Diciptakan untuk Bertualang

Jumat, 6 Januari 2023

Baca: Kejadian 1:21-28

1:21 Maka Allah menciptakan binatang-binatang laut yang besar dan segala jenis makhluk hidup yang bergerak, yang berkeriapan dalam air, dan segala jenis burung yang bersayap. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:22 Lalu Allah memberkati semuanya itu, firman-Nya: “Berkembangbiaklah dan bertambah banyaklah serta penuhilah air dalam laut, dan hendaklah burung-burung di bumi bertambah banyak.”

1:23 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari kelima.

1:24 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah bumi mengeluarkan segala jenis makhluk yang hidup, ternak dan binatang melata dan segala jenis binatang liar.” Dan jadilah demikian.

1:25 Allah menjadikan segala jenis binatang liar dan segala jenis ternak dan segala jenis binatang melata di muka bumi. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu. [ ] —Kejadian 1:28

Baru-baru ini saya menemukan sesuatu yang luar biasa. Saat menyusuri jalan setapak ke balik sekumpulan pohon dekat rumah, saya menemukan sebuah taman bermain yang tersembunyi. Di sana, ada tangga yang terbuat dari dahan-dahan pohon dan terhubung ke suatu menara pengintai, ada ayunan dari gulungan kabel tua yang diikat pada tangkai pohon, bahkan ada jembatan gantung yang menghubungkan satu cabang pohon ke cabang lainnya. Rupayanya ada seseorang yang telah mengubah beberapa batang kayu tua dan tali menjadi wahana petualangan yang kreatif!

Paul Tournier, seorang dokter asal Swiss, meyakini bahwa manusia diciptakan untuk bertualang karena kita diciptakan menurut gambar dan rupa Allah (Kej. 1:26-27). Sama seperti Allah melakukan terobosan dengan menciptakan alam semesta (ay.1-25), sama seperti Dia mengambil risiko dengan menciptakan manusia yang dapat memilih apa yang baik atau yang jahat (3:5-6), dan sama seperti Dia menyerukan kepada kita, “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu” (1:28), kita juga memiliki dorongan untuk menemukan sesuatu, mengambil risiko, dan menciptakan hal-hal baru selama kita berkembang menguasai bumi. Hal-hal baru yang kita usahakan dan lakukan mungkin besar atau kecil, tetapi yang terbaik adalah ketika hal tersebut bermanfaat bagi orang lain. Saya yakin orang yang membuat taman bermain tadi merasa senang ketika orang-orang menemukan dan menikmatinya.

Baik menciptakan lagu baru, mencoba cara-cara baru untuk mengabarkan Injil, atau berusaha menghangatkan kembali pernikahan yang mulai mendingin, kita mengalami bagaimana petualangan membuat kita terus merasa hidup. Jadi, tugas atau proyek baru apa yang menarik perhatian kamu saat ini? Mungkin Allah sedang menuntun kamu ke suatu petualangan baru. —Sheridan Voysey

WAWASAN
Kitab Suci menyatakan bahwa Allah menciptakan segala sesuatu. Kata kerja Ibrani bara’, yang diterjemahkan sebagai menciptakan dalam Kejadian 1, selalu menyatakan Dia sebagai subjek. Jadi, Allah mula-mula menciptakan segala sesuatu dari ketiadaan (ay.1), lalu menciptakan makhluk hidup dari bahan yang diciptakan-Nya itu (ay.21,27). Ayub 38–41 tidak ada duanya dalam menggambarkan kreativitas Allah Yang Mahakuasa. Dengan cemerlang, Allah memberi Ayub kursus kilat mengenai benda-benda yang diciptakan dan terpampang di langit, bumi, dan laut, yang membuat Ayub terdiam dalam kerendahan hati (39:37-38; 42:5-6). —Arthur Jackson

Diciptakan untuk Bertualang

Dalam bagian Alkitab mana lagi kamu melihat Allah berkarya dengan kreatif? Bagaimana karya dan petualangan-Nya dapat menginspirasi usaha dan petualangan kita sendiri?

Allah yang kreatif, bawalah aku ke petualangan yang baru demi kasihku kepada-Mu dan sesamaku!

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 16-17; Matius 5:27-48

Bagikan Konten Ini
41 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerahkan segala rencana kehidupan kami kedalam TanganMu saja ya Tuhan biarlah KehendakMu yang terjadi, terpuji lah NamaMu kekal selamanya, amin

  2. shanny
    shanny says:

    mazmur menceritakan karya Allah yang luar biasa. sehingga mendorongku untuk hidup lebih baik hari ini dan di sini. terpujilah Tuhan 😇🙏

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *