Saling Membutuhkan

Kamis, 22 September 2022

Baca: Roma 16:3-16

16:3 Sampaikan salam kepada Priskila dan Akwila, teman-teman sekerjaku dalam Kristus Yesus.

16:4 Mereka telah mempertaruhkan nyawanya untuk hidupku. Kepada mereka bukan aku saja yang berterima kasih, tetapi juga semua jemaat bukan Yahudi.

16:5 Salam juga kepada jemaat di rumah mereka. Salam kepada Epenetus, saudara yang kukasihi, yang adalah buah pertama dari daerah Asia untuk Kristus.

16:6 Salam kepada Maria, yang telah bekerja keras untuk kamu.

16:7 Salam kepada Andronikus dan Yunias, saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku, yaitu orang-orang yang terpandang di antara para rasul dan yang telah menjadi Kristen sebelum aku.

16:8 Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan.

16:9 Salam kepada Urbanus, teman sekerja kami dalam Kristus, dan salam kepada Stakhis, yang kukasihi.

16:10 Salam kepada Apeles, yang telah tahan uji dalam Kristus. Salam kepada mereka, yang termasuk isi rumah Aristobulus.

16:11 Salam kepada Herodion, temanku sebangsa. Salam kepada mereka yang termasuk isi rumah Narkisus, yang ada dalam Tuhan.

16:12 Salam kepada Trifena dan Trifosa, yang bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan. Salam kepada Persis, yang kukasihi, yang telah bekerja membanting tulang dalam pelayanan Tuhan.

16:13 Salam kepada Rufus, orang pilihan dalam Tuhan, dan salam kepada ibunya, yang bagiku adalah juga ibu.

16:14 Salam kepada Asinkritus, Flegon, Hermes, Patrobas, Hermas dan saudara-saudara yang bersama-sama dengan mereka.

16:15 Salam kepada Filologus, dan Yulia, Nereus dan saudaranya perempuan, dan Olimpas, dan juga kepada segala orang kudus yang bersama-sama dengan mereka.

16:16 Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus.

Bersalam-salamlah kamu dengan cium kudus. Salam kepada kamu dari semua jemaat Kristus. —Roma 16:16

Dave Kindred adalah jurnalis olahraga yang telah meliput ratusan acara olahraga dan kejuaraan bergengsi. Ia bahkan menulis riwayat hidup Muhammad Ali. Setelah pensiun, ia merasa bosan dan mulai menghadiri pertandingan basket anak perempuan di sebuah sekolah di kotanya. Tak lama kemudian ia mulai meliput setiap pertandingan dan mengunggahnya secara daring. Ketika ibu dan cucu lelakinya meninggal dunia, kemudian istrinya terkena stroke, Dave menyadari bahwa tim basket yang diliputnya itu telah memberinya rasa kebersamaan dan arti hidup. Dave dan tim basket itu saling membutuhkan. Dave berkata, “Tim ini menyelamatkanku. Hidupku berubah menjadi gelap . . . [dan[ mereka hadir membawa terang.”

Bagaimana seorang jurnalis terkenal dapat merasa begitu bergantung pada sekelompok remaja? Sama seperti seorang rasul besar bergantung pada persekutuan dari orang-orang yang ia temui sepanjang perjalanan misinya. Apakah kamu memperhatikan semua orang yang Paulus sebutkan ketika ia menutup suratnya? (Rm. 16:3-15). “Salam kepada Andronikus dan Yunias,” tulisnya, “saudara-saudaraku sebangsa, yang pernah dipenjarakan bersama-sama dengan aku” (ay.7). “Salam kepada Ampliatus yang kukasihi dalam Tuhan” (ay.8). Paulus menyebutkan lebih dari dua puluh lima nama dalam bagian itu, dan kebanyakan di antaranya tidak pernah disebutkan lagi dalam Kitab Suci. Namun, Paulus membutuhkan mereka.

Siapa saja yang ada dalam komunitas kamu? Tempat terbaik untuk memulai adalah di gereja kamu. Adakah seseorang dalam komunitas tersebut yang sedang bergumul dengan hidupnya? Dengan pimpinan Allah, kamu dapat menjadi terang yang membawa mereka kepada Yesus. Suatu hari kelak mereka mungkin akan membalas kebaikan kamu. —Mike Wittmer

WAWASAN
Paulus memahami bahwa kekuatan dan efektivitas pelayanannya adalah hasil usaha banyak rekan sepelayanannya yang telah bekerja bersama dan mendukungnya. Mengakhiri suratnya kepada jemaat di Roma (pasal 16), Paulus secara khusus menyebutkan beberapa orang yang tanpa lelah melayani dirinya dan bersamanya. Banyaknya nama perempuan dalam daftar itu membuktikan peranan penting mereka dalam gereja mula-mula. Paulus menunjukkan apresiasinya kepada lebih dari delapan puluh rekannya (lihat Kolose 4:7-18; 2 Timotius 1:15-18; Titus 3:12-14), dan itu menolong kita untuk melihat hatinya sebagai gembala. —K.T. Sim

Saling Membutuhkan

Siapa saja orang yang kamu tahu dapat diandalkan? Mintalah kepada Allah untuk memberi kamu teman-teman yang dapat dipercaya. Bagaimana kamu dapat menjadi teman seperti itu?

Ya Bapa, aku bersyukur untuk Yesus, sahabat sejatiku! Kiranya aku dapat menjadi sahabat seperti Yesus bagi orang lain.

Bacaan Alkitab Setahun: Pengkhotbah 10-12; Galatia 1

Bagikan Konten Ini
46 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang Terkena bencana, kami menyerah kan. segala rencana kehidupan kami kedalam tanganMu saja ya Tuhan biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah nama Mu kekal selamanya, amin

  2. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    amin saya bersykr karna saya mamiliki allah yg dpt diandalkan dia dasyat dan ajaib saya mau memiliki pribadi sepertimu ya bpk yg dpt menjadi berkat bagi setiap anak yg blm mengenalmu mau pun yg sdh mengenalmu yg lebih dlm amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *