Kawan dan Lawan

Minggu, 12 Maret 2023

Baca: Roma 12:17-21

12:17 Janganlah membalas kejahatan dengan kejahatan; lakukanlah apa yang baik bagi semua orang!

12:18 Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!

12:19 Saudara-saudaraku yang kekasih, janganlah kamu sendiri menuntut pembalasan, tetapi berilah tempat kepada murka Allah, sebab ada tertulis: Pembalasan itu adalah hak-Ku. Akulah yang akan menuntut pembalasan, firman Tuhan.

12:20 Tetapi, jika seterumu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum! Dengan berbuat demikian kamu menumpukkan bara api di atas kepalanya.

12:21 Janganlah kamu kalah terhadap kejahatan, tetapi kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan!

Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang! —Roma 12:18

Cendekiawan Kenneth E. Bailey bercerita tentang pemimpin sebuah negara Afrika yang berhasil mempertahankan suatu pendirian yang tidak lazim dimiliki suatu negara dalam komunitas internasional, yakni menjalin hubungan baik dengan Israel dan juga dengan negara-negara di sekitarnya. Saat orang bertanya bagaimana negaranya mempertahankan keseimbangan yang mudah retak tersebut, sang pemimpin menjawab, “Kami menentukan siapa kawan-kawan kami. Kami tidak membiarkan kawan-kawan kami menentukan siapa lawan kami.”

Sungguh sikap yang bijaksana—dan sangat praktis. Apa yang diteladani negara Afrika itu pada hubungan antarnegara itu sama dengan yang Paulus harapkan dari para pembacanya pada hubungan antarpribadi. Di tengah keterangan panjang mengenai ciri-ciri kehidupan yang diubahkan oleh Kristus, sang rasul menulis, “Sedapat-dapatnya, kalau hal itu bergantung padamu, hiduplah dalam perdamaian dengan semua orang!” (Rm. 12:18). Ia lalu menekankan pentingnya memperhatikan sikap kita terhadap orang lain, dengan mengingatkan bahwa cara kita memperlakukan musuh kita (ay.20-21) sesungguhnya mencerminkan kepercayaan dan ketergantungan kita kepada Allah dan kepedulian-Nya atas kita.

Hidup dalam perdamaian dengan semua orang mungkin tidak selalu terwujud (ingatlah Paulus sendiri mengatakan “sedapat-dapatnya”). Namun, sebagai orang percaya, kita bertanggung jawab untuk membiarkan hikmat Allah membimbing kehidupan kita (Yak. 3:17-18) supaya kita dapat berelasi dengan orang-orang di sekitar kita sebagai pembawa damai (Mat. 5:9). Itulah cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk menghormati Dia, Sang Raja Damai. —Bill Crowder

WAWASAN
Tampaknya agak aneh bahwa Paulus meminta pembacanya untuk melakukan “apa yang baik bagi semua orang” (Roma 12:17), terutama karena “semua orang” termasuk orang-orang yang belum percaya (ay.14,20). Paulus meneladan pengajaran Yesus, yang mendorong kita untuk memperlakukan semua orang dengan baik, bagaimanapun cara mereka memperlakukan kita (Matius 5:39,44).

Namun, menurut Paulus, kita perlu mempertimbangkan tindakan kita baik-baik (“Pikirkanlah apa yang baik”, versi AYT), agar kita tidak merendahkan integritas dan keindahan Injil. Melalui surat-suratnya, Paulus meminta orang percaya untuk hidup benar di hadapan dunia yang tidak mengenal Allah. Dengan demikian, perubahan hidup para pengikut-Nya dapat menjadi saksi bagi nama-Nya (2 Korintus 8:21; 1 Timotius 3:7).

Mungkin tidak wajar rasanya untuk membalas kejahatan dengan kebaikan, tetapi dengan berbuat demikian, kita mengikuti jejak Yesus sendiri, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai ganti kita, ketika kita masih menjadi musuh-Nya (Roma 5:8). —Jed Ostoich

Kawan dan Lawan

Dalam keadaan apa kamu merasa sulit untuk hidup dalam perdamaian? Mengingat panggilan kita sebagai pembawa damai, bagaimana cara kamu menghadirkan kasih ke dalam suatu konflik?

Bapa Mahakasih, aku pernah menjadi lawan-Mu, tetapi Engkau tetap menyebutku sahabat-Mu. Mampukanlah aku menjadi pendamai, agar aku dapat menunjukkan kasih karunia-Mu itu kepada sesamaku.

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 17-19; Markus 13:1-20

Bagikan Konten Ini
34 replies
  1. Cindy Christ Herviani
    Cindy Christ Herviani says:

    kiranya firman di hari ini selalu mengajarkan kita untuk berbuat baik bahkan kepada musuh kita sekalipun.. Tuhan Yesus memberkati… amin..

  2. Rifa Idol Siregar
    Rifa Idol Siregar says:

    thanks Jesus, segalanya kau berikan bagiku walaupun aku masih banyak pelanggran 🥹

  3. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    amin

  4. rico art
    rico art says:

    Bapa Surgawi, terima Kasih untuk semua anugerah-Mu dalam kehidupan kami. Terima kasih untuk kasihMu yang tanpa batas bagi kami, keluarga kami dan orang orang di sekitar kami. Terima Kasih menjadikan kamo sebagai alasan Engkau memberkati lingkungan kami, pekerjaan kami dan komunitas kami.

    Kuduskan lidah, mulut dan bibir kami sehingga hanya kata kata berkat dan Firman-Mu saja yang bisa kami katakan. Kuduskan mata kami sehingga hanya hal hal yang daripadaMu saja yang kami lihat, untuk pertumbuhan iman kami. Kuduakan telinga kami sehingga hanya kebenaranMu yang kami dengar dan perdengarkan. Berkatilah kami, pasangan hidup kami, anak-anak kami, semua keluarga kami, rumah kami, pekerjaan kami serta teman-teman kami.

    Jadikanlah kami perpanjangan hati dan tanganMU.

    Terima Kasih Bapa untuk semuanya.
    Dalam nama Tuhan Yesus kami berdoa dan mengucap syukur.
    Amin

  5. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    Amin ya bpk trimksh untk kebnr firmanmu yg engkau tabur dlm hdpku beri kami kempuaa untk menjadi berkat bagi org yg blm dan perc kpdmu dan ia boleh mendapat damaisi yg kau ber bagi semua org yg perc ke pdmu ya bpk amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *