Keajaiban Penciptaan

Jumat, 4 Februari 2022

Baca: Kejadian 1:9-13

1:9 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah segala air yang di bawah langit berkumpul pada satu tempat, sehingga kelihatan yang kering.” Dan jadilah demikian.

1:10 Lalu Allah menamai yang kering itu darat, dan kumpulan air itu dinamai-Nya laut. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:11 Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji, supaya ada tumbuh-tumbuhan di bumi.” Dan jadilah demikian.

1:12 Tanah itu menumbuhkan tunas-tunas muda, segala jenis tumbuh-tumbuhan yang berbiji dan segala jenis pohon-pohonan yang menghasilkan buah yang berbiji. Allah melihat bahwa semuanya itu baik.

1:13 Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari ketiga.

Berfirmanlah Allah: “Hendaklah tanah menumbuhkan tunas-tunas muda, tumbuh-tumbuhan yang berbiji, segala jenis pohon buah-buahan yang menghasilkan buah yang berbiji.” —Kejadian 1:11

Ketika menjelajahi Root Glacier di Alaska, Tim menemukan sesuatu yang belum pernah ia lihat sebelumnya. Meski bekerja sebagai peneliti gletser, ia tidak mengenali bola-bola lumut yang memenuhi permukaan gletser. Setelah mempelajari bola-bola berwarna terang itu selama bertahun-tahun, Tim dan rekan-rekannya menemukan fakta bahwa, tidak seperti lumut di pohon, “tikus-tikus gletser” itu tidak menempel pada permukaan dan—yang lebih mengejutkan lagi—bergerak serempak, seperti sekawanan hewan. Awalnya, Tim dan rekan-rekan mengira lumut-lumut itu tertiup angin atau berguling-guling dari atas, tetapi setelah diteliti, mereka menepiskan dugaan tersebut.

Mereka belum menemukan bagaimana tepatnya cara bola-bola lumut itu bergerak. Misteri semacam ini menegaskan betapa hebatnya kreativitas Allah. Dalam karya penciptaan-Nya, Allah berfirman agar tanah “menumbuhkan tunas-tunas muda” dalam bentuk tumbuhan dan pohon (Kej. 1:11). Tikus gletser juga masuk dalam rancangan-Nya, meski sebagian besar dari kita tidak akan melihatnya secara langsung kecuali kita mengunjungi gletser yang merupakan habitat yang tepat bagi lumut-lumut itu.

Tikus gletser yang hijau berbulu itu telah mempesona para ilmuwan sejak penemuannya pada tahun 1950-an. Ketika Allah mengamati tumbuh-tumbuhan yang diciptakan-Nya, Dia menyatakan “semuanya itu baik” (ay.12). Kita dikelilingi rancangan botani Allah, dengan masing-masing menunjukkan kuasa penciptaan Allah yang kreatif, dan mengundang kita untuk menyembah-Nya. Kita dapat bersukacita atas setiap pohon dan tumbuhan yang Dia ciptakan, karena semuanya itu baik! —Kirsten Holmberg 

WAWASAN
Meski kata Tritunggal tidak pernah muncul dalam halaman-halaman Kitab Suci, gagasannya digambarkan berulang kali, dimulai dengan cara Alkitab menggambarkan peristiwa penciptaan. Dalam Kejadian 1, kita melihat Allah bekerja di dalam ciptaan (ay.1) dan Roh Allah “melayang-layang” (ay.2) di atas ciptaan. Dalam Perjanjian Baru, kita melihat Yesus, Pribadi kedua dalam Tritunggal, ikut berperan dalam penciptaan. Yohanes 1:3 menyatakan, “Segala sesuatu dijadikan oleh Dia dan tanpa Dia tidak ada suatupun yang telah jadi dari segala yang telah dijadikan.” Paulus menambahkan di Kolose 1:16, “Karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.” Hubungan kerja sama yang harmonis dari ketiga Pribadi Tritunggal memberikan kepada kita contoh terbaik dari kesatuan hati dan tujuan. —Bill Crowder.

Keajaiban Penciptaan

Pernahkah kamu merasa bahagia melihat ciptaan Allah? Aspek apa dari karya penciptaan-Nya yang paling mendorong kamu untuk menyembah-Nya?

Ya Allah, terima kasih untuk keajaiban karya penciptaan-Mu dan hak istimewa untuk belajar tentang Engkau lebih lagi melalui semua itu.

Bacaan Alkitab Setahun: Keluaran 34-35; Matius 22:23-46

Bagikan Konten Ini
51 replies
Newer Comments »
  1. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerahkan segala rencana kehidupan kami kedalam Tanganmu saja ya Tuhan, biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah namaMu kekal selamanya, amin

  2. Samsarif
    Samsarif says:

    Tuhan baik,jadikan lah aku rendah hati dan mempunyai hidup yang baru,sehingga anak mu ini bisa menikmati kuasa dan keajaiban mu yang luar biasa Tuhan..

  3. Sandra Ria
    Sandra Ria says:

    Aminnn, terima kasih atas Renungan firman hari ini, Tuhan Yesus Memberkati kita semua Aminnn 😇🙏✨

  4. Yosafat
    Yosafat says:

    Semua baik, Terpujilah Tuhan yang mencipta dan kiranya kita dapat mengembalikan kemuliaan itu kepada Allah Sang Pencipta

Newer Comments »

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *