Waktunya Memeriksa Diri

Minggu, 3 April 2011

Baca: 1 Korintus 11:27-29

Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu. —1 Korintus 11:28

Setiap tahun, saya melakukan pemeriksaan jasmani, yaitu kunjungan rutin ke tempat praktek dokter di mana tubuh saya akan diraba dan ditusuk, diteliti dan diamati. Ini adalah sesuatu yang mudah membuat kita ngeri, bahkan takut. Kita tidak tahu bagaimana hasil tesnya atau apa yang akan dikatakan oleh dokter. Meskipun demikian, kita tahu bahwa kita memerlukan pemeriksaan rutin ini untuk mengetahui kondisi kesehatan jasmani kita dan apa yang diperlukan dalam menjalani hari depan kita.

Hal yang sama juga berlaku dalam kehidupan rohani seorang pengikut Kristus. Dari waktu ke waktu, kita perlu berdiam sejenak untuk memeriksa kondisi hati dan hidup kita.

Suatu momen untuk melakukan pemeriksaan rohani yang penting ini adalah pada saat kita  menghadap meja Perjamuan Kudus. Paulus menuliskan kepada jemaat di Korintus, dimana beberapa orang di antara mereka mengikuti perjamuan dengan cara yang tidak layak: “Karena itu hendaklah tiap-tiap orang menguji dirinya sendiri dan baru sesudah itu ia makan roti dan minum dari cawan itu” (1 Kor. 11:28). Dengan mengingat kematian Kristus bagi kita, kita dapat memiliki pemikiran dan pemahaman yang peka dan murni, karena ketika kita merenungkan betapa mahalnya harga yang dibayar Yesus untuk menebus kita, itulah waktu yang tepat untuk memperhatikan kondisi hati dan hubungan kita dengan sesama. Kemudian, dengan pemahaman yang jujur akan kondisi rohani kita, kita dapat datang kepada-Nya untuk memperoleh anugerah yang kita perlukan guna menjalani hidup mendatang demi kemuliaan-Nya.

Apakah sekarang waktunya bagi Anda untuk memeriksa diri? —WEC

Oh, Allahku, jenguklah diriku,
Ujilah hati dan pikiranku,
Aku telah berdosa dan cemar,
Sucikan dan jadikan ‘ku benar. —NN.
(Nyanyikanlah Kidung Baru, No. 13)

Memeriksa diri sendiri adalah suatu pengujian
yang harus dilakukan oleh semua orang Kristen.

Bagikan Konten Ini
3 replies
  1. kaka.sheva
    kaka.sheva says:

    Memeriksa diri sendiri, mengakui dosa kita, memohon pengampunan pada-Nya, menjalani hidup baru dengan cara-Nya ^^

  2. Wilson
    Wilson says:

    Kita perlu memeriksa diri karena tanpa disadari, terkadang kita sudah salah bertindak. Datang kepada Tuhan dan Dia yang akan menyatakannya. Tuhan Yesus menyertai kita semua di hari Sabat ini..

  3. anita
    anita says:

    sama dengan alasan kita check up rutin, kita juga harus check up rohani kita setiap hari agar kesalahan2 yang diperbuat tidak menjadi penghambat hubungan kita dengan Tuhan dan belajar untuk taat selalu, hepi sunday frendz, GBu……

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *