Mengenal Bapa

Kamis, 4 Maret 2021

Mengenal Bapa

Baca: Yohanes 14:8-11

14:8 Kata Filipus kepada-Nya: “Tuhan, tunjukkanlah Bapa itu kepada kami, itu sudah cukup bagi kami.”

14:9 Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa; bagaimana engkau berkata: Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami.

14:10 Tidak percayakah engkau, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku? Apa yang Aku katakan kepadamu, tidak Aku katakan dari diri-Ku sendiri, tetapi Bapa, yang diam di dalam Aku, Dialah yang melakukan pekerjaan-Nya.

14:11 Percayalah kepada-Ku, bahwa Aku di dalam Bapa dan Bapa di dalam Aku; atau setidak-tidaknya, percayalah karena pekerjaan-pekerjaan itu sendiri.

 

Kata Yesus kepadanya: “Telah sekian lama Aku bersama-sama kamu, Filipus, namun engkau tidak mengenal Aku? Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa.” —Yohanes 14:9

Mengenal Bapa

Konon, konduktor asal Inggris, Sir Thomas Beecham pernah bertemu dengan seorang wanita berpenampilan terhormat di lobi sebuah hotel. Karena merasa kenal dengan wanita itu tetapi tidak mengingat namanya, Beecham menghampiri dan menyapanya. Ketika mereka sedang berbincang-bincang, samar-samar Beecham ingat kalau sang wanita memiliki seorang saudara laki-laki. Berharap bisa mendapatkan petunjuk yang lebih jelas, ia pun menanyakan kabar kakak wanita itu, dan apakah ia masih bekerja di tempat yang sama. “Oh, ia baik-baik saja,” jawab wanita itu. “Dan sampai sekarang masih menjadi raja.”

Kasus salah kenal mungkin memalukan, seperti yang dialami oleh Sir Beecham. Namun, adakalanya salah kenal mempunyai dampak yang lebih serius, seperti yang terjadi pada Filipus, murid Yesus. Filipus tentu mengenal Yesus, tetapi belum benar-benar memahami siapa diri-Nya. Ia meminta kepada Yesus, “Tunjukkanlah Bapa itu kepada kami,” dan Yesus menjawab, “Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa” (Yoh. 14:8-9). Sebagai Anak Tunggal Allah, Yesus memperlihatkan Bapa itu dengan begitu sempurna, sehingga mengenal Dia berarti mengenal Bapa (ay.10-11).

Jika kita pernah bertanya-tanya seperti apa karakter Allah, kepribadian-Nya, dan kepedulian-Nya kepada manusia, kita hanya perlu melihat Yesus untuk menemukan jawabannya. Karakter, kebaikan, kasih, dan belas kasih Yesus memperlihatkan karakter Allah. Walaupun Allah kita yang sangat mengagumkan itu tidak akan pernah kita pahami dan mengerti sepenuhnya, kita telah menerima karunia luar biasa melalui pernyataan diri-Nya dalam pribadi Yesus Kristus, Tuhan kita.—CON CAMPBELL

WAWASAN
Tanggapan Yesus atas permintaan Filipus untuk menunjukkan “Bapa itu kepada kami” (Yohanes 14:8) hampir serupa dengan tanggapan Allah atas permohonan Musa dalam Keluaran 33:18 (“Perlihatkanlah kiranya kemuliaan-Mu kepadaku”). Allah berjanji untuk “melewatkan segenap kegemilangan-[Nya]” di hadapan Musa, tetapi Musa tidak diperkenankan memandang wajah-Nya (Keluaran 33:19). Jawaban Yesus kepada Filipus dalam Yohanes 14:9 (“Barangsiapa telah melihat Aku, ia telah melihat Bapa”) jelas menyatakan bahwa Yesus adalah perjumpaan terjelas dengan kemuliaan Allah yang dapat dialami manusia. Kemiripan dengan permohonan Musa juga dapat terlihat di Yohanes 1:14, yang menyatakan bahwa kita melihat di dalam Kristus “kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa.” Yohanes menjelaskan, “Tidak seorangpun yang pernah melihat Allah; tetapi Anak Tunggal Allah, yang ada di pangkuan Bapa, Dialah yang menyatakan-Nya” (ay.18). —Monica La Rose

Seberapa baik kamu mengenal karakter Allah? Bagaimana pengenalan itu sesuai dengan persepsimu tentang diri Yesus?

Ya Allah, tolonglah aku bertumbuh dalam pengenalan dan pemahaman terhadap diri-Mu yang sesungguhnya.

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 31-33; Markus 9:1-29

Bagikan Konten Ini
58 replies
« Older Comments
« Older Comments

Bagikan Komentar Kamu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *