Buku Cerita Tuhan

Sabtu, 13 Maret 2021

Buku Cerita Tuhan

Baca: Kejadian 1:26-31

1:26 Berfirmanlah Allah: “Baiklah Kita menjadikan manusia menurut gambar dan rupa Kita, supaya mereka berkuasa atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas ternak dan atas seluruh bumi dan atas segala binatang melata yang merayap di bumi.”

1:27 Maka Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka.

1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

1:29 Berfirmanlah Allah: “Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.

1:30 Tetapi kepada segala binatang di bumi dan segala burung di udara dan segala yang merayap di bumi, yang bernyawa, Kuberikan segala tumbuh-tumbuhan hijau menjadi makanannya.” Dan jadilah demikian.

1:31 Maka Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. Jadilah petang dan jadilah pagi, itulah hari keenam.

 

Allah memberkati mereka. . . . Allah melihat segala yang dijadikan-Nya itu, sungguh amat baik. —Kejadian 1:28,31

Buku Cerita Tuhan

Pada suatu hari yang indah, saya keluar untuk berjalan-jalan, dan di tengah jalan saya bertemu dengan seorang tetangga baru. Anak laki-laki itu menghentikan saya dan memperkenalkan dirinya: “Namaku Genesis, dan umurku enam setengah tahun.”

“Wah, Genesis nama yang sangat bagus! Itu juga nama salah satu kitab (Kejadian) dalam Alkitab,” kata saya.

“Apa itu Alkitab?” tanyanya.

“Alkitab itu buku cerita Tuhan, tentang bagaimana Dia menciptakan dunia dan manusia, serta kasih-Nya kepada kita.”

Anak itu lalu memberikan tanggapan penuh keingintahuan yang membuat saya tersenyum: “Mengapa Dia menciptakan dunia, orang, mobil, dan rumah? Apakah fotoku juga ada dalam bukunya Tuhan?”

Meskipun Alkitab tidak memuat foto teman baru saya, Genesis, atau foto kita semua, kita tetap menjadi bagian besar dari buku cerita Tuhan. Kita melihat di Kejadian 1 bahwa “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia; laki-laki dan perempuan diciptakan-Nya mereka” (ay.27). Allah berjalan bersama mereka di taman itu, dan kemudian memperingatkan mereka tentang jatuh terhadap godaan untuk menjadi seperti Allah (PASAL 3). Selanjutnya, dalam buku cerita-Nya, Allah bercerita bagaimana Yesus, Anak-Nya yang tunggal, datang ke dunia karena kasih-Nya yang besar kepada dunia untuk menggenapi rencana-Nya bagi pengampunan dosa kita dan pemulihan ciptaan-Nya.

Melalui Alkitab kita belajar bahwa Allah Pencipta ingin kita mengenal-Nya, bergaul dengan-Nya, bahkan bertanya kepada-Nya. Dia begitu peduli kepada kita, jauh melebihi siapa pun.—Anne Cetas

WAWASAN
Kita diberikan dua catatan tentang penciptaan dalam Kejadian 1-2. Alasan adanya dua catatan tersebut telah menjadi bahan perdebatan para ahli sejak lama. Salah satu pandangan mengatakan bahwa mempunyai dua kisah penciptaan itu mirip dengan mempunyai dua kisah kelahiran Yesus (Matius 1-2 dan Lukas 1-2), atau seperti hadirnya empat kitab Injil—masing-masing memberikan perincian yang tidak dikisahkan dalam kitab-kitab Injil lainnya. Dengan menggunakan pendekatan tersebut kepada kedua kisah penciptaan dalam Alkitab, maka tidak aneh jika kita melihat Kejadian 1 sebagai garis besar dari penciptaan alam semesta, dan Kejadian 2 menyajikan kilas balik yang memberikan detail-detail penting, terutama yang berkaitan dengan penciptaan laki-laki dan perempuan yang pertama. —Bill Crowder

Di manakah kamu melihat tempatmu dalam cerita Allah? Bagaimana selama ini kamu mengalami penyertaan-Nya?

Allah yang Maha Pengasih, terima kasih karena Engkau menjadikanku bagian dari cerita-Mu. Mampukan aku mengasihi-Mu dan sesama seperti Engkau mengasihiku.

Bacaan Alkitab Setahun: Ulangan 20-22; Markus 13:21-37

Facebooktwitterreddit

38 replies
  1. rico art
    rico art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat yang selalu Engkau limpahkan kepada kami hari lepas hari , pimpin dan kuatkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan serta tolong kami , sembuhkan juga orang – orang disekitar kami dari segala macam penyakit akibat pandemi ini ya Tuhan sert beri kekuatan kepada yang terkena bencana , terpujilah namaMu kekal selamanya , amin

  2. Sindhu
    Sindhu says:

    akibat dosa, manusia jd rusak jati dirinya. menjadi jauh dan memberontak pd Tuhan Yesus yg tetap setia & mengasihi qta. karena qta ini adalah ciptaan yg istimewa di hadapanNya. Tq God.

  3. Mecky Charlesyaas
    Mecky Charlesyaas says:

    thanks yaa santapan rohaninya sangat membantu dalam membangun hubungan pribadi dengan Tuhan (HPDT)

  4. George C
    George C says:

    Allah yang Maha Pengasih, terima kasih karena Engkau menjadikanku bagian dari cerita-Mu. Mampukan aku mengasihi-Mu dan sesama seperti Engkau mengasihiku . Biarlah Aku selalu Bisa lebih Dekat kepada Mu ya Tuhan . Bisa Membaca Firman Tuhan Setiap Hari , Berdoa Setiap Hari Dan Selalu Bisa Memuliakan Nama Mu Di setiap kehidupan kami . Amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *