Janji yang Berharga dan Sangat Besar

Info

Minggu, 21 Februari 2021

Janji yang Berharga dan Sangat Besar

Baca: 2 Petrus 1:2-8

1:2 Kasih karunia dan damai sejahtera melimpahi kamu oleh pengenalan akan Allah dan akan Yesus, Tuhan kita.

1:3 Karena kuasa ilahi-Nya telah menganugerahkan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasa-Nya yang mulia dan ajaib.

1:4 Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia.

1:5 Justru karena itu kamu harus dengan sungguh-sungguh berusaha untuk menambahkan kepada imanmu kebajikan, dan kepada kebajikan pengetahuan,

1:6 dan kepada pengetahuan penguasaan diri, kepada penguasaan diri ketekunan, dan kepada ketekunan kesalehan,

1:7 dan kepada kesalehan kasih akan saudara-saudara, dan kepada kasih akan saudara-saudara kasih akan semua orang.

1:8 Sebab apabila semuanya itu ada padamu dengan berlimpah-limpah, kamu akan dibuatnya menjadi giat dan berhasil dalam pengenalanmu akan Yesus Kristus, Tuhan kita.

Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar. —2 Petrus 1:4

Janji yang Berharga dan Sangat Besar

Saat mengalami kegagalan yang besar, amat mudah bagi kita untuk meyakini bahwa segalanya sudah terlambat dan kita sudah kehilangan kesempatan untuk menjalani hidup yang bernilai dan bermakna. Begitulah perasaan Elias, seorang mantan narapidana yang mendiami penjara berpengamanan maksimum di New York, ketika masih dipenjara. “Aku telah mengandaskan . . . janji-janji, janji tentang masa depanku sendiri, janji tentang kesempatan yang seharusnya bisa aku ambil.”

Program sarjana bagi narapidana yang disediakan Bard College menjadi awal perubahan hidup Elias. Ketika mengikuti program tersebut, ia berpartisipasi dalam tim debat, yang pada tahun 2015 berhadapan dengan tim debat dari Harvard—dan menang. Bagi Elias, menjadi “bagian dari tim . . . menjadi cara untuk membuktikan bahwa janji-janji itu belum sepenuhnya kandas.”

Transformasi serupa terjadi di dalam hati kita ketika kita mulai memahami bahwa kabar baik tentang kasih Allah dalam Yesus Kristus adalah kabar baik bagi kita juga. Dengan takjub, kita menyadari, Aku belum terlambat. Allah masih mempunyai rencana di masa depan bagiku.

Masa depan itu tidak bisa kita usahakan sendiri atau direnggut dari kita, karena semata-mata bergantung pada kasih dan kuasa Allah yang luar biasa (2Ptr. 1:2-3). Suatu masa depan yang terbebas dari keputusasaan di dalam dunia dan hati kita; masa depan yang dipenuhi oleh “kuasa-Nya yang mulia dan ajaib” (ay.3). Masa depan yang dijamin oleh janji-janji Kristus yang berharga dan besarnya tak terbayangkan (ay.4); masa depan untuk menikmati “kemerdekaan kemuliaan anak-anak Allah” (Rm. 8:21). —Monica La Rose

WAWASAN
2 Petrus 1 mengingatkan kita bahwa Allah adalah Pribadi yang menganugerahkan kuasa yang kita butuhkan untuk menjalani hidup di dalam Kristus (ay.3). Salah satu cara Dia melakukannya adalah dengan memberikan Roh Kudus kepada kita. Karakteristik yang kita tunjukkan, yaitu buah Roh yang berdiam di dalam kita, mempunyai dampak kuat terhadap cara hidup kita (ay.5-9; lihat Galatia 5:22-23). Namun, buah siapakah itu? Buah Roh. Roh Kudus adalah perantara, sumber, dan kuasa yang menghasilkan buah tersebut. —Con Campbell

Mengapa terkadang kita sulit menerima anugerah dan kasih yang “cuma-cuma”? Apakah hatimu tersentuh ketika mengingat bahwa di mata Allah, kamu memiliki masa depan yang berharga dan luar biasa indah?

Tuhan Yesus, adakalanya aku hanya bisa melihat bagaimana aku telah mengecewakan diriku sendiri dan orang lain, dan bagaimana aku telah merusak masa depan yang kuimpikan. Tolonglah aku untuk melihat keindahan abadi dari masa depan yang kutemukan di dalam diri-Mu.

Bacaan Alkitab Setahun: Bilangan 1-3; Markus 3

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, Santapan Rohani, SaTe Kamu

30 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!