Hilang, Ditemukan, Bersukacita 

Senin, 23 Januari 2023

Baca: Lukas 15:1-10

15:1 Para pemungut cukai dan orang-orang berdosa biasanya datang kepada Yesus untuk mendengarkan Dia.

15:2 Maka bersungut-sungutlah orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat, katanya: “Ia menerima orang-orang berdosa dan makan bersama-sama dengan mereka.”

15:3 Lalu Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka:

15:4 “Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

15:5 Dan kalau ia telah menemukannya, ia meletakkannya di atas bahunya dengan gembira,

15:6 dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan.

15:7 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita di sorga karena satu orang berdosa yang bertobat, lebih dari pada sukacita karena sembilan puluh sembilan orang benar yang tidak memerlukan pertobatan.”

15:8 “Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?

15:9 Dan kalau ia telah menemukannya, ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dirhamku yang hilang itu telah kutemukan.

15:10 Aku berkata kepadamu: Demikian juga akan ada sukacita pada malaikat-malaikat Allah karena satu orang berdosa yang bertobat.”

Bersukacitalah bersama-sama dengan aku, sebab dombaku yang hilang itu telah kutemukan. [ ] —Lukas 15:6

“Mereka menjuluki saya ‘si penemu cincin’. Tahun ini saja saya sudah menemukan 167 buah cincin yang hilang.”

Saat berjalan-jalan di pantai bersama istri saya, kami mengobrol dengan seorang pria tua yang menggunakan detektor logam untuk memindai area itu. “Kadang-kadang ada nama yang terukir pada cincin-cincin tersebut,” ia menjelaskan, “dan saya senang melihat ekspresi para pemiliknya saat saya mengembalikan cincin mereka. Saya mengumumkannya secara daring dan mengecek apakah ada orang yang menghubungi bagian Kehilangan. Ada cincin yang bahkan sudah hilang bertahun-tahun.” Ketika kami berkata bahwa kami juga senang mencari-cari dengan menggunakan detektor logam tetapi jarang melakukannya, ia berujar, “Kalian tidak akan tahu jika tidak dilakukan!”

Aksi “mencari dan menyelamatkan” juga kita temukan dalam Lukas 15. Yesus dikecam karena mempedulikan orang-orang yang jauh dari Allah (ay.1-2). Dia menjawab dengan menceritakan tiga kisah tentang sesuatu yang hilang lalu ditemukan—seekor domba, sekeping dirham, dan seorang anak. Orang yang menemukan domba yang hilang “meletakkannya di atas bahunya dengan gembira, dan setibanya di rumah ia memanggil sahabat-sahabat dan tetangga-tetangganya serta berkata kepada mereka: Bersukacitalah bersama-sama dengan aku” (ay.5-6). Maksud semua kisah itu adalah tentang menemukan orang yang terhilang bagi Kristus, dan sukacita yang dialami ketika mereka ditemukan.

Yesus datang “untuk mencari dan menyelamatkan yang hilang” (19:10), dan Dia memanggil kita untuk mengikut Dia dalam mengasihi dan membawa orang lain kembali kepada Allah (lihat Mat. 28:19). Sukacita dari melihat seseorang berpaling kepada-Nya menanti kita. Kita takkan pernah tahu jika kita tidak pergi dan melakukannya. —JAMES BANKS

WAWASAN
Pemungut cukai dianggap mengkhianati bangsa mereka sendiri karena bekerja sama dengan pemerintah Romawi. Banyak pemungut cukai menyalahgunakan peranan mereka dengan mengutip uang cukai lebih banyak daripada seharusnya dan menyimpan kelebihannya untuk diri mereka sendiri (Lukas 3:12-13). Para ahli Alkitab tidak yakin alasan khusus apa yang membuat orang dicap “berdosa” (15:1), tetapi orang-orang itu pun dikucilkan dari kehidupan beragama.

Lukas menggambarkan orang-orang yang dikucilkan dari agama dan kehidupan sosial itu dengan simpatik. Para pemungut cukai menghampiri Yohanes Pembaptis dengan kerinduan untuk mengetahui bagaimana caranya bertobat (3:12). Yesus memanggil pemungut cukai bernama Lewi untuk mengikut-Nya, dan Lewi segera melakukannya, lalu mengadakan perjamuan besar untuk Yesus (5:27-30). Seorang perempuan yang digambarkan orang Farisi sebagai seorang berdosa (7:39) dipuji oleh Kristus karena imannya (ay.50). Lukas berpendapat bahwa mereka yang menyadari keberdosaan mereka merupakan kalangan yang paling siap mendengarkan dan mengikut Yesus (5:31-32; 15:1). —Monica La Rose

Hilang, Ditemukan, Bersukacita 

Sukacita apa yang kamu alami ketika seseorang kembali kepada Allah? Bagaimana kamu dapat memperkenalkan orang lain kepada kasih Yesus hari ini?

Tuhan Yesus, terima kasih, Engkau telah menemukan dan mengasihiku! Dalam sukacita-Mu, utuslah aku kepada seseorang yang membutuhkan-Mu hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 7-8; Matius 15:1-20

Bagikan Konten Ini
39 replies
  1. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    Amin ajar kami untk dpt pi bagi iorg yg blm perc kpdmu bpk untk perc dan menerima engkau sebagai juru slamat yg hdp amin

  2. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerah kan segala rencana kehidupan kami kedalam TanganMu saja ya Tuhan biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah NamaMu kekal selamanya, amin

  3. shanny
    shanny says:

    sangat bersukacita karena mereka kembali kepada Pemiliknya Yang Agung. sama seperti ketika saya mengaku dosa dan bisa menjalani kehidupan lagi di hari berikutnya. yang saya maknai dengan waktu yang diberikan oleh Allah untuk saya bertobat.

    cara saya menyampaikan kasih Kristus kepada orang lain dengan menyaksikannya melalui kehidupan saya sehari-hari.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *