Kita Tak Bisa Memilih untuk Lahir di Keluarga Mana, Tapi Kita Bisa Memilih Berjalan Bersama-Nya

Info

Oleh Gabriel Angelia, Malang

Hari ulang tahun bisa dimaknai beragam. Bagi yang diberkati dengan relasi yang erat, mungkin hari ulang tahun adalah momen berbahagia ketika kerabat dan sahabat saling memberi semangat. Tapi, bagi yang mungkin berasal dari keluarga broken home dan tak memiliki kawan karib, mungkin hari ulang tahun tak ubahnya hari biasa.

Tanggal 16 Juni lalu, usiaku tepat 20 tahun. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana aku merayakan hari jadiku bersama teman satu kelas di sekolah dulu, tahun ini terasa berbeda.

Empat tahun belakangan hubungan dalam keluargaku tidak baik. Tidak ada komunikasi di antara kami karena sifat ayahku yang semakin menjadi-jadi. Ayahku adalah seorang yang ringan tangan dan buruk dalam berkata-kata. Masalah-masalah sepele sering menjadi besar dan tak jarang ibuku yang malah disalahkan. Aku merasa berat tinggal di keluarga seperti ini. Meskipun keluargaku mengajakku makan bersama untuk merayakan ulang tahunku, tapi hatiku tak merasa senang. Aku kecewa lahir di keluarga seperti ini. Ucapan selamat dari teman-teman dan sahabat-sahabat pun rasanya hambar. Berat bagiku untuk mengatakan “terima kasih” pada mereka.

Karena kondisi keluargaku yang dirundung konflik, hampir setiap malam aku menangis. Aku merasa tak berdaya, tak bisa berbuat apa-apa selain berdoa. Aku pun merasa tak ada gunanya berbahagia di hari ulang tahunku. Tak ada gunanya orang lain datang ke rumahku dan mengucapkanku selamat. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk tidak memberi tahu teman-temanku bahwa tanggal 16 Juni adalah hari ulang tahunku. Aku mengunggah foto di media sosial tapi aku tidak menunjukkan kalau aku berulang tahun, padahal biasanya sejak aku berumur 17 tahun aku selalu mengupload foto ulang tahun dengan tagar #17AndBlessed, #18AndBlessed, #19AndBlessed.

Namun, di tengah kesedihan itu, ada hal yang membuatku tersentak. Upayaku untuk menyembunyikan hari ulang tahunku ternyata tidak berhasil. Tahun ini adalah tahun keduaku berada di sekolah Teologi. Hari ulang tahun tiap mahasiswa dipajang di dinding kampus, bersamaan dengan informasi-informasi studi lainnya. Teman-temanku mengetahui hari ulang tahunku. Ucapan selamat pun berdatangan. Aku yang tadinya merasa getir akan hidupku, terkhusus hari ulang tahunku, menjadi terharu. Tuhan memberiku kejutan!

Memasuki usia yang baru dengan angka yang berbeda adalah penanda akan perjalanan hidup yang menarik, yang Tuhan persiapkan bagiku. Aku mungkin pernah merasa hari lahirku sebagai sebuah kekecewaan, hari yang tak berguna, tapi di hari itulah sejatinya Tuhan berkarya. Tuhan mengirimku untuk lahir di dunia ini, di keluarga yang dirundung konflik. Mungkin sekarang aku belum tahu apa maksud Tuhan dari semua ini, namun sekelumit kesan di hari ulang tahun ini mengingatkanku bahwa dalam perjalanan hidupku, aku disertai-Nya. Aku memang tak dapat memilih untuk dilahirkan di mana, tapi aku dapat memilih untuk menjalani hidupku bersama Tuhan.

Tahun demi tahun ada banyak naik turun yang kualami. Tak mudah tumbuh besar di keluarga yang tak baik, ditambah lagi dengan keadaan pandemi yang kita semua hadapi di tahun ini. Namun syukur kepada Tuhan, berjalan bersama-Nya membuat hari-hari yang sulit bisa dilalui.

Tahun ini, another new milestone telah Tuhan berikan untukku.

Teruntuk kamu yang mungkin merasakan hal yang sama denganku, kiranya Tuhan meneguhkan hatimu.

Baca Juga:

Luka Karena Patah Hati Adalah Sebuah Perjalanan yang Mendewasakanku

Setelah lahir baru aku merasa mudah untuk mengampuni orang lain. Selalu kukatakan pada diriku sendiri bahwa pengampunan yang Tuhan berikan memampukanku untuk mengampuni orang lain. Namun, sepertinya itu hanya teori yang memenuhi kepalaku saja, tidak hatiku.

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Artikel, Personal

15 Komentar Kamu

  • Selamat Ulang Tahun Gabriel Angela, maaf telat ya.
    Sukses selalu. Sehat selalu. Semakin di dewasakan melalui hidup. Semakin bahagia melalui berbagi. Menjadi berkat juga. Semakin bersyukur atas hidupnya. Tentunya juga setiap langkah dan permasalahan yg dihadapi selalu dipimpin oleh Tuhan. Amin 😀

  • ce gab! thanks for sharing! 🙏

  • Happy Belated Birthday Gabriel..
    dalam kondisi apapun, tiap pergantian umur harus jd hari yang spesial buat kita. Tuhan masih memberi kita kesempatan hidup utk menjadi lbh baik lagi.. 🙂

  • Shallom Gabriella, selamat ulang tahun (maaf ya terlambat).
    Sekalipun kita berusaha supaya ulang tahun kita tidak di ingat oleh orang-orang di sekeliling kita, ingatlah bahwa, Tuhan Yesus nggak akan pernah melupakan ulang tahun kita (karena kita adalah milikNya).
    Dan ketika Tuhan Yesus mengijinkan kita berada di lingkungan yang menurut kita tidak menyenangkan, yakin dan percayalah, bahwa Tuhan Yesus sudah merancang yang terbaik untuk hidup kita.
    Tetap semangat dan jangan menyerah ya, karena bersama Tuhan Yesus dan di dalam Tuhan Yesus, tidak akan ada yang sia-sia.
    Tuhan Yesus memberkati.

  • Selamat ulang tahun kak! Maaf telat, terima kasih banyak sharingnya, sangat menguatkan💚

  • Happy Birthday kak Gab! Semangat terus, biarlah Tuhan memimpin dan menuntun setiap jalan hidup kak Geb. Jesus love you

  • Happy Birthday ka Gabb!! Apapun yang terjadi di kehidupan kaka biar Tuhan yang selalu menyertai kaka yaa! Semangat terus kaa!! Terima kasih atas Firman nya memberkati sekali dalam hidup saya. God Bless Ka!

  • hai gabriel! kalau benar, aku tebak pasti nama panggilan kamu gaby hahaha (fyi, nama panjangku ada gabriel nya juga XD). selamat ulang tahun ya! aku tau ini telat. tapi, terima kasih telah lahir dan menjadi saluran berkat dengan menjadi salah satu penulis yang sanggup buat aku menangis (karena bahagia dan tersentuh) membaca tulisan kamu. kiranya segala naik turun ini membuat kamu semakin kuat. semangat!

  • hbd Gabriel, thanks buat berkat yg dibagikan, GBU

  • Selamat ulang tahun Gab, terimakasih sudah berbagi semangat. God bless u

  • Putri Cartika Simamora

    Happy Birthday Gabriella, terimakasih sudah berbagi cerita. Kiranya Tuhan Yesus selalu menyertaimu dan keluarga setiap waktu, semangat terus yaaaaa.. Tuhan Yesus Memberkati 🙂

  • happy birthday Gabriel angela, doa yang terbaik buat kamu, banyak hal yang kita rasa baik belum tentu baik di hadapan Tuhan
    tetap semangat
    gbu🙏

  • carla Maria Valente

    Selamat Ulang Tahun…ADik
    Setiap langkah hidup kita telah dirancang “TUHAN ” Pengalaman yang dilalui masing masing orang dengan berbagai Masalah kehidupan menuntun kita ke arah yang lebih matang dalam berpikir dan berkarya…..Setialah Selalu bersama Tuhan ” Badaipun pasti berlalu..

  • Bintang Lony Vera

    Selamat ulang tahun Gaby.. Terimakasih telah hadir menjadi berkat melalui tulisan ini, Tuhan memimpinmu mengarungi usia baru. GByou

  • Diana Lumbantoruan

    Happy Birthday ka Angel, sorry telat. Jesus Bless u selalu yaaaa🧡🧡🧡

Bagikan Komentar Kamu!