Diterima dan Diakui

Rabu, 17 November 2021

Baca: Yesaya 43:1-4

43:1 Tetapi sekarang, beginilah firman TUHAN yang menciptakan engkau, hai Yakub, yang membentuk engkau, hai Israel: “Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

43:2 Apabila engkau menyeberang melalui air, Aku akan menyertai engkau, atau melalui sungai-sungai, engkau tidak akan dihanyutkan; apabila engkau berjalan melalui api, engkau tidak akan dihanguskan, dan nyala api tidak akan membakar engkau.

43:3 Sebab Akulah TUHAN, Allahmu, Yang Mahakudus, Allah Israel, Juruselamatmu. Aku menebus engkau dengan Mesir, dan memberikan Etiopia dan Syeba sebagai gantimu.

43:4 Oleh karena engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau, maka Aku memberikan manusia sebagai gantimu, dan bangsa-bangsa sebagai ganti nyawamu.

 

Engkau berharga di mata-Ku dan mulia, dan Aku ini mengasihi engkau. —Yesaya 43:4

Ketika masih kecil, Tenny pernah merasa tidak percaya diri. Ia mencari pengakuan dari ayahnya, tetapi tidak pernah menerimanya. Rasanya apa pun yang ia lakukan, baik di sekolah maupun di rumah, selalu ada yang kurang. Bahkan setelah ia dewasa, ketidakpercayaan diri itu terus ada. Ia kerap kali bertanya-tanya, sudah cukup baikkah aku?

Baru setelah menerima Yesus Kristus sebagai Juruselamat, Tenny menemukan rasa aman dan pengakuan yang didambakannya sejak lama. Ia menyadari bahwa Allah—yang telah menciptakannya—mengasihi dan menerima dirinya sebagai anak-Nya. Akhirnya Tenny dapat hidup dengan keyakinan bahwa ia sungguh berharga dan diakui.

Dalam Yesaya 43:1-4, Allah berkata kepada umat pilihan-Nya, bahwa sebagai pencipta mereka, Dia akan menggunakan kuasa dan kasih-Nya untuk menebus mereka. “Engkau berharga di mata-Ku dan mulia,” seru-Nya. Dia akan bertindak untuk mereka karena Dia mengasihi mereka (ay.4).

Penghargaan yang diberikan Allah kepada kita, umat kesayangan-Nya, tidaklah didasarkan pada apa pun yang kita lakukan, melainkan semata-mata karena pilihan-Nya sendiri. Inilah kebenaran yang sederhana tetapi luar biasa.

Kata-kata dalam Yesaya 43 tersebut tidak hanya memberi Tenny kepastian yang besar, tetapi juga menguatkannya dengan kepercayaan diri untuk melakukan yang terbaik bagi Allah dalam tugas apa pun yang dipercayakan kepadanya. Saat ini, sebagai seorang pendeta, ia berusaha sekuat tenaga menguatkan orang lain dengan kebenaran yang menghidupkan ini: kita diterima dan diakui oleh Tuhan Yesus Kristus. Kiranya hari ini kita menghidupi kebenaran tersebut dengan penuh keyakinan. —LESLIE KOH

WAWASAN
Dilatari ancaman serangan Asyur (Yesaya 7:18-25; 10:5-6) dan kehancuran serta pembuangan ke Babel (39:6-7), Allah memperingatkan bangsa Yehuda bahwa sebagai bangsa pilihan-Nya, mereka memiliki hubungan khusus dengan-Nya (43:1). Dia juga meneguhkan mereka mengenai kasih dan perlindungan-Nya dengan menyatakan tentang siapa diri-Nya (ay. 1-7). Karena besar kasih Allah, sang Pencipta dan Penebus (ay. 1), Pelindung (ay. 2), dan Juruselamat (ay. 3) mereka, mereka tidak perlu takut kepada orang Asyur maupun Babel (ay. 4-5). Dengan menyebut Allah sebagai “Yang Mahakudus, Allah Israel” (ay. 3), sebutan Yesaya untuk Allah (lihat 1:4; 10:20; 12:6; 30:12; 60:14), Yesaya memuja kekudusan Allah (lihat 6:3). Meski umat Allah tetap tidak setia dan tidak mau bertobat (43:22-24), dalam belas kasihan-Nya, Allah telah merancangkan pengampunan dosa mereka (ay. 25). Meski telah diampuni, mereka tetap didisiplinkan melalui pembuangan ke Babel (ay. 28). —K. T. Sim

Diterima dan Diakui
 

Menurut kamu, bagaimana Allah memandang kamu? Apa kata Yohanes 1:12 tentang hubungan kamu dengan-Nya? Penghiburan apa yang kamu peroleh setelah mengetahui kebenaran tersebut? 

Bapa surgawi, aku tahu Engkau mengasihiku, menerimaku, dan menghargaiku. Terima kasih karena Engkau telah mengangkatku menjadi anak-Mu dan mengasihiku tanpa syarat. 

Bacaan Alkitab Setahun: Yehezkiel 5–7; Ibrani 12

Bagikan Konten Ini
42 replies
  1. Kristina Buulolo
    Kristina Buulolo says:

    Sungguh luar biasa Kasih-Mu Tuhan. Engkau menghadirkan terang oleh firman-Mu mengubahku. Firman-Mu hari ini akan menjadi kemuliaan dan kebesaran nama-Mu di bumi dan disurga. Terima kasih Yesus, Engkau Jalan Keselamatanku.

  2. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, terpujilah Namamu kekal selamanya, amin

  3. Sindhu
    Sindhu says:

    Amin. Besar kasih setia Tuhan pd qta, membuat qta memiliki rasa takut & hormat kepadaNya. Tq God. I love You so much

  4. Katsilingkat kogoya
    Katsilingkat kogoya says:

    Tuhan Sangat baik apa yang kita mintakan atau rencanakan Lewat doa Tuhan pasti berkati kita

  5. dinda Purba
    dinda Purba says:

    Meskipun tidak di akui di bumi , tapi aku percaya Surga mengakui ku sebagai anak Allah yang berkuasa 🙂 trimakasih Tuhan .

Bagikan Komentar Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *