Burung Peliharaan Mozart

Info

Kamis, 19 Agustus 2010

Baca: Mazmur 104:1-13

Di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan. —Mazmur 104:12

Mozart dikagumi sebagai seorang maestro di bidang komposisi musikal. Pada suatu waktu, ia bahkan terinspirasi oleh melodi kicauan seekor burung. Mozart memelihara seekor burung jalak yang nyanyiannya begitu membuat Mozart terpukau sehingga ada yang mengatakan bahwa Mozart menulis sebuah karya musiknya berdasar melodi yang didengarnya dari kicauan burung itu.

Burung-burung juga menjadi sumber inspirasi bagi pemazmur. Dalam Mazmur 104, sang pemazmur memuji Allah karena pemeliharaan-Nya terhadap makhluk hidup yang diciptakan-Nya di atas bumi. Pemazmur mengamati burung-burung yang terbang di udara, bertengger di cabang-cabang pepohonan, dan menyanyikan lagu sukacita: “di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan” (ay.12).  Alam mengisi hati pemazmur dengan pujian kepada Allah, dan menurut saya, melodi kicauan burung-burung pun termasuk di dalamnya.

Seringkali keajaiban yang kita saksikan dalam ciptaan-Nya mendorong kita untuk menyembah-Nya. Tema ini diulang-ulang di seluruh Alkitab: “Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya” (Mzm. 19:2). Cara ciptaan Allah mendorong kita untuk memuji Dia tidaklah terbatas pada apa yang kita lihat saja. Kita memuji-Nya juga karena kita mendengarkan nyanyian alam. Ketika kita menjalani rutinitas harian, kita dapat membuka hati dan mendengarkan melodi-melodi yang telah disediakan Allah dalam ciptaan-Nya dan biarkan semuanya itu menjadi satu dorongan tambahan untuk memuji Sang Pencipta. —HDF

Ketika Mozart menambahkan kicauan burung
Dalam inovasi musikalnya,
Kiranya kita melantunkan lagu ke seluruh dunia
Suatu pujian kepada Allah, Sang Pencipta. —F. Hess

Seluruh alam merupakan simfoni agung dengan Sang Pencipta sebagai dirigennya.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

1 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!