Penghapusan Utang

Info

Rabu, 11 Desember 2019

Penghapusan Utang

Baca: Ulangan 15:1-8

15:1 “Pada akhir tujuh tahun engkau harus mengadakan penghapusan hutang.

15:2 Inilah cara penghapusan itu: setiap orang yang berpiutang harus menghapuskan apa yang dipinjamkannya kepada sesamanya; janganlah ia menagih dari sesamanya atau saudaranya, karena telah dimaklumkan penghapusan hutang demi TUHAN.

15:3 Dari seorang asing boleh kautagih, tetapi piutangmu kepada saudaramu haruslah kauhapuskan.

15:4 Maka tidak akan ada orang miskin di antaramu, sebab sungguh TUHAN akan memberkati engkau di negeri yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk menjadi milik pusaka,

15:5 asal saja engkau mendengarkan baik-baik suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segenap perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini.

15:6 Apabila TUHAN, Allahmu, memberkati engkau, seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu, maka engkau akan memberi pinjaman kepada banyak bangsa, tetapi engkau sendiri tidak akan meminta pinjaman; engkau akan menguasai banyak bangsa, tetapi mereka tidak akan menguasai engkau.

15:7 Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu,

15:8 tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.

Telah dimaklumkan penghapusan hutang demi Tuhan. —Ulangan 15:2

Penghapusan Utang

Pada tahun 2009, Los Angeles County tidak lagi membebankan biaya penahanan anak-anak yang dipenjara kepada keluarganya. Meski tidak lagi dikenakan biaya di masa mendatang, keluarga tahanan tetap harus melunasi biaya yang tertunggak sebelum berlakunya kebijakan baru tersebut. Baru pada tahun 2018, pemerintah wilayah menghapuskan semua tunggakan yang belum terbayar.

Bagi sejumlah keluarga, penghapusan utang itu sangat membantu mereka dalam bertahan hidup. Karena tidak perlu lagi menggadaikan rumah atau menghabiskan gaji mereka untuk menutup utang, kini mereka lebih mampu mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk menjawab pergumulan hidup yang berat seperti itulah Allah menetapkan diadakannya penghapusan utang setiap tujuh tahun sekali (Ul. 15:2). Dia tidak ingin orang terikat selamanya oleh utang.

Karena orang Israel dilarang mengenakan bunga atas pinjaman kepada saudara sebangsanya (Kel. 22:25), motivasi mereka meminjamkan uang kepada sesamanya bukanlah untuk mencari untung, melainkan untuk membantu mereka yang mengalami kesulitan, seperti masalah gagal panen. Segala utang harus dihapuskan setiap tujuh tahun, sehingga taraf kemiskinan di tengah masyarakat pun menurun (Ul. 15:4).

Saat ini, umat Tuhan tidak lagi terikat oleh hukum penghapusan utang tersebut. Namun, adakalanya Allah mendorong kita untuk membebaskan saudara-saudari kita dari utang agar mereka yang dibebani olehnya dapat bangkit dan kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif. Dengan menunjukkan belas kasihan dan kemurahan hati, kita menjunjung sifat Allah yang mulai dan memberikan pengharapan kepada orang lain.—KIRSTEN HOLMBERG

WAWASAN
Hukum Musa memberi Israel panduan hidup. Pertama, ada unsur-unsur liturgis yang mengatur bagaimana Israel harus terlibat dalam ibadah kepada Allah, termasuk rancangan kemah pertemuannya dan perabotannya; berbagai prosedur yang berkaitan dengan waktu-waktu perayaan khusus; dan berbagai persoalan tentang kemurnian acara-acara seremonial. Ada juga komponen masyarakatnya, yang berurusan dengan bagaimana bangsa Israel harus berinteraksi satu sama lain sebagai keluarga dan sebagai bangsa perjanjian di bawah satu Allah. Akhirnya, hukum Musa juga memiliki komponen nasional yang menggambarkan bagaimana Israel harus berhubungan dengan bangsa-bangsa di sekeliling mereka setelah tiba di tanah perjanjian. Secara keseluruhan, hukum Musa merupakan panduan hidup yang lengkap bagi umat Allah. —Bill Crowder

Penghapusan “utang” apa yang pernah kamu alami? Siapa yang bisa kamu tolong dengan menghapuskan utang atau kesalahan yang telah diperbuatnya kepadamu?

Tuhan Yesus, terima kasih Engkau mempedulikan beban keuangan kami.

Bacaan Alkitab Setahun: Bacaan alkitab setahunHosea 5-8; Wahyu 2

Handlettering oleh Gabriel

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, Santapan Rohani, SaTe Kamu

20 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!