Bekerja dengan Kasih

Minggu, 4 Desember 2022

Baca: Kolose 3 : 23 – 24

3:23 Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia.

3:24 Kamu tahu, bahwa dari Tuhanlah kamu akan menerima bagian yang ditentukan bagimu sebagai upah. Kristus adalah tuan dan kamu hamba-Nya.

Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia. [ ] —Kolose 3:23

Dr. Rebecca Lee Crumpler adalah perempuan Afrika-Amerika pertama yang berhasil memperoleh gelar dokter. Namun, selama hidupnya (1831–95) ia sering sekali “diabaikan, diremehkan, dan dianggap tidak penting”. Meski demikian, ia tetap setia mengobati sesama dan menggenapi tujuan hidupnya. Meski ada orang yang menilainya hanya berdasarkan ras dan jenis kelamin, Crumpler berkata bahwa ia selalu “bersemangat dan siap memenuhi tugas kapan dan di mana saja diperlukan”. Itulah juga yang selalu dikerjakannya. Ia meyakini, dengan merawat wanita dan anak-anak, serta mengobati para budak yang sudah dimerdekakan, ia sedang melayani Allah. Sayangnya, semua pencapaiannya baru dihargai setelah hampir satu abad kemudian. 

Adakalanya kita diabaikan, diremehkan, atau tidak dihargai oleh orang-orang di sekitar kita. Namun, hikmat Alkitab mengingatkan kita bahwa ketika Allah memanggil kita untuk melakukan sebuah tugas, kita tidak perlu memikirkan bagaimana kita akan diterima dan diakui dunia, melainkan kita patut bekerja “dengan segenap hati [kita] seperti untuk Tuhan” (Kol. 3:23). Ketika fokus kita adalah untuk melayani Allah, kita dapat menyelesaikan tugas yang paling sulit sekalipun dengan semangat dan sukacita dalam kuasa dan pimpinan-Nya. Dengan demikian, kita tidak lagi terlalu memikirkan apakah kita akan menerima pengakuan dunia, dan sebaliknya, menjadi semakin rindu untuk menerima upah yang semata-mata datang dari Allah (ay.24). —Kimya Loder

WAWASAN
Instruksi Paulus untuk bekerja “dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia” (Kolose 3:23) mengalir dari kebenaran dasar bahwa di dalam Yesus “tiada lagi orang Yunani atau orang Yahudi, orang bersunat atau orang tak bersunat, orang Barbar atau orang Skit, budak atau orang merdeka, tetapi Kristus adalah semua dan di dalam segala sesuatu” (ay.11). Banyak pemikir, seperti Aristoteles, berpendapat bahwa pengabdian yang kita berikan kepada pihak berwenang atau penguasa itu didasarkan pada keunggulan yang secara inheren terdapat pada diri mereka yang berkuasa. Sebaliknya, Paulus berkata bahwa meskipun hierarki sosial mungkin akan terus ada sampai kedatangan Yesus kembali, semua orang percaya mempunyai harkat dan nilai yang setara di bawah Kristus (ay.11-12). Ketika kita melakukan pekerjaan dengan hati yang melayani Yesus, Tuhan yang sesungguhnya dari para penguasa maupun hamba (4:1), pelayanan kita memiliki nilai dan maksud yang mulia. —Monica La Rose

Bekerja dengan Kasih

Kapan kamu pernah merasa bahwa kebaikan yang kamu lakukan telah diabaikan? Bagaimana cara kamu mendahulukan Allah dalam kegiatan yang kamu lakukan?

Bapa Surgawi, terima kasih, Engkau telah memanggilku untuk melakukan hal-hal yang baik untuk-Mu. Tolonglah aku agar dapat berfokus pada pekerjaan yang Engkau tugaskan bagiku.

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 47 – 48; 1 Yohanes 3

Bagikan Konten Ini
33 replies
  1. Feodora Judith
    Feodora Judith says:

    Bapa Surgawi, terima kasih, Engkau telah memanggilku untuk melakukan hal-hal yang baik untuk-Mu. Tolonglah aku agar dapat berfokus pada pekerjaan yang Engkau tugaskan bagiku.
    🙏

  2. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang ada di sorga
    Dikuduskanlah namaMu
    Datanglah kerajaanMu
    Jadilah kehendakMu
    Di bumi seperti di sorga
    Berikanlah kami pada hari ini
    Makanan kami yang secukupnya
    Ampunilah kami akan kesalahan kami,
    Seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami
    Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan
    Tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat
    Karena Engkaulah yang empunya kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    Sampai selama-lamanya.
    amin

  3. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    Amin bpk beri kami kemampuan untk bisa melayani sesama bukan untk org tapi untk engkau ya bpk amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *