Dia Tahu

Jumat, 6 Mei 2022

Baca: Mazmur 139:1-5

139:1 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku;

139:2 Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh.

139:3 Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.

139:4 Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN.

139:5 Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku.

 

Tuhan, Engkau menyelidiki dan mengenal aku. —Mazmur 139:1

Lea akan berangkat bekerja sebagai perawat di Taiwan. Dengan bekerja di sana, ia dapat memenuhi kebutuhan keluarganya dengan lebih baik daripada di kota Manila yang sangat terbatas dalam menawarkan kesempatan kerja. Pada malam sebelum keberangkatannya, ia berpesan kepada saudara perempuannya yang akan mengasuh putrinya yang baru berusia lima tahun. “Ia mau minum vitamin asal diberi sesendok selai kacang,” ujar Lea. “Dan jangan lupa, ia pemalu, pelan-pelan ia pasti mau bermain bersama sepupu-sepupunya. Ia juga takut gelap . . .”

Keesokan harinya, sambil memandang ke luar jendela pesawat, Lea berdoa: Tuhan, tak ada yang mengenal putriku melebihi aku. Aku tidak bisa menemaninya sekarang, tetapi Engkau bisa.

Kita mengenal orang-orang yang kita kasihi dan mengetahui semua hal kecil tentang mereka karena mereka berharga bagi kita. Ketika kita tidak dapat bersama mereka karena berbagai hal, kita sering merasa cemas. Karena tidak ada yang mengenal mereka sebaik kita, kita takut mereka akan kenapa-kenapa.

Dalam Mazmur 139, Daud mengingatkan bahwa Allah mengenal kita lebih dekat daripada siapa pun. Dengan cara yang sama, Dia juga mengenal orang-orang yang kita kasihi secara intim (ay.1-4). Dialah Pencipta mereka (ay.13-15), jadi Dia mengerti segala kebutuhan mereka. Dia tahu apa yang akan terjadi di setiap hari dalam kehidupan mereka (ay.16). Dia menyertai mereka dan tidak akan pernah meninggalkan mereka (ay.5,7-10).

Ketika kamu mencemaskan keadaan seseorang, percayakanlah dirinya kepada Allah, karena Dialah yang paling mengenal dan mengasihinya. —Karen Huang

WAWASAN
Mazmur 139 biasanya dikenal karena penggambarannya mengenai keagungan Allah, tetapi ada sedikit ironi dalam ayat-ayat terakhirnya: “Selidikilah aku, ya Allah, dan kenallah hatiku, ujilah aku dan kenallah pikiran-pikiranku; lihatlah, apakah jalanku serong, dan tuntunlah aku di jalan yang kekal” (ay.23-24). Dalam sebuah kidung yang sebagian isinya mensyukuri sifat Allah yang mahatahu, sungguh suatu ironi ketika Daud meminta Allah untuk menyelidiki hatinya setelah mengakui bahwa Dia telah menyelidiki dan mengenalnya di ayat 1. Di ayat 3 ia juga berkata, “Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi.” Di sini pesan kuncinya bukanlah mengenai kemampuan Allah untuk mengetahui, melainkan kerelaan sang pemazmur untuk terbuka sepenuhnya di hadapan Dia yang mahatahu. —Bill Crowder

Dia Tahu
 

Siapa yang dapat kamu percayakan ke dalam pemeliharaan Allah? Bagaimana kamu dapat menunjukkan kepercayaanmu kepada Allah dalam hal ini?

Bapa di surga, meski aku tidak selalu bisa bersama orang-orang yang kukasihi, aku percayakan mereka ke dalam tangan-Mu yang penuh kasih, karena Engkaulah yang paling mengenal dan mengasihi mereka.

Bacaan Alkitab Setahun: 1 Raja-Raja 21-22; Lukas 23:26-56

Bagikan Konten Ini
39 replies
  1. Dina Tamara
    Dina Tamara says:

    Hanya engkau pribadi yang mengenal hatiku tiada yang tersembunyi dari Mu seluruh isi hatiku Kau tau.
    Bantu aku Tuhan untuk me mengnalMu lebih lagi🙏

  2. rico art
    rico art says:

    Terima kasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana , kami menyerah kan segala rencana kehidupan kami kedalam tanganMu saja ya Tuhan, biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah NamaMu kekal selamanya,
    amin

  3. SOESILO
    SOESILO says:

    Tuhan, engkau maha tahu, maha kuasa. hadir dimana mana. Ajar ku mengerti : I was nothing, before you found me…. you have given life to me..

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *