Tampil Rapi

Sabtu, 18 Januari 2014

Tampil Rapi

Baca: Yudas 1:20-25

1:20 Akan tetapi kamu, saudara-saudaraku yang kekasih, bangunlah dirimu sendiri di atas dasar imanmu yang paling suci dan berdoalah dalam Roh Kudus.

1:21 Peliharalah dirimu demikian dalam kasih Allah sambil menantikan rahmat Tuhan kita, Yesus Kristus, untuk hidup yang kekal.

1:22 Tunjukkanlah belas kasihan kepada mereka yang ragu-ragu,

1:23 selamatkanlah mereka dengan jalan merampas mereka dari api. Tetapi tunjukkanlah belas kasihan yang disertai ketakutan kepada orang-orang lain juga, dan bencilah pakaian mereka yang dicemarkan oleh keinginan-keinginan dosa.

1:24 Bagi Dia, yang berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya,

1:25 Allah yang esa, Juruselamat kita oleh Yesus Kristus, Tuhan kita, bagi Dia adalah kemuliaan, kebesaran, kekuatan dan kuasa sebelum segala abad dan sekarang dan sampai selama-lamanya. Amin.

[Yesus] berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda dan penuh kegembiraan di hadapan kemuliaan-Nya. —Yudas 1:24

Tampil Rapi

Menjaga penampilan anak-anak kami agar tetap rapi selama di gereja selalu menjadi tantangan bagi kami. Sepuluh menit setelah tiba di gereja dalam keadaan rapi, anak kami yang kecil, Matthew, akan terlihat seakan-akan ia tidak terurus oleh orangtuanya. Saya melihatnya berlarian dengan kemeja yang keluar sebagian dari celana, kacamata yang miring, sepatu yang diseret, dan pakaian yang dipenuhi dengan remah-remah kue. Jika dibiarkan sendiri, Matthew pasti akan menjadi anak yang kotor dan berantakan.

Saya berpikir jangan-jangan penampilan kita pun ada kalanya terlihat seperti itu. Setelah Kristus mengenakan kebenaran-Nya pada kita, kita sering menyimpang dan hidup dengan sikap yang tidak mencerminkan diri sebagai seorang anak Allah. Itulah mengapa janji dalam kitab Yudas yang menulis bahwa Yesus “berkuasa menjaga supaya jangan kamu tersandung dan yang membawa kamu dengan tak bernoda” itu memberikan harapan kepada saya (Yud. 1:24).

Bagaimana cara kita menjaga diri agar tidak terlihat seakan-akan tidak terurus oleh Bapa surgawi kita? Ketika kita semakin berserah kepada Roh-Nya dan menuruti jalan-jalan-Nya, Dia akan menjaga kita supaya tidak tersandung. Alangkah semakin sucinya hidup kita apabila kita mau meluangkan waktu dalam firman-Nya agar kita disucikan “dengan air dan firman” (Ef. 5:26).

Sungguh luar biasa berkat dari Yesus yang berjanji memulihkan hidup kita yang berantakan dan penuh cela ini agar kita dibawa-Nya dengan tidak bernoda ke hadapan Bapa di surga! Kiranya kita semakin mencerminkan diri sebagai anak-anak dari Sang Raja lewat hidup kita yang memancarkan perhatian dan kasih sayang-Nya. —JMS

Tuhan, terima kasih karena Engkau telah mengenakan
kebenaran-Mu yang indah kepadaku dan Engkau berjanji
untuk menjagaku agar tidak tersandung dan membawaku
dengan tak bernoda ke hadapan Bapa-Mu dan Allahku!

Untuk mencerminkan kehadiran Allah Bapa dalam hidup ini, kita harus bersandar kepada Anak-Nya.

Bagikan Konten Ini
1 reply
  1. samuel
    samuel says:

    rbc adalah mitra penginjilan yang luar biasa, tidak profit oriented, namun melayani dgn iman, terima kasih atas pelayanannya, Tuhan Yesus memberkati seluruh team valounteer.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *