Kehidupan yang Damai

Jumat, 18 Juni 2021

Kehidupan yang Damai

Baca: Galatia 5:16-25

5:16 Maksudku ialah: hiduplah oleh Roh, maka kamu tidak akan menuruti keinginan daging.

5:17 Sebab keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging–karena keduanya bertentangan–sehingga kamu setiap kali tidak melakukan apa yang kamu kehendaki.

5:18 Akan tetapi jikalau kamu memberi dirimu dipimpin oleh Roh, maka kamu tidak hidup di bawah hukum Taurat.

5:19 Perbuatan daging telah nyata, yaitu: percabulan, kecemaran, hawa nafsu,

5:20 penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah,

5:21 kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya. Terhadap semuanya itu kuperingatkan kamu–seperti yang telah kubuat dahulu–bahwa barangsiapa melakukan hal-hal yang demikian, ia tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah.

5:22 Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan,

5:23 kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu.

5:24 Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya.

5:25 Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus. —Filipi 4:7

Kehidupan yang Damai

Di Perth, Australia, ada sebuah tempat bernama Shalom House (Rumah Damai) yang berfungsi sebagai pusat rehabilitasi bagi kaum pria yang berjuang melawan kecanduan mereka. Di sana, mereka akan bertemu dengan staf yang penuh perhatian dan yang memperkenalkan mereka kepada shalom dari Allah (damai dalam bahasa Ibrani). Kehidupan orang-orang yang sebelumnya hancur akibat kecanduan narkoba, alkohol, judi, dan perilaku merusak lainnya tersebut dijamah dan terus diubahkan oleh kasih Allah.

Bagian utama dari perubahan hidup itu adalah kabar baik tentang salib Yesus Kristus. Para pecandu yang dilayani di Shalom House menemukan bahwa oleh kebangkitan Yesus, hidup mereka pun sanggup dibangkitkan. Di dalam Kristus, kita memperoleh kedamaian dan pemulihan yang sejati.

Damai bukanlah sekadar ketiadaan konflik, melainkan kehadiran Allah yang seutuhnya. Kita semua membutuhkan shalom tersebut, dan itu hanya ditemukan di dalam Kristus dan Roh-Nya. Inilah sebabnya Paulus membawa jemaat Galatia untuk menyadari karya Roh yang sanggup mengubahkan hidup. Ketika Roh Kudus berkarya dalam hidup kita, Dia akan menumbuhkan buah Roh yang berisi kasih, sukacita, kesabaran, dan banyak lagi (Gal. 5:22-23). Dia memberikan kepada kita unsur terpenting dari kedamaian sejati yang abadi.

Saat Roh memampukan kita hidup dalam shalom dari Allah, kita belajar membawa segala kebutuhan dan kekhawatiran kepada Allah Bapa kita. Pada gilirannya, kita menerima “damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, [yang] akan memelihara hati dan pikiran [kita] dalam Kristus Yesus” (flp. 4:7).

Dalam Roh Kristus, hati kita mengalami shalom yang sejati.—Bill Crowder

WAWASAN
Pengajaran Alkitab mengenai Roh Kudus dikenal sebagai pneumatologi (dari bahasa Yunani pneuma). Pneuma berarti “angin”, “napas”, “udara”, dan menunjukkan entitas atau kuasa tak kasatmata, tetapi aktif. Kata itu digunakan untuk Roh Allah, pribadi ketiga dari Tritunggal. Dalam kitab Galatia, pneuma disebutkan delapan belas kali untuk mengacu kepada Roh, dan menolong kita memahami cara kerja-Nya. Dalam pasal 5 saja terdapat delapan acuan kepada Roh Allah (ay.5,16,17 [2x],18,22,25 [2x]). Roh membangkitkan pengharapan (ay.5), memampukan kita untuk hidup memuliakan Allah (ay.16), serta menghasilkan buah “kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri” (ay.22-23). —Arthur Jackson

Hal apa saja yang cenderung merenggut damai sejahtera Allah dari hidupmu? Bagaimana dapat mengizinkan Roh untuk menghadirkan kedamaian-Nya dalam hatimu?

Ya Allah sumber shalom, terima kasih karena Engkau ingin hidupku diliputi damai sejahtera. Terima kasih untuk karya Tuhan Yesus yang membuka jalan bagi kami untuk mengalami kedamaian, dan untuk karya Roh Kudus yang membuahkan damai sejahtera dalam hidupku.

Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 10-11; Kisah Para Rasul 4:1-22

Bagikan Konten Ini
68 replies
Newer Comments »
  1. Rindiani Daniel
    Rindiani Daniel says:

    Amen Tuhan Yesus Kristus kiranya Shalom selalu melipiti hidup kami Bapa. Amen

  2. Tety Vera hayati br.ginting
    Tety Vera hayati br.ginting says:

    amin🙏🏻
    terimakasi Tuhan atas berkat kuasa dari Tuhan yang mau mengubahkan aku tidak serupa Dangan kenginan dagingku dan serupa dengan dunia,Tuhan membuka jalan bagi kami semua untuk mengalami damai di hidup kami untuk selalu Tuhan ubahkan dan layakkan menakdi anak Tuhan pilihan terbaik tuhan sehingga kami mampu tidak lagi serupa dengan keinginan daging dan dunia ini,Tuhan memberkati aku supaya hidup sepeti kehendak Tuhan saja .
    amin🙏🏻

  3. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari, pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami, sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat dari pandemi ini ya Tuhan, serta beri kekuatan kepada yang terkena bencana, kami menyerahkan segala rencana kehidupan kami kedalam tanganMu saja ya Tuhan, biarlah kehendakMu yang terjadi, terpujilah namaMu kekal selamanya, amin

  4. Rindiani Daniel
    Rindiani Daniel says:

    trimakasih tetap ada untuk memberikan shalom Allah, kiranya kita senantiasa hidup untuk menyatakan shalom Allah dalam keseharian hidup kita. Amin😇

  5. grace
    grace says:

    sungguh luar biasa,sate hari ini,
    saya sedang berada di zona yg selalu membuat saya kehilangan Pneuma.Namu dari sate ini saya di ingatkan kembali, untuk Terus menatap dapa Roh Allah agar sll dalam penguasaan diri.Trimakasi Allah Ku yg dahsyat, Allah yg TDK pernah menyerah atas hidupku untuk di ubahkan agar sll dalam damai dan sejahtera ada dalam hidup Ku.😇🙏🙏

  6. sheysheyn shey93
    sheysheyn shey93 says:

    Amin.terimakasih tuhan yesus untuk firman mu yang begitu indah. biarlah kiranya Roh Alllah menjadi Shalom dalam kehidupan kita semua😇

Newer Comments »

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *