Akhir yang Sangat Indah

Sabtu, 28 Agustus 2021

Akhir yang Sangat Indah

Baca: Wahyu 22:12-21

22:12 “Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya.

22:13 Aku adalah Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir.”

22:14 Berbahagialah mereka yang membasuh jubahnya. Mereka akan memperoleh hak atas pohon-pohon kehidupan dan masuk melalui pintu-pintu gerbang ke dalam kota itu.

22:15 Tetapi anjing-anjing dan tukang-tukang sihir, orang-orang sundal, orang-orang pembunuh, penyembah-penyembah berhala dan setiap orang yang mencintai dusta dan yang melakukannya, tinggal di luar.

22:16 “Aku, Yesus, telah mengutus malaikat-Ku untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang.”

22:17 Roh dan pengantin perempuan itu berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang mendengarnya, hendaklah ia berkata: “Marilah!” Dan barangsiapa yang haus, hendaklah ia datang, dan barangsiapa yang mau, hendaklah ia mengambil air kehidupan dengan cuma-cuma!

22:18 Aku bersaksi kepada setiap orang yang mendengar perkataan-perkataan nubuat dari kitab ini: “Jika seorang menambahkan sesuatu kepada perkataan-perkataan ini, maka Allah akan menambahkan kepadanya malapetaka-malapetaka yang tertulis di dalam kitab ini.

22:19 Dan jikalau seorang mengurangkan sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini, maka Allah akan mengambil bagiannya dari pohon kehidupan dan dari kota kudus, seperti yang tertulis di dalam kitab ini.”

22:20 Ia yang memberi kesaksian tentang semuanya ini, berfirman: “Ya, Aku datang segera!” Amin, datanglah, Tuhan Yesus!

22:21 Kasih karunia Tuhan Yesus menyertai kamu sekalian! Amin.

Sesungguhnya Aku datang segera dan Aku membawa upah-Ku untuk membalaskan kepada setiap orang menurut perbuatannya. —Wahyu 22:12

Akhir yang Sangat Indah

Suatu hari, suami dan anak saya memindah-mindahkan saluran televisi untuk mencari dan menonton film kesukaan mereka. Sayangnya, mereka menemukan ternyata film-film tersebut sudah mulai. Karena mereka menikmati kisah akhir dari sebuah film, pencarian tersebut menjadi semacam permainan bagi mereka. Mereka pun menemukan delapan film yang kisah akhirnya ingin mereka lihat. Karena geregetan, saya bertanya mengapa mereka tidak memilih saja satu film untuk ditonton dari awal. Sambil tertawa, suami saya menjawab, “Semua orang suka akhir cerita yang indah, bukan?”

Harus saya akui, saya juga senang menantikan akhir yang indah dari buku atau film kesukaan saya. Saya sendiri cenderung membaca Alkitab secara sekilas dan hanya memperhatikan bagian atau cerita favorit yang lebih mudah untuk saya cerna dan pahami. Namun, Roh Kudus memakai seluruh firman Allah yang dapat diandalkan dan diterapkan dalam hidup ini untuk mengubahkan kita serta menegaskan bahwa kisah-Nya akan berakhir dengan indah bagi semua orang yang percaya kepada Yesus.

Kristus menyebut diri-Nya sebagai “Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (Why. 22:13). Dia menyatakan bahwa umat-Nya akan menerima hidup kekal (ay.14) dan memperingatkan mereka yang mendengar firman-Nya agar tidak menambahkan atau mengurangkan “sesuatu dari perkataan-perkataan dari kitab nubuat ini” (ay.18-19).

Mungkin kita tidak mengetahui atau memahami setiap hal dalam Alkitab, tetapi kita tahu bahwa Yesus akan datang kembali. Dia pasti menepati janji-Nya. Dia akan menghancurkan dosa, memperbaiki yang salah, memperbarui segala sesuatu, dan memerintah sebagai Raja yang penuh kasih untuk selama-lamanya. Itulah akhir yang benar-benar sangat indah, yang mengawali kehidupan kita yang baru! —Xochitl Dixon

WAWASAN
Kitab Wahyu 21-22 berbicara mengenai awal hidup kekal kita bersama Kristus. Saat Yesus menerbitkan langit yang baru dan bumi yang baru, Dia mengingatkan kita bahwa Dialah “Alfa dan Omega, Yang Pertama dan Yang Terkemudian, Yang Awal dan Yang Akhir” (22:13; lihat juga 21:6). Inilah proklamasi yang juga didengar Yohanes di awal penglihatannya (1:8,17). Dengan menyingkapkan diri-Nya sebagai “Yang Pertama dan Yang Terkemudian” Yesus sedang menyatakan Dialah Allah. Itu karena Allah sendiri pernah menyatakan, “Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak ada Allah lain selain dari pada-Ku” (Yesaya 44:6; lihat 41:4; 48:12). —K.T. Sim

Bagaimana kepastian tentang kedatangan Yesus kembali dapat memampukan kamu hidup bagi-Nya? Apa yang paling kamu nanti-nantikan dari kedatangan Kristus yang kedua?

Datanglah, Tuhan Yesus! Datanglah!

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 123–125; 1 Korintus 10:1-18

Bagikan Konten Ini
51 replies
Newer Comments »
  1. Rian Hehanussa
    Rian Hehanussa says:

    Dialah Alfa & Omega, yg pertama & yg terkemudian, yg awal & yg akhir😇. Bagaimanapun kehidupan saya, saya tetap mampukan diri saya untuk kedatangannya karena dialah yg memberi, demikian juga dia yg mengambil. Terpujilah nama YESUS😇

  2. renato aja
    renato aja says:

    Mungkin kita tidak mengetahui atau memahami setiap hal dalam Alkitab, tetapi kita tahu bahwa Yesus akan datang kembali. Dia pasti menepati janji-Nya. Dia akan menghancurkan dosa, memperbaiki yang salah, memperbarui segala sesuatu, dan memerintah sebagai Raja yang penuh kasih untuk selama-lamanya. Itulah akhir yang benar-benar sangat indah, yang mengawali kehidupan kita yang baru! 

  3. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang-orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerah kan segala rencan kehidupan kami kedalam tanganMu saja ya Tuhan, biarlah KehendakMu yang terjadi, terpujilah NamaMu kekal selamanya, amin

  4. afriona siregar
    afriona siregar says:

    syalom slamat pagi . trimakasih buat firman nya pagi ini kak . Tuhan yesus memberkati kita smua 🙏😇😇

  5. Noviana Rosaria Da Silva
    Noviana Rosaria Da Silva says:

    Bacaan hari mmbri saya pemahaman bhw akan dtng waktu Tuhan, mka itu bersiap dn bersiagalah krna kita tdk tahu kapan waktu itu tba. Dan pada saat smua nubuat Tuhan alan Firman Nya di Alkitab di genapi, itulh saat yg indah dmn Tuhan akn datang untk kedua kalinya, serta memberi upah yg dijanjikan Tuhan menurt perbuatan kita dibumi.
    Yuk, siapa si yg tdk mau Upah baik dari Tuhan, oleh sebab itu perbuatlah baik dan senangkanlh hati Tuhan. Amin. Tuhan Yesus Menyertai😇✝️🙏

  6. Monita
    Monita says:

    1. Dengan meyakini akan Firman Tuhan bahwa kedatanganNya adalah pasti,mau terus dengan rendah hati membaca FirmanNya dan melakukan hal² yang menyenangkanNya.Membaca firman tdk hanya sekedar menambah pengetahuan bukan pula untuk kita bisa menghakimi org lain tapi bagaimana bisa mengasihi mereka yg belum mengerti.
    2.Yang paling dinanti²kan dari kedatanganNya adalah Dia memulihkan segala sesuatunya ,ketidakadlilan dan ketidakbenaran yang selalu ada di dunia.

  7. D I V A
    D I V A says:

    Tuhan selamat mama dan papa tahun ini juga menurut waktu dan kehendak-Mu. Hamba percaya Kau Allah yg mengasihi kami

  8. Rubi
    Rubi says:

    2021 08 28 – 23:18
    CMI

    Tuhan menjanjikan akhir yang indah dari setiap kehidupan.
    Tuhan pun memberikan keindahan di sepanjang hidup orang percaya.

  9. Siska Tandy
    Siska Tandy says:

    ampuni hamba ya Tuhan, hamba tahu begitu tercelanya dan hinanya hidup hamba. namun kiranya kasih karunia-Mu mengubah hidupku ya Tuhan, menjadi pribadi yang lebih baik. terima kasih Tuhan Yesus haleluya amin

Newer Comments »

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *