Pengertian dari Roh Kudus

Minggu, 17 Oktober 2021

Baca: Yohanes 16:12-15

16:12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya.

16:13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang.

16:14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.

16:15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku.”

Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran. —Yohanes 16:13

Ketika seorang tentara Prancis membuat galian di padang gurun untuk memperkuat pertahanan kamp pasukannya, ia sama sekali tidak mengira bakal menemukan sebuah benda yang sangat penting. Ia melihat sebuah batu saat menggali pasir dengan sekop. Ternyata, itu bukan batu biasa. Itulah Batu Rosetta, sebuah prasasti yang memuat hukum dan maklumat Raja Ptolemaios V yang tertulis dalam tiga bahasa. Prasasti tersebut, yang sekarang disimpan di British Museum, menjadi salah satu temuan purbakala terpenting pada abad ke-19. Temuan ini membantu memecahkan misteri tulisan kuno Mesir yang dikenal dengan nama hieroglif.

Bagi banyak dari kita, sebagian besar isi Alkitab juga masih merupakan rahasia yang belum terpecahkan. Meski demikian, pada malam sebelum penyaliban, Yesus berjanji kepada murid-murid-Nya bahwa Dia akan mengutus Roh Kudus. Kata-Nya kepada mereka: “Apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang” (Yoh. 16:13). Roh Kudus, yang bisa diumpamakan seperti Batu Rosetta ilahi, membuat kita mengerti tentang kebenaran—termasuk kebenaran di balik rahasia-rahasia dalam Alkitab.

Meskipun kita tidak dijanjikan akan bisa memahami secara mutlak semua yang diberikan kepada kita di dalam Kitab Suci, kita boleh meyakini, oleh pertolongan Roh Kudus, kita dapat memahami segala sesuatu yang kita butuhkan untuk mengikut Yesus. Dia akan memimpin kita kepada kebenaran-kebenaran yang penting tersebut. —Bill Crowder

WAWASAN
Sebelum Yesus meninggalkan bumi, Dia menjanjikan kepada para muridnya bahwa Dia akan mengirimkan “Roh Kebenaran,” yang akan memimpin mereka “ke dalam seluruh kebenaran” (Yohanes 16:13). Roh Kudus akan menyampaikan apa yang Yesus beritahukan kepada-Nya. Yesus juga memberitahukan kepada mereka bahwa kalau mereka ditangkap dan dibawa ke pengadilan, mereka tidak perlu “kuatir akan apa yang harus kamu katakan.” Malah mereka harus mengatakan apa yang dikaruniakan kepada mereka untuk dikatakan, karena itu adalah “Roh Kudus” yang berbicara (Markus 13:11). Di dalam Lukas, Yesus mengatakan hal yang sama: “Apabila orang menghadapkan kamu kepada … pemerintah-pemerintah dan penguasa-penguasa, janganlah kamu kuatir bagaimana dan apa yang harus kamu katakan untuk membela dirimu. Sebab pada saat itu juga Roh Kudus akan mengajar kamu apa yang harus kamu katakan.” (12:11-12; lihat Yohanes 14:26). Dalam masa penganiayaan, Roh Kudus akan menolong dan memperlengkapi semua orang yang percaya kepada Yesus. —Alyson Kieda

Pengertian dari Roh Kudus

Apa saja bagian Alkitab yang menurut kamu sulit dimengerti? Buatlah daftar dan mintalah Roh Kudus untuk membimbing kamu agar dapat lebih memahami bagian-bagian tersebut.

Allah sumber segala kebenaran, tolonglah aku mengandalkan Roh Kebenaran supaya aku memahami lebih jelas hikmat yang telah Engkau sediakan dalam firman-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Yesaya 50–52; 1 Tesalonika 5

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Setiawati Herawati
    Setiawati Herawati says:

    Terima kasih bpk saya bersykr kpdmu karna engkau adalah allah yg memimpin setiap ke hdpan anak mu ajar kami untk dpt hdp menggandalkan kekuatan yg dari pdmu untk kami hpd menjadi layak dan berkenan kpdmu ya bpk ku haleluyah amin

  2. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimana pun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerah kan segala rencana kehidupan kami kedalam tanganMu saja ya Tuhan, biarlah kehendak Mu yang terjadi, terpujilah namaMu kekal selamanya, amin

  3. rico art
    rico art says:

    Bapa kami yang di sorga,
    Dikuduskanlah nama-Mu,
    datanglah Kerajaan-Mu,
    jadilah kehendak-Mu
    di bumi seperti di sorga.
    Berikanlah kami pada hari ini
    makanan kami yang secukupnya
    dan ampunilah kami akan kesalahan
    kami, seperti kami juga mengampuni
    orang yang bersalah kepada kami;
    dan janganlah membawa kami ke
    dalam pencobaan,
    tetapi lepaskanlah kami dari pada
    yang jahat.
    Karena Engkaulah yang empunya
    Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan
    sampai selama-lamanya.
    Amin.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *