialami-Nya. Saat-saat terkelam dalam kehidupan Yesus di bumi, dan juga dalam kehidupan para murid, akan segera datang. Yesus menghibur mereka dengan kepastian bahwa Dia akan menyiapkan tempat bagi mereka di surga, mirip seperti suami kawan saya yang menyiapkan rumah baru bagi keluarga mereka. Ketika para murid mempertanyakan maksud Yesus, Dia mengajak mereka melihat pengalaman mereka bersama dan segala mukjizat-Nya yang telah mereka saksikan. Meski mereka akan berduka atas kematian dan ketidakhadiran Yesus, Dia mengingatkan mereka bahwa Dia layak dipercaya untuk menepati janji-Nya.

Di masa-masa terkelam sekalipun, kita dapat mempercayai-Nya untuk membawa kita ke tempat yang baik. Saat berjalan bersama-Nya, kita juga belajar untuk semakin mempercayai kesetiaan-Nya. —Kirsten Holmberg

Tuhan, tolong kami untuk bersandar kepada-Mu di saat hidup kami penuh dengan ketidakpastian dan kesulitan. Engkau sungguh baik dan layak dipercaya.

Kita dapat mempercayai Allah untuk memandu kita melalui masa-masa yang sulit.

Bacaan Alkitab Setahun: Imamat 15-16; Matius 27:1-26

Bagikan Konten Ini
45 replies
  1. agusti lim
    agusti lim says:

    Tuhan, terima kasih untuk janjiMu, biarlah kami hidup setia dan menjaga iman kami sampai akhir hidup kami. apapun yang terjadi di dalam hidup kami, sekalipun itu berat dan sulit, dapat kami jalani, kami berserah dan bersandar hanya padaMu.

  2. DM TELAUMBANUA
    DM TELAUMBANUA says:

    Terima kasih Tuhan Engkau sungguh baik, kasihMu sungguh luar biasa, lebih dari seorang ibu terhadap anak kandungnya,kami yang telah berdosa kepada Mu, masih Engkau inginkan kami kembali kepada Mu.Oh Tuhan betapa baiknya Engkau,aku juga rindu tinggal di rumah Allah yang telah menciptakan dan menyelamatkan ku.Terpujilah Tuhan Haleluya Aminn!

  3. ChristinaVeby Z
    ChristinaVeby Z says:

    segala sesuatu yg tdk mungkin di mata manusia.. akan menjadi mungkin ketika Tuhan Yesus ikut campur tangan.. Amin..

  4. Joshua Michael
    Joshua Michael says:

    Tuhan, aku percaya bahwa Engkau selalu menyertaiku di segala musim.. Aku hanya ingin mengandalkan Engkau saja ya Bapa
    Amin

  5. Gema
    Gema says:

    Ya Tuhan terimakasih atas bimbinganMu dan pendampinganMu selama ini.. biarlah aku selalu dapat mengikutiMu menuju tempat yang Kau janjikan. tuntun hamba ya Tuhan.

  6. Inawati
    Inawati says:

    Percaya kepada Tuhan disaat yg sulit sebenarnya sulit karna.sering kali kt jatuh kedalam kesulitan itu dan kpd kuasa dlm diri kt sendiri, namun saat kt memandang kpd Kuasa Tuhan dan percaya bahwa Tuhan izinkan ini terjadi karna maksud yg baik spy kt bisa lebih lg percaya kpd Nya. Tuhan nanti kami utk percaya kepd Mu, tidak kuatir dan brjuang terus utk mlakukan yg terbaik utkmu. Amin

  7. yeni
    yeni says:

    Hari ini yg aku dapat : apakah kamu mau dianiaya demi Yesus, jika ada masa suatu saat ada pembantaian terjadi,apa yg anda bayangkan saat itu….

  8. kamrin
    kamrin says:

    Amin,Terima kasih Tuhan Yesus atas kasihmu yg menyertai hidupku dikala aku sulit engkau senantiasa memberikan pengharapan.

  9. Novriany R
    Novriany R says:

    terimakasih renungan ini sangat memberkati saya, disaat2 saya mengalami kesulitan dalam menjalani hidup ini Tuhan selalu menopang saya.
    amin

  10. Lazarus Lukas
    Lazarus Lukas says:

    Tuhan Yesus turun ke bumi untuk mengundang kita ke dalam Rumah masa depan, kemudian Tuhan Yesus naik ke sorga untuk menyiapkan tempat buat anak-anakNya. Kenapa harus naik ke sorga? karena atas anugrah KasihNya tidak ada lagi pembeda antara umat israel dan non israel, semua disediakan bagi orang yg mengasihiNya. Untuk mengubah janji keselamatan yg dulunya hanya diberikan kepada bangsa pilihanNya yaitu israel, untuk menuliskan dan memberi tempat di kitab kehidupan agar semua bangsa dapat masuk sorga.

  11. Alvaro Gavriel Tampubolon
    Alvaro Gavriel Tampubolon says:

    ajar kami menghitung hari2 yang kamu lalui, agar kami semakin lagi mengenalMu dan berikan kami hati yang mau mengampuni dan mengasihi sesama kami, sebagaimana engkau memperlakukan kami.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *