Seandainya Bisa . . .

Selasa, 17 November 2020

Seandainya Bisa . . .

Baca: Mazmur 28

28:1 Dari Daud. Kepada-Mu, ya TUHAN, gunung batuku, aku berseru, janganlah berdiam diri terhadap aku, sebab, jika Engkau tetap membisu terhadap aku, aku menjadi seperti orang yang turun ke dalam liang kubur.

28:2 Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong, dan mengangkat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus.

28:3 Janganlah menyeret aku bersama-sama dengan orang fasik ataupun dengan orang yang melakukan kejahatan, yang ramah dengan teman-temannya, tetapi yang hatinya penuh kejahatan.

28:4 Ganjarilah mereka menurut perbuatan mereka dan menurut kelakuan mereka yang jahat; ganjarilah mereka setimpal dengan perbuatan tangan mereka, balaslah kepada mereka apa yang mereka lakukan.

28:5 Karena mereka tidak mengindahkan pekerjaan TUHAN dan perbuatan tangan-Nya; Ia akan menjatuhkan mereka dan tidak membangunkan mereka lagi.

28:6 Terpujilah TUHAN, karena Ia telah mendengar suara permohonanku.

28:7 TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.

28:8 TUHAN adalah kekuatan umat-Nya dan benteng keselamatan bagi orang yang diurapi-Nya!

28:9 Selamatkanlah kiranya umat-Mu dan berkatilah milik-Mu sendiri, gembalakanlah mereka dan dukunglah mereka untuk selama-lamanya.

Tuhan adalah kekuatan umat-Nya. —Mazmur 28:8

Seandainya Bisa . . .

Pohon aras Alaska itu meliuk-liuk tertiup angin badai yang kencang. Pohon itu disayang Regie bukan hanya karena menjadi tempat berteduh dari terik matahari tetapi juga memberi perlindungan bagi keluarganya. Sekarang badai dahsyat telah mencabut akar pohon itu dari tanah. Bersama anaknya yang berumur lima belas tahun, Regie cepat-cepat berlari untuk menyelamatkan pohon itu. Dengan tubuh seberat empat puluh kilogram dan kedua tangannya, Regie dan anaknya berusaha menahan pohon itu agar tidak tumbang. Akan tetapi, mereka tidak cukup kuat. Allah adalah kekuatan Raja Daud ketika ia berteriak minta tolong dalam pergumulannya (Mzm. 28:8). Sejumlah ahli Alkitab mengatakan Daud menulis mazmur ini saat hidupnya sedang hancur berantakan. Anak lelakinya bangkit melawannya dan berusaha merebut takhtanya (2Sam. 15). Ia merasa begitu lemah dan tak berdaya, sehingga ia takut Allah akan terus berdiam, dan ia akan mati (Mzm. 28:1). “Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong,” seru Daud kepada Allah (ay.2). Allah pun memberi Daud kekuatan untuk terus melangkah maju, meskipun hubungan Daud dengan anaknya tidak pernah membaik. Betapa kita rindu dapat mencegah hal-hal buruk terjadi! Andai saja kita bisa. Namun, dalam kelemahan kita, Allah berjanji bahwa kita selalu bisa berseru kepada-Nya agar Dia menjadi Gunung Batu tempat kita berlindung (ay.1-2). Di saat kita tidak lagi memiliki kekuatan, Sang Gembala yang baik akan mendukung kita selama-lamanya (ay.8-9).—Anne Cetas

WAWASAN
Mazmur 28 disebut sebagai mazmur kutukan—sebuah mazmur yang menyerukan murka atau kutukan atas seseorang atau suatu bangsa yang berbuat kesalahan. Kutukan dalam ayat 4-5 menggambarkan kebencian Allah terhadap dosa. Dalam keadaannya yang pedih, Daud berseru kepada Allah, gunung batunya (ay.1). Penafsir John Phillips menulis tentang sebutan terhadap Allah ini, “Sebuah gunung batu memberikan kesan permanen, besar, dan tak tergoyahkan. Dalam Perjanjian Lama figur sebuah gunung batu tidak pernah digunakan untuk manusia, hanya untuk Allah. Allah sama tetapnya dengan sebuah gunung batu.” Ketika kehidupan Daud terguncang, ia menyandarkan dirinya kepada Sang gunung batu. Allah mendengar seruannya, dan Daud pun merespons dengan puji-pujian (ay.6-7). —Alyson Kieda

Kapan kamu pernah merasa lemah dan tidak berdaya memperbaiki suatu masalah? Bagaimana pengalamanmu menerima pertolongan Allah?

Ya Allah, rasanya ada saja yang membuatku selalu membutuhkan kekuatan ekstra dari-Mu. Tolonglah aku untuk mengingat bahwa tanpa-Mu aku tidak bisa berbuat apa-apa.

Bacaan Alkitab Setahun: Bacaan Untuk SetahunYehezkiel 5-7; Ibrani 12

Bagikan Konten Ini
37 replies
  1. henalya
    henalya says:

    selamat pagi Tuhan Yesus memberkati kita semua

    terpujilah nama tuhan sekarang dan selama lamanya

    dan tetep semangat berdoa!!

  2. rico art
    rico art says:

    Terimaksih Tuhan atas banyak berkat dan Pertolonganmu kepada kami , yang selalu Engkau berikan kepada kami yang tiada hentinya, pimpin dan kuatlkanlah kami dimanapun kami berada ya Tuhan, serta tolong kami, terpujilah namaMu kekal selamanya, amin

  3. trisnaworms
    trisnaworms says:

    Terpujilah Allah sumber pertolongan, serta yg memberi kekuatan di dalam setiap hidupku. Haleluyah ….Amin

  4. George C
    George C says:

    disaat kita merasa tidak berdaya dan takut , marilah kita untuk selalu mengandalkan tuhan dan selalu berdoa meminta kekuatan dan pengharapan

  5. Johannes Anes
    Johannes Anes says:

    Amin.. Terimakasih Tuhan Yesus atas Firman mu malam ini..terpuji lah nama Tuhan kekal sampai selama nya.. haleluya..

  6. Renato
    Renato says:

    Betapa kita rindu dapat mencegah hal-hal buruk terjadi! Andai saja kita bisa. Namun, dalam kelemahan kita, Allah berjanji bahwa kita selalu bisa berseru kepada-Nya agar Dia menjadi Gunung Batu tempat kita berlindung. Di saat kita tidak lagi memiliki kekuatan, Sang Gembala yang baik akan mendukung kita selama-lamanya. Amien

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *