Coba Bayangkan!

Rabu, 23 Juni 2021

Coba Bayangkan!

Baca: Yesaya 65:17-25

65:17 “Sebab sesungguhnya, Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru; hal-hal yang dahulu tidak akan diingat lagi, dan tidak akan timbul lagi dalam hati.

65:18 Tetapi bergiranglah dan bersorak-sorak untuk selama-lamanya atas apa yang Kuciptakan, sebab sesungguhnya, Aku menciptakan Yerusalem penuh sorak-sorak dan penduduknya penuh kegirangan.

65:19 Aku akan bersorak-sorak karena Yerusalem, dan bergirang karena umat-Ku; di dalamnya tidak akan kedengaran lagi bunyi tangisan dan bunyi erangpun tidak.

65:20 Di situ tidak akan ada lagi bayi yang hanya hidup beberapa hari atau orang tua yang tidak mencapai umur suntuk, sebab siapa yang mati pada umur seratus tahun masih akan dianggap muda, dan siapa yang tidak mencapai umur seratus tahun akan dianggap kena kutuk.

65:21 Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga.

65:22 Mereka tidak akan mendirikan sesuatu, supaya orang lain mendiaminya, dan mereka tidak akan menanam sesuatu, supaya orang lain memakan buahnya; sebab umur umat-Ku akan sepanjang umur pohon, dan orang-orang pilihan-Ku akan menikmati pekerjaan tangan mereka.

65:23 Mereka tidak akan bersusah-susah dengan percuma dan tidak akan melahirkan anak yang akan mati mendadak, sebab mereka itu keturunan orang-orang yang diberkati TUHAN, dan anak cucu mereka ada beserta mereka.

65:24 Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.

65:25 Serigala dan anak domba akan bersama-sama makan rumput, singa akan makan jerami seperti lembu dan ular akan hidup dari debu. Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunung-Ku yang kudus,” firman TUHAN.

Aku menciptakan langit yang baru dan bumi yang baru. —Yesaya 65:17

Coba Bayangkan!

Dalam sebuah program televisi populer tentang renovasi rumah, pemirsa sering mendengar sang pembawa acara berseru, “Coba bayangkan!” Kemudian ia akan menunjukkan apa yang mungkin terjadi ketika barang-barang lama diperbaiki, tembok yang kusam dicat, dan lantainya dipulas dengan warna. Dalam salah satu episode, seorang pemilik rumah yang direnovasi merasa begitu gembira sampai-sampai ungkapan “Indah sekali!” terlontar dari bibirnya sebanyak tiga kali.

Salah satu bagian paling menakjubkan dalam Alkitab yang membuat kita juga berseru “Coba bayangkan!” adalah Yesaya 65:17-25. Di sana kita melihat adegan penciptaan ulang yang sangat mempesona! Pembaruan langit dan bumi yang terjadi (ay.17) tidak hanya berlangsung di permukaan, tetapi sungguh nyata dan mendalam, sehingga mengubahkan dan mengabadikan seluruh kehidupan yang ada. “Mereka akan mendirikan rumah-rumah dan mendiaminya juga; mereka akan menanami kebun-kebun anggur dan memakan buahnya juga” (ay.21). Kekerasan juga tidak akan terjadi lagi: “Tidak ada yang akan berbuat jahat atau yang berlaku busuk di segenap gunung-Ku yang kudus” (ay.25).

Meskipun pemulihan yang dinubuatkan dalam Yesaya 65 baru akan digenapi di masa mendatang, sesungguhnya Allah sumber pembaruan total itu sedang berkarya mengubahkan hidup anak-anak-Nya di masa sekarang. Rasul Paulus meyakinkan kita, “Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang” (2Kor. 5:17). Apakah hidupmu butuh dipulihkan? Apakah hari-harimu dipenuhi keraguan, ketidaktaatan, dan penderitaan? Kehidupan yang diperbarui oleh Tuhan Yesus sungguh nyata dan indah. Semua itu tersedia bagi siapa pun yang meminta dan percaya kepada-Nya.—Arthur Jackson

WAWASAN
Seiring dengan gambaran langit dan bumi yang baru dalam Yesaya 65, kita menangkap kilasan lain dalam Yesaya 11:6-9 tentang tempat indah mulia bagi binatang dan manusia untuk hidup bersama dalam damai. Wahyu 21–22 menggambarkan kembali keajaiban-keajaiban tersebut, bahkan lebih lagi: “Maut tidak akan ada lagi; tidak akan ada lagi perkabungan, atau ratap tangis, atau dukacita, sebab segala sesuatu yang lama itu telah berlalu” (21:4). “Takhta Allah dan takhta Anak Domba akan ada di dalamnya dan hamba-hamba-Nya akan beribadah kepada-Nya, dan mereka akan melihat wajah-Nya, . . . dan mereka akan memerintah sebagai raja sampai selama-lamanya” (22:3-5). —Alyson Kieda

Perubahan apa saja yang sanggup dilakukan Allah dalam hidupmu? Apa yang masih menghalangimu hari ini untuk percaya bahwa Yesus sanggup mengubah hidupmu?

Ya Allah sumber pemulihan dan pembaruan, Engkau tahu perubahan apa saja yang dibutuhkan dalam hidupku supaya aku semakin menyerupai Engkau. Berkaryalah dalam hati dan hidupku hari ini.

Bacaan Alkitab Setahun: Ester 9-10; Kisah Para Rasul 7:1-21

Bagikan Konten ini
69 replies
« Older Comments
  1. Florensia Simanjuntak
    Florensia Simanjuntak says:

    Amin,semoga kita semakin diberkati melalui firman yang sudah kita baca dan renungkan.

« Older Comments

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *