Ceritakan kepada Saya

Sabtu, 16 Mei 2020

Ceritakan kepada Saya

Baca: Markus 4:26-34

4:26 Lalu kata Yesus: “Beginilah hal Kerajaan Allah itu: seumpama orang yang menaburkan benih di tanah,

4:27 lalu pada malam hari ia tidur dan pada siang hari ia bangun, dan benih itu mengeluarkan tunas dan tunas itu makin tinggi, bagaimana terjadinya tidak diketahui orang itu.

4:28 Bumi dengan sendirinya mengeluarkan buah, mula-mula tangkainya, lalu bulirnya, kemudian butir-butir yang penuh isinya dalam bulir itu.

4:29 Apabila buah itu sudah cukup masak, orang itu segera menyabit, sebab musim menuai sudah tiba.”

4:30 Kata-Nya lagi: “Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya?

4:31 Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi.

4:32 Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya.”

4:33 Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka,

4:34 dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri.

 

Tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka.—Markus 4:34

Ceritakan kepada Saya

Konon, pada suatu ketika. Keempat kata itu bisa jadi merupakan awalan kalimat paling berpengaruh di dunia. Sejumlah kenangan masa kanak-kanak saya yang paling kuat mengandung frasa tersebut dalam berbagai variasinya. Suatu hari, ibu saya pulang ke rumah membawa sejilid buku besar bersampul tebal berisi cerita-cerita Alkitab bergambar—judulnya Cerita Alkitab Gembalaku yang Baik. Setiap malam sebelum lampu dimatikan, saya dan kakak laki-laki saya duduk dengan tekun mendengarkan ibu kami membacakan sebuah cerita dari masa lampau tentang orang-orang yang menarik dan Allah yang mengasihi mereka. Cerita-cerita tersebut menjadi seperti jendela bagi kami untuk melihat dunia yang besar dan ajaib di luar sana.

Siapakah pencerita terbesar sepanjang zaman? Yesus dari Nazaret. Dia tahu bahwa semua manusia gemar dan mudah terpikat oleh cerita, maka cerita menjadi media yang terus-menerus Dia gunakan untuk menyampaikan kabar baik yang dibawa-Nya: Pada suatu ketika ada orang yang “menaburkan benih di tanah” (Mrk. 4:26). Pada suatu ketika ada “biji sesawi” (ay.31), dan seterusnya. Injil Markus dengan jelas menunjukkan bahwa Yesus menggunakan cerita dalam interaksi-Nya dengan kebanyakan orang (ay.34) sebagai cara untuk menolong mereka melihat dunia dengan lebih jelas dan memahami Allah yang mengasihi mereka dengan lebih menyeluruh.

Ada baiknya kita mengingat hal tersebut saat kita rindu membagikan kabar baik tentang belas kasihan dan kasih karunia Allah kepada orang lain. Menggunakan cerita akan memperkecil peluang kita untuk ditolak.—John Blase

WAWASAN
Kata parable (perumpamaan) berasal dari kata-kata Yunani para dan bolé, yang berarti “menyandingkan.” Perumpamaan adalah ilustrasi yang diambil dari hal-hal yang umum, atau situasi hidup sehari-hari, yang membandingkan kebenaran yang sudah diketahui dengan kebenaran yang belum diketahui. Ada lebih dari empat puluh perumpamaan dalam keempat kitab Injil. Yesus sering menggunakan metafora penabur dan benih untuk menggambarkan Kerajaan Allah. Dalam Markus 4, Yesus mengajarkan tiga perumpamaan—perumpamaan sang penabur (ay.3-20), benih yang tumbuh (ay.26-29), dan biji sesawi (ay.30-33). Benih tersebut adalah firman Allah (ay.14; Luk. 8:11). Ketika ditanam di “tanah yang baik,” atau hati yang mau menerima (Mrk. 4:20; Mat. 13:23), benih yang membawa kehidupan tersebut tumbuh dengan baik dan membuahkan hasil tanpa usaha manusia (Mrk. 4:28-29). Inilah pekerjaan Allah yang tidak kelihatan—karya anugerah-Nya. Hanya Allah yang membuat benih tersebut tumbuh (1Kor. 3:6-7).—K. T. Sim

Bagaimana kamu dapat menyisipkan cerita atau perumpamaan ke dalam percakapanmu minggu ini? Mungkin seperti, “Pada suatu ketika, doaku dijawab Allah secara mengejutkan . . .”

Tuhan Yesus, Engkaulah Penasihat yang Ajaib dan Allah yang Mahakuasa. Berikanlah kami kreativitas untuk dapat membagikan kasih-Mu kepada siapa saja yang masih mau mendengar cerita kami.

Bacaan Alkitab Setahun: 2 Raja-Raja 24- 25; Yohanes 5:1-24

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Eduard MATULESSY
    Eduard MATULESSY says:

    Seorang Yesus adalah GURU BESAR yg menunjukkan dedikasiNya untuk kita mengajar…..Trimakasih Bapa…amin

  2. Rico Art
    Rico Art says:

    Terimakasih Tuhan atas banyak berkat dan pertolonganMu kepada kami yang tiada hentinya
    Amin

  3. Kristin S Silaban
    Kristin S Silaban says:

    Pernah satu kali menjadi komitmen dalam kelompok kecil untuk bersaksi pada orang di sekitar kita. Jujur ada perasaan tidak pede, takut di tolak takut malah di musuhi. Akhirnya beranikan diri untuk membagi firman Tuhan dengan cara sambil bercerita. Walaupun menjadi beban yang berat tapi cukup lega rasanya membagikan apa yang kita nikmati pada orang lain, dan ini cukup membantu kita untuk berkaca terhadap apa yang kita sampaikan pada orang lain.
    Renungan pagi ini menguatkan sekali untuk kita tetap membritakan kabar baik dan menjadi injil yang terbuka bagi sesama kita.

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *