Dear Anak Muda: Kamu Perlu Istirahat!

Oleh Stacy Joy
Artikel asli dalam bahasa Inggris: When We Settle For Less Than Rest

Aku pernah merasa bersalah ketika jadwalku dalam sehari begitu sibuk. Bukan karena aku orang yang sungkan buat berkata “tidak”, tapi karena aku memang senang menikmati hari yang sibuk. Aku sudah berkeluarga, istri dari seorang hamba Tuhan, seorang penulis, kadang jadi pembicara, pemimpin kelompok PA dan ketua dari tim worship. Aku juga menjalankan usaha skala kecil sembari berusaha menjaga kehidupan rumah tanggaku seimbang. Dan… aku juga menempuh studi pascasarjana. Di tengah kesibukan itu, aku menjunjung gaya hidup sehat yang mencakup olahraga, tidur, dan berinvestasi waktu pada relasi dan komunitasku.

Tapi… menulis satu paragraf di atas saja rasanya membuatku ingin tidur siang. Banyak dari kita merasa familiar dengan kesibukan seperti yang kualami, atau bahkan lebih sibuk lagi. Cukup sulit menemukan waktu untuk mengurusi semuanya, apalagi menemukan waktu untuk istirahat teratur. Namun, aku menyadari ketika aku tidak menciptakan waktu untuk beristirahat, bukan hanya fokus dan kualitas pekerjaanku yang menurun, jiwaku pun benar-benar seperti kehabisan bahan bakar.

Kita sejatinya diciptakan untuk juga beristirahat. Istirahat itulah yang memungkinkan hidup damai dan puas.

“Hmm, iya juga sih. Tapi..” mungkin kamu punya sederet alasan di balik susahnya dirimu meluangkan waktu beristirahat. Kita perlu bertanya pada diri kita sendiri, “istirahat” seperti apa yang diri kita butuhkan?

Penting diingat bahwa istirahat itu tidak sekadar meluangkan waktu, tapi juga tentang cara melakukannya. Baru-baru ini suamiku, Andrew dan aku menyadari bahwa kami banyak menggunakan waktu luang kami untuk bermain HP, scroll terus media sosial, menonton, atau sesekali mengurusi pekerjaan.

Saat kami merenungkan kebiasaan itu, kami sadar bahwa selama ini kami telah mengupayakan istirahat yang salah. Bukannya istirahat supaya jadi lebih segar, kami malah membuang energi kami. Istirahat dengan cara yang salah ini bertentangan dengan apa yang Alkitab ajarkan (1 Petrus 5:8-14; 1 Korintus 16:14; Lukas 21:34-36). Istirahat sejati tidak ditemukan dalam menghentikan semua aktivitas atau kita tidak melakukan apa pun, melainkan ketika kita berhenti memfokuskan diri dari gangguan-gangguan yang ada dan kita menemukan kekuatan dengan tinggal bersama Kristus.

Di mana mendapat istirahat sejati?

Jadi, bagaimana kita sebagai orang-orang percaya bisa menemukan istirahat yang memulihkan? Alkitab banyak berbicara tentang beristirahat dan mengajak kita untuk pergi pada tempat di mana istirahat sejati ditemukan. Ada cara khusus, karena manusia juga diciptakan untuk beristirahat, yaitu di hadapan Pencipta kita.

Dalam Matius 11:28-29, kutemukan janji ini:

“Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah dari-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat kelegaan.”

Kalimat, “kelegaan kepadamu” terdengar begitu penuh harapan dan memberi hidup buatku. Aku mendapat kelegaan ketika aku datang ke hadirat Tuhan, meletakkan bebanku di hadapan-Nya lewat berdoa, menyembah, merenungkan Alkitab, dan membaca buku-buku rohani. Semua ini bukanlah aktivitas pasif, tetapi tindakan aktif untuk mengejar Kristus yang sanggup memberi kita kelegaan dan pembaharuan.

Menjadikan istirahat sebagai disiplin

Kita harus mengupayakan istirahat sebagai bagian dari disiplin rohani. Sebagai seorang ibu dari anak-anakku yang masih kecil, aku sering mendengar ibu-ibu lain bercerita kalau mereka tidak punya waktu untuk membaca Alkitab. Aku sedih mendengarnya. Kita semua bisa menemukan alasan—aku juga kadang melakukannya—tapi kenyataannya adalah kita semua sanggup meluangkan waktu untuk apa yang kita anggap penting dan berkata “tidak” pada apa yang kurang penting.

Contohnya, jika kita melihat olahraga itu penting, kita bisa menolak ajakan lain seperti sekadar nongkrong. Jika punya waktu berduaan dengan pasangan itu penting, kita akan menolak ajakan-ajakan lain. Ketika punya waktu pribadi bersama Tuhan itu kita anggap penting, kita punya alasan untuk menolak bermalas-malasan, pergi menonton, atau nongkrong dengan teman-teman.

Setelah kami sadar bahwa selama ini kami telah beristirahat dengan cara yang tidak tepat, aku dan suamiku membangun kebiasaan bangun jam lima pagi setiap hari untuk bersaat teduh, satu jam sebelum anak-anak bangun. Perubahan sederhana ini memberi kami hidup yang terasa lebih hidup. Ada perubahan sikap yang terjadi pada kami, mulai dari cara kami mengasuh anak hingga relasi kami berdua sebagai pasangan.

Apakah selalu menyenangkan? Tentu tidak.

Apakah aku ingin mematikan alarm dan menutup kepalaku dengan bantal? Hampir tiap hari.

Tapi, inilah arti disiplin. Kita mungkin harus memaksa diri kita dengan keras di awal-awal, tetapi jika kita konsisten, kita akan menjadikan aktivitas ini sebagai sesuatu yang kita rindu untuk lakukan karena menikmati waktu bersama Tuhan itulah yang jadi salah satu tujuan kita diciptakan. Waktu bersama Tuhan itu harus kita prioritaskan dan terkadang memang harus kita rencanakan.

Mengenali, memahami, dan melakukan istirahat sejati tidak berarti kita mengabaikan istirahat secara fisik karena keduanya tidak terpisahkan. Menghampiri hadirat Tuhan juga perlu dibarengi upaya aktif kita untuk menjadikan istirahat fisik sebagai kebutuhan, bukan pertanda kemalasan. Mengurangi waktu-waktu bermain gawai, mengonsumsi makanan sehat berimbang, berolahraga teratur, dan tidur cukup adalah bukit bahwa kita mengasihi diri sendiri dan menghargainya sebagai anugerah Tuhan.

Hidup tidak akan berubah jadi lebih lambat. Setiap musim membawa serta tantangan baru, sukacita baru, bahkan alasan stres yang baru. Jika kita tidak sungguh-sungguh, hidup akan berlalu begitu saja, musim akan berganti, dan tiba-tiba 10 tahun sudah berlalu dan kita lantas menemukan diri kita sangat lelah dan jauh dari Tuhan.

Kiranya kita menemukan kelegaan dan kepuasan sejati di dalam dekapan Pencipta kita seperti yang pemazmur katakan, ”Seperti rusa yang merindukan sungai yang berair, demikianlah jiwaku merindukan Engkau, ya Allah” (Mazmur 42:2).

Bagikan Konten Ini
8 replies

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *