Perbuatan Kasih yang Ajaib

Minggu, 12 September 2021

Perbuatan Kasih yang Ajaib

Baca: Roma 5:12-19

5:12 Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa.

5:13 Sebab sebelum hukum Taurat ada, telah ada dosa di dunia. Tetapi dosa itu tidak diperhitungkan kalau tidak ada hukum Taurat.

5:14 Sungguhpun demikian maut telah berkuasa dari zaman Adam sampai kepada zaman Musa juga atas mereka, yang tidak berbuat dosa dengan cara yang sama seperti yang telah dibuat oleh Adam, yang adalah gambaran Dia yang akan datang.

5:15 Tetapi karunia Allah tidaklah sama dengan pelanggaran Adam. Sebab, jika karena pelanggaran satu orang semua orang telah jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia Allah dan karunia-Nya, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang karena satu orang, yaitu Yesus Kristus.

5:16 Dan kasih karunia tidak berimbangan dengan dosa satu orang. Sebab penghakiman atas satu pelanggaran itu telah mengakibatkan penghukuman, tetapi penganugerahan karunia atas banyak pelanggaran itu mengakibatkan pembenaran.

5:17 Sebab, jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa oleh satu orang itu, maka lebih benar lagi mereka, yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran, akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus.

5:18 Sebab itu, sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup.

5:19 Jadi sama seperti oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar.

Sama seperti oleh satu pelanggaran semua orang beroleh penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. —Roma 5:18

Perbuatan Kasih yang Ajaib

Di Taman Nasional Malheur, Oregon, sejenis jamur yang dikenal dengan sebutan jamur madu tumbuh menjalari akar-akar pepohonan dalam hutan seluas 2.200 hektar itu. Hal itu menjadikan jamur tersebut sebagai organisme hidup terbesar yang pernah ditemukan. Selama lebih dari dua ribu tahun, jamur itu menyebar bagaikan benang hitam yang ditenun di sepanjang hutan dan bertumbuh dengan mematikan pepohonan yang dijalarinya. Jalinan akarnya yang tipis bak benang dan disebut rhizomorph itu bisa menembus tanah hingga kedalaman tiga meter. Walaupun sekarang luar biasa besar, organisme tersebut berawal dari sebuah spora yang sangat kecil!

Alkitab mengisahkan tentang satu pelanggaran yang menyebabkan seluruh umat manusia dikutuk dan juga satu ketaatan yang membalikkan semua kutuk itu. Rasul Paulus membandingkan dua individu—Adam dan Yesus (Rm. 5:14-15). Dosa Adam membawa kutukan dan kematian kepada “semua orang” (ay.12). Melalui satu perbuatan ketidaktaatan, semua orang menjadi berdosa dan dipandang bersalah di hadapan Allah (ay.17). Namun, Allah punya cara untuk membereskan dosa manusia. Melalui perbuatan kebenaran oleh Yesus di kayu salib, Allah mengaruniakan kehidupan kekal dan membenarkan kita. Perbuatan kasih dan ketaatan Kristus berkuasa membalikkan dampak ketidaktaatan Adam, sehingga “semua orang beroleh pembenaran untuk hidup” (ay.18). 

Melalui kematian-Nya, Yesus menawarkan kehidupan kekal bagi siapa pun yang percaya kepada-Nya. Bila kamu belum menerima pengampunan dan keselamatan dari-Nya, kamu dapat meminta kepada-Nya hari ini. Bila kamu sudah percaya, pujilah Dia untuk perbuatan kasih-Nya yang ajaib! —Marvin Williams

WAWASAN
Di Roma 5:14, Adam disebut “gambaran Dia yang akan datang” (mengacu kepada Yesus). Kata Yunani yang diterjemahkan sebagai “gambaran” adalah týpos, yang dalam bahasa Indonesia menjadi tipe dan tipologi. Dalam Alkitab, selain memiliki makna bersejarah, apa saja yang disebut “tipe”—orang, gambaran, atau sistem—juga mengacu kepada pribadi atau benda lain. Di sini Adam dipandang sebagai wakil seluruh umat manusia dan menunjuk kepada Yesus, wakil dari “umat manusia yang baru”, yakni mereka yang diperbarui oleh iman kepada-Nya. Sama seperti dosa Adam diturunkan kepada semua manusia, kebenaran Kristus juga diberikan kepada semua orang yang percaya kepada-Nya. —Arthur Jackson

Apa yang dapat kamu pelajari tentang dampak dosa dari pelanggaran Adam dan juga perbuatan kebenaran dari Yesus? Bagaimana pengorbanan Yesus mengobarkan atau memperbarui kerinduan kamu untuk hidup memuliakan Dia?  

Ya Allah, terima kasih untuk karunia keselamatan dan kehidupan kekal di dalam Tuhan Yesus! Mampukanlah aku untuk dapat menunjukkan jalan keselamatan-Mu kepada orang lain.

Bacaan Alkitab Setahun: Amsal 13–15; 2 Korintus 5

Bagikan Konten Ini
42 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuh kan juga orang-orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerahkan segala rencana kami kedalam TanganMu saja ya Tuhan, biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah namaMu kekal selamanya, amin

  2. Rubi Prasetyo
    Rubi Prasetyo says:

    2021 09 12 – 21:53
    CMI

    Terima kasih Tuhan Yesus, atas penebusan melalui pengorbanan Kristus di kayu salib

  3. Noviana Rosaria Da Silva
    Noviana Rosaria Da Silva says:

    Shalom.
    Tuhan Yesus, Engkau bgitu baik, dalam Firman hari ini, karna ketidaktaatan satu orang, Bapa rela menggorbankn Anak-Ny yang tunggal menjadi penebus dari semua umat manusia. Kmi tidak tau apa yg akan kami balas atas pengorbanan-Mu Tuhan di kayu salib. Kmi berdoa Tuhan mampukan dan layakan kami menjadi saksi-Mu, yang membawa kemuliaan nama-Mu yg mulia, serta menyenangkan diri-Mu dalam segala perintah yg Engkau berikan kepada kami. Amin🙏🙏✝️

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *