Terus Menanjak

Jumat, 14 April 2023

Baca: 2 Samuel 15:13-14,23-26

15:13 Lalu datanglah seseorang mengabarkan kepada Daud, katanya: “Hati orang Israel telah condong kepada Absalom.”

15:14 Kemudian berbicaralah Daud kepada semua pegawainya yang ada bersama-sama dengan dia di Yerusalem: “Bersiaplah, marilah kita melarikan diri, sebab jangan-jangan kita tidak akan luput dari pada Absalom. Pergilah dengan segera, supaya ia jangan dapat lekas menyusul kita, dan mendatangkan celaka atas kita dan memukul kota ini dengan mata pedang!”

15:23 Seluruh negeri menangis dengan suara keras, ketika seluruh rakyat berjalan lewat. Raja menyeberangi sungai Kidron dan seluruh rakyat berjalan ke arah padang gurun.

15:24 Dan lihat, juga Zadok ada di sana beserta semua orang Lewi pengangkat tabut perjanjian Allah. Mereka meletakkan tabut Allah itu–juga Abyatar ikut datang–sampai seluruh rakyat dari kota selesai menyeberang.

15:25 Lalu berkatalah raja kepada Zadok: “Bawalah tabut Allah itu kembali ke kota; jika aku mendapat kasih karunia di mata TUHAN, maka Ia akan mengizinkan aku kembali, sehingga aku akan melihatnya lagi, juga tempat kediamannya.

15:26 Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya.”

Biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya. —2 Samuel 15:26

Christina Rossetti, seorang penyair dan penulis renungan, telah menjalani kehidupan yang sulit. Sepanjang hidupnya, ia pernah mengidap depresi dan berbagai penyakit, bahkan beberapa kali pertunangannya kandas. Akhirnya, ia meninggal dunia karena kanker.

Daud muncul dan dikenal pertama kalinya oleh bangsa Israel sebagai pahlawan. Namun, di sepanjang hidupnya, ia pernah mengalami berbagai kesulitan. Menjelang akhir pemerintahannya, anaknya sendiri, bersama penasihat kepercayaannya dan sebagian besar rakyat, berusaha menggulingkannya (2Sam. 15:1-12). Karena itu, Daud membawa serta Imam Abyatar dan Zadok serta tabut perjanjian Allah, lalu pergi dari Yerusalem (ay.14,24).

Setelah Abyatar mempersembahkan korban bakaran kepada Allah, Daud berkata kepada kedua imam tersebut, “Bawalah tabut Allah itu kembali ke kota; jika aku mendapat kasih karunia di mata Tuhan, maka Ia akan mengizinkan aku kembali, sehingga aku akan melihatnya lagi, juga tempat kediamannya” (ay.25). Bahkan di tengah kondisi yang tidak menentu, Daud berkata, “Tetapi jika Ia berfirman, begini: Aku tidak berkenan kepadamu, maka aku bersedia, biarlah dilakukan-Nya kepadaku apa yang baik di mata-Nya” (ay.26). Daud tahu bahwa ia dapat mempercayai Allah.

Christina Rossetti juga mempercayai Allah, dan hidupnya berakhir dengan penuh pengharapan. Jalan kehidupan kita mungkin berliku-liku dan terus menanjak, tetapi jalan itu akhirnya membawa kita menuju Bapa Surgawi yang siap menyambut kita dengan bahagia. —Tim Gustafson

WAWASAN
Mazmur 3 adalah salah satu dari sebagian kecil mazmur yang menyertakan keterangan (superskripsi) mengenai penulis atau info berguna lainnya. Di ayat 1 tertulis “Mazmur Daud, ketika ia lari dari Absalom, anaknya.” Keterangan ini menghubungkan mazmur tersebut dengan 2 Samuel 15, yang menunjukkan bagaimana Absalom bangkit (ay.1-12) menantang raja yang sah, Daud, yang melarikan diri (ay.13-37). Pemberontakan Absalom, dan masalah-masalah lainnya dalam keluarga Daud (lihat 2 Samuel 13), menggenapi perkataan Samuel: “Bahwasanya malapetaka akan Kutimpakan ke atasmu yang datang dari kaum keluargamu sendiri” (12:11). Namun, Raja Daud yang babak belur itu tidak memandang teguran Allah sebagai pengabaian Allah, sehingga ia mampu berkata, “Tetapi Engkau, TUHAN, adalah perisai yang melindungi aku, Engkaulah kemuliaanku dan yang mengangkat kepalaku. Dengan nyaring aku berseru kepada TUHAN, dan Ia menjawab aku dari gunung-Nya yang kudus” (Mazmur 3:4-5). —Arthur Jackson

Terus Menanjak

Dalam hal apa saja jalan kehidupan kamu terasa sulit dan berliku? Bagaimana kamu dapat mempercayai Allah untuk memimpin kamu dalam jalan hidup yang kamu tempuh?

Ya Allah, terkadang jalan hidup ini terasa berat. Namun, aku percaya Engkau akan melakukan yang benar, bagiku dan bagi semua orang yang percaya kepada-Mu. Tolonglah aku hidup dalam pengharapan, dengan menantikan hari ketika aku akan bersama-Mu selamanya.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Samuel 25-26; Lukas 12:32-59

Bagikan Konten Ini
42 replies
  1. Hendrik Hutabarat
    Hendrik Hutabarat says:

    aminn aminn aminn aminn aminn 🙏🏻🙏🏻🙏🏻

  2. Tresnia Bernadetta
    Tresnia Bernadetta says:

    Tuhan Tidak akan Memberikan sesuatu hal di luar kemampuan kita, Tuhan ijinkan Sebuah perkara datang kedalam Kehidupan kita karna Tuhan percaya kita sanggup dan Dia ingin Kita Terus Bertumbuh dalam Iman dan Pengharapan Kepada Dia, Aku Percaya Setiap pergumulan yang datang dalam kehidupan kita Itu adalah Sebuah Ujian untuk Meningkatkan Iman Kepercayaan Kita Kepada Dia 😇, Tuhan Itu baik, Dia luar biasa 😇🙏, semoga kita selalu di Berkati 🙏🙏

  3. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    Amin

  4. shanny
    shanny says:

    biarlah hati, pikiran dan jiwa tetap menyadari bahwa hidup memang selalu balance. ada senang pasti ada sedih. 😇🙏

  5. Petrus Subandi Aja
    Petrus Subandi Aja says:

    Amin…Puji Tuhan…tetap percayai rencangan Tuhan dalam hidup kita…karena rancangan Tuhan bukanlah rancangan kecelakaan…

  6. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    Amin ya tuhan terkdg bpk saya merasa sulit menjalani hdp tetapi saya percaya hanya kpdmu engkaulah bpk kekuatan kami engkau lah hrpan hdp kami yg ku perc seoenuhnya ya bpk halelulyah amin,,,ya bpk amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *