Penolong Misterius

Info

Senin, 6 Januari 2020

Penolong Misterius

Baca: Ibrani 13:1-3

13:1 Peliharalah kasih persaudaraan!

13:2 Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat.

13:3 Ingatlah akan orang-orang hukuman, karena kamu sendiri juga adalah orang-orang hukuman. Dan ingatlah akan orang-orang yang diperlakukan sewenang-wenang, karena kamu sendiri juga masih hidup di dunia ini.

Jangan kamu lupa memberi tumpangan kepada orang, sebab dengan berbuat demikian beberapa orang dengan tidak diketahuinya telah menjamu malaikat-malaikat. —Ibrani 13:2

Penolong Misterius

Louise menderita distrofi otot (pengurusan otot akibat kekurangan zat gizi). Suatu hari, untuk keluar dari stasiun kereta, ia harus menaiki tangga yang besar dan tinggi tanpa lift atau eskalator. Tangisnya sudah nyaris pecah ketika tiba-tiba seorang laki-laki muncul, membawakan tasnya, dan perlahan membantunya naik. Ketika Louise berbalik untuk mengucapkan terima kasih, laki-laki itu sudah lenyap.

Michael sudah terlambat untuk menghadiri rapat. Dalam keadaan hati yang sedang kalut, ia berjuang menembus kepadatan lalu lintas kota London. Di tengah kepadatan itu, tiba-tiba ban mobilnya kempes. Ketika ia berdiri tanpa daya di tengah hujan, mendadak muncul seorang laki-laki dari tengah kerumunan, membuka bagasi, mendongkrak mobil, lalu mengganti bannya. Ketika Michael berbalik untuk berterima kasih padanya, orang itu sudah pergi.

Siapakah para penolong misterius itu? Orang asing yang baik hati, atau lebih daripada itu?

Gambaran umum kita tentang malaikat sebagai sosok yang bercahaya atau bersayap tidaklah sepenuhnya benar. Meski sejumlah malaikat muncul menyerupai gambaran itu (Yes. 6:2; Mat. 28:3), tetapi ada yang datang dengan kaki berdebu dan ingin makan (Kej. 18:1-5) sehingga kerap disangka orang biasa (Hak. 13:16). Penulis Ibrani mengatakan bahwa dengan memberi tumpangan kepada orang asing, tanpa disadari sebenarnya kita sedang menjamu malaikat (13:2).

Kita tidak tahu apakah yang menolong Louise dan Michael waktu itu adalah malaikat. Namun, menurut Alkitab, itu tidak mustahil. Malaikat terus bekerja menolong umat Allah hingga saat ini (Ibr. 1:14). Mungkin saja mereka terlihat biasa seperti orang kebanyakan.—Sheridan Voysey

WAWASAN
Para ahli tidak sepakat mengenai penulis, penanggalan, dan penerima kitab Ibrani, tetapi sepertinya kitab ini ditulis untuk orang-orang Yahudi (Ibrani) yang sedang mengkaji ulang pernyataan-pernyataan Yesus atau bergumul dengan iman mereka. Pasal 1-10 menunjukkan keutamaan Kristus di atas para malaikat, Musa, dan imam-imam besar. Dalam pasal 13, sang penulis menutup suratnya dengan nasihat-nasihat. Ayat 1 memulai dengan ajakan untuk memelihara kasih persaudaraan, kemudian ayat 2 mendorong para pembaca untuk melakukan lebih dengan memperluas kasih mereka kepada orang-orang yang tak dikenal (mereka yang berada di luar komunitas) dengan menawarkan makanan dan tumpangan. Perintah ini diperkuat dengan pengamatan bahwa beberapa orang “telah menjamu malaikat-malaikat” tanpa mengetahuinya, dan merujuk kepada pertemuan yang dialami Abraham, Gideon, serta Manoah dan istrinya (Kejadian 18:2,16; Hakim-hakim 6:11; 13:2-11). Ayat 3 mengajak pembaca untuk mengingat (dan berempati terhadap) orang-orang hukuman dan mereka yang diperlakukan sewenang-wenang. —Alyson Kieda

Apa yang kamu ketahui tentang malaikat? Pernahkah kamu berjumpa dengan malaikat tanpa menyadarinya saat itu?

Terima kasih, ya Allah, untuk para malaikat yang Engkau utus sehingga kami menerima pertolongan di saat kami sangat membutuhkannya.

Bacaan Alkitab Setahun: Kejadian 16-17; Matius 5:27-48

Handlettering oleh Tora Tobing

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, Santapan Rohani, SaTe Kamu

34 Komentar Kamu

  • Puji Tuhan😇

  • .AmiN.

  • Pertolongan Tuhan datang dengan cara yang istimewa dengan berbagai cara Ia pakai mengangkat tangan setiap orang yang berteriak minta tolong. Ya Allah sendengkanlah telingaMu kepada setiap hamba yang memanggil namaMu dalam kesesakan.

  • Hardiansyah Saragih Manihuruk

    aminnn Tuhan

  • Naomi Magdalena Simatupang

    amin ,😇

  • Ajar kami ya Tuhan. Terpujilah nama Tuhan skarang dan sampai slama Nya. Amin

  • kami percaya malaikatMU tetap menolong kami keluarga amin

  • Lusy Arthasari Situmorang

    😇😇😇

  • Amin

  • ya saya pernah mengalami hal yg sama. yg saya pikir malaikat. walaupun saya pikir setelah semuanya berlalu.

    Saya waktu itu diangkot nmelihat kejadian, seorg Ibu yg pekerja pabrik mau membayar penumpang lain yg diangkot, tdk punya kembali n uangngnya besar. Supir tdk punya uang kembali. Ibu yg pekerja pabrik, n org biasa mau membayarkan penumpang tersebut Dan dia sgt berterima kasih.

    Saya ada n melihat kejadian itu n terpana. Saya yg seorg kristen tdk tergerak utk memberikan pertolongan, tp org biasa n muslim itu maumenolong. n saya malu dalam hati.

    Bbrp hari kemudian n dalam perjalanan dalam angkot n plg dr tempat kerja, saya dalam angkot dgn seorang Ibu n dia mau turun, tp dia tidak punya uang kecil tp uang besar n supir tdk punya kembalian. Saya teringat kejadian sebelumnya yg saya liat,n saya memberànikan diri utk membilang ke Ibu itu, biar saya yg bayar Bu. nggak apa apa. pas turun dari angkot, ibu itu berterima kasih n membilang saya malaikat yg menolong nya.

    Tp bbrp saat kemudian saya mikir mikir spt nya ibu itulah yg malailat n sedang mengetest hati saya, apakah saya punya rasa belas kasian spt org muslim yg telah saya liat menolong ibu lainnya dalam angkot.

    Saya merasa yakin sekali, ibu itulah malaikat n dia melakukan hal yg sama utk melihat hati saya.

    oh terima kasih Tuhan. kau tetap hadir m hampir tdk aku sadari.

  • Amin…Tuhan memberkati!

  • Terimakasih Tuhan atas pertolonganMu kepada kami hari lepas hari
    Amin

  • Amin🙏

  • haleluyah, amin

  • Lawrence Daniel Lubis

    Amin, Puji Tuhan

  • pertolongan TUhan tiada habis2’ya. Amin…

  • 😂

  • Amin…amin banyak hal sudah Tuhan tolong dalam hidup saya…God is Good

  • Pernah. Waktu motor mogok di jalan tengah malam dan tidak punya uang di dompet pula. Rumah masih jauh jaraknya dan akhirnya dorong motor. Namun tetiba seorang anak muda pengendara motor berhenti di belakang dan menggunakan sebelah kaki untuk mendorong hingga sampai didepan rumah. Saya minta menunggu sejenak sementara saya masuk mengambil air minum untuk ditawarkan dan sedikit uang tanda terima kasih. Tapi setelah keluar dia menghilang begitu saja. Tuhan itu baik.

  • Tuhan itu nyata & DIA masih terus bekerja atas kita anak-anakNya.

    Beberapa tahun yang lalu ketika dalam pelayanan di Kota Banjarnegara, Jawa Tengah bersama keluarga rohani mengalami pengalaman supranatural dari Tuhan, Kami terjebak di hutan (antara Plato Dieng ke Kota Pekalongan) Mobil yang kami bawa tidak bisa putar balik arah, saat itu hanya ada satu jalan sempit yang hanya bisa dilewati oleh satu mobil saja.
    Solusi terbaik adalah kami harus terus melewati jalan itu sampai ke kota pekalongan, Ketika hari mulai gelap sekitar pukul 6 malam disekeliling kami pohon pinus & jurang di kanan kiri jalan, tiba-tiba kabut tebal menutupi jarak pandang mobil kami, kami sepakat berdoa dan menyembah Tuhan (menyanyi & bermazmur) bagi Tuhan, tiba-tiba keajaiban terjadi.. Kabut tebal terbelah membuka jarak pandang jalan kami sehingga mobil kami terus bergerak maju melewati tanjakan & turunan jalan yang curam. Beberapa jam kami masih berjuang untuk bisa keluar dari hutan, saat itu internet off dan aplikasi penunjuk arah tidak berfungsi kami mengalami kesulitan untuk melanjutkan perjalanan ke pekalongan. Tiba-tiba pertolongan Tuhan dating.. terlihat di depan kami ada mobil berwarna putih polos berjalan di depan kami, mobil kami tetap berada di belakang mobil putih itu, dengan harapan untuk bisa keluar dari hutan dengan selamat. Ketika mobil kami sudah hampir sampai di pintu keluar hutan kami menyalip mobil putih itu dan mengucapkan terima kasih kepada sopir mobil putih itu dan menanyakan arah jalan ke kota pekalongan. Ketika kami selesai bertanya arah jalan. kami melanjutkan perjalanan kami ke kota pekalongan, ketika kami sampai di pintu keluar hutan mobil putih yang ada di belakan kami sudah tidak terlihat lagi. kami sengaja menunggu mobil itu dengan harapan mau memberikan salam dan ucapan terima kasih yang terakhir pada sopir mobil putih itu karena kami sudah selamat keluar dari hutan.
    Sampai hari ini kami masih bertanya-tanya.. darimanakah mobil putih itu datang.. siapakah sopir mobil itu..

    Kesimpulan yang kami dapatkan dari pengalaman supranatural ini adalah..

    “Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat atas kita anak-anakNya, tetaplah berharap dan percaya pada firmanNya”

    Tuhan Yesus Kristus Baik
    Dia slalu ada Bersama kita anak-anakNya..

  • haleluyah🙏😇

  • saat kuatir dan takut, cerita saja sma Tuhan. TangaNya mampu menolong saat kita tak mampu melakukan apa², bahkan damai sejahteraNya mampu membuat hati kita tenang. 🙏

  • aku percaya malaikat tuhan menolong aku dan keluarga ku, entah itu sudah terjadi atau belum terjadi, tetap percaya , amin 😇

  • rindu dipakai Tuhan utk menjadi malaikat buat sesama yang membutuhkan. Semoga dapat mengimani dan melakukannya. amin

  • Amennn

  • Sangat diberkati dengan kesaksian nya :’)

  • amiin.. pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat.

  • saya nangkepnya dr ayat ini, maksud dari malaikat dlm makna konotatif bukan denotatif.. makna yg berarti org2 tertentu pilihan Tuhan yg dpt membuat kita diberkati Tuhan.. intinya, Tuhan memberkati kita ketika kita membantu org lain..

  • Amin..Puji Tuhan

Bagikan Komentar Kamu!