Masalah Sudut Pandang

Senin, 29 Agustus 2011

Baca: Keluaran 14:1-14

Dan terhadap Firaun dan seluruh pasukannya Aku akan menyatakan kemuliaan-Ku, sehingga orang Mesir mengetahui bahwa Akulah TUHAN. —Keluaran 14:4

Apakah Anda menjadi bagian dari masalah atau menjadi bagian dari solusinya? Entah dikemukakan dalam rapat bisnis, rapat majelis gereja, atau diskusi keluarga, pertanyaan tersebut sering timbul sebagai reaksi terhadap rasa jengkel ketika berusaha memahami mengapa seseorang telah melakukan sesuatu dengan caranya sendiri. Biasanya, jawabannya tergantung dari sudut mana kita memandangnya.

Seandainya kita hidup di antara bangsa Israel yang meninggalkan Mesir setelah diperbudak selama 400 tahun, kemungkinan besar kita memandang Firaun sebagai bagian dari masalah—dan itu memang benar. Namun, Allah memandangnya lebih dari itu.

Tanpa ada penjelasan apa-apa, Tuhan memerintahkan Musa untuk membawa bangsa Israel berbalik arah kembali ke Mesir dan berkemah membelakangi Laut Merah. Dengan demikian, Firaun dapat menyerang mereka (Kel. 14:1-3). Bangsa Israel berpikir bahwa mereka akan mati, tetapi Allah berkata bahwa Dia akan menyatakan kemuliaan-Nya melalui Firaun dan seluruh pasukannya, “sehingga orang Mesir akan mengetahui, bahwa Akulah TUHAN” (ay.4,17-18).

Ketika kita sama sekali tidak dapat memahami mengapa Allah memperkenankan situasi-situasi yang mengancam akan menimpa kita, alangkah baiknya kita mengingat bahwa Allah merancangkan apa yang terbaik bagi kita dan demi kemuliaan nama-Nya. Jika kita dapat mengatakan, “Bapa, tolong mampukan aku untuk mempercayai dan menghormati-Mu dalam keadaan yang kuhadapi ini,” kita akan bertindak selaras dengan sudut pandang dan rencana-Nya. —DCM

Firman kebenaran-Mu yang murni dan kekal
Tetap tak akan tergoyahkan,
Walaupun pikiran dan rancangan manusia,
Akan terbang lenyap seperti sekam. —NN.

Bagikan Konten Ini
2 replies
  1. Sugel
    Sugel says:

    Air menjadi Darah ikan2x pada mati..Tetapi pendeta mesir jg mampu membuat hal yang sama Jadi Firaun gak mau membebaskan bangsa Israel dan juga akhirnya ahli sihir firaun bisa membuat air kembali normal…2. Melihat hal ini Firaun gak mau ngelepasin bangsa Israel karena dia dapat menghalau kodok2x itu…3.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *