Arti Sesungguhnya Mengasihi Seseorang

Info

Hari ke-2 | 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Filipi
Baca Konteks Historis Kitab Filipi di sini

Baca: Filipi 1:9-11

1:9 Dan inilah doaku, semoga kasihmu makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian,

1:10 sehingga kamu dapat memilih apa yang baik, supaya kamu suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus,

1:11 penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Beberapa waktu lalu, seorang temanku mengirimiku chat yang panjang, ia sedang merasa frustrasi. Aku tidak nyaman dengan konflik—terutama ketika kondisinya tidak melibatkanku. Maka meskipun aku tahu aku harus menolong temanku itu, aku tidak tahu bagaimana caranya.

Suamiku mendorongku untuk meneleponnya, namun aku tidak menyukai pembicaraan melalui telepon. Aku tergoda untuk membiarkan perasaanku mengalahkan kepedulianku terhadap temanku, dan mengabaikannya begitu saja.

Namun, jika aku benar-benar mengasihi saudariku dalam Kristus, aku seharusnya memilih untuk berada di sampingnya. Aku pun memberanikan diri untuk meneleponnya, ternyata itu berdampak positif bagi kami berdua.

Menyatakan kasih dalam puji-pujian di hari Minggu atau melalui hashtag di Instagram memang mudah. Tetapi, cara tersebut bisa menjadi cara yang dangkal jika tidak disertai dengan tindakan nyata dari kasih tersebut. Terkadang kita memiliki niat yang baik, tapi kita tidak tahu bagaimana cara menyatakannya itu melalui tindakan.

Untungnya, Paulus meneladankan aplikasi praktis dari kasih ini. Dalam suratnya, ia mengekspresikan rasa syukurnya atas jemaat Filipi, dan menjelaskan bagaimana ia seringkali berdoa untuk mereka. Paulus membagikan detail doanya dalam ayat 9-11.

Dua frasa yang sangat menonjol bagiku adalah “pengetahuan” dan “segala macam pengertian”. Kata pengetahuan yang digunakan disini bukan hanya sekadar kumpulan fakta-fakta. Bahasa Yunaninya, “epignosis”, memiliki arti jenis pengetahuan yang berdampak pada pikiran dan hati, yang menuntun pada aplikasi yang personal dan relasional. Paulus menggunakan kata ini setiap kali ia mendorong para pembacanya untuk mengetahui/mengenal Tuhan (Efesus 1:17; Kolose 1:9-10; Filemon 6).

Istilah yang kedua, segala macam pengertian, dapat diartikan sebagai kearifan atau kebijaksanaan. Itu adalah kemampuan untuk melihat hal-hal yang benar-benar penting, dan mengetahui hal terbaik untuk dilakukan di setiap situasi.

Paulus mengatakan bahwa seiring kita mengenal Allah dengan lebih baik, kasih kita pada-Nya dan orang-orang lain akan semakin mendalam dengan sendirinya dan terwujudnyatakan dalam kehidupan. Kasih tersebut adalah kasih yang tanggap, dan sangat penting bagi perjalanan spiritual kita, hingga Paulus juga menyinggung perlunya bertumbuh dalam kasih ini dalam surat-suratnya yang lain (1 Tesalonika 3:12).

Kasih yang bijak tidak berhenti dalam pikiran. Kasih itu akan membentuk sikap dan perilaku kita. Kecenderungan alamiku adalah menjauh dari situasi yang sulit. Namun pengetahuanku akan perintah Kristus untuk mengasihi sebagaimana Ia mengasihi kita—dan mengetahui dengan jelas apa yang akan Kristus lakukan di dalam situasi tersebut—meyakinkanku untuk menelepon temanku.

Ketika kita mampu mengenali apa yang benar, kita akan mampu membuat keputusan yang “kudus dan tidak bercacat” yang sejalan dengan firman Tuhan dan sifat-Nya. Hidup seperti inilah yang akan menghasilkan buah-buah yang baik dan memuliakan Tuhan.

Aku lega karena mengetahui kitab Filipi menunjukkan pada kita bahwa ada cara untuk menumbuhkan kasih. Jika tidak, aku hanya akan mengandalkan pemahamanku sendiri tentang cara mengasihi—pemahaman yang aku tahu tidak cukup baik. Sebagai permulaan, kita dapat membudayakan kasih seperti yang Paulus tuliskan—kasih yang dibentuk melalui pengetahuan dan segala macam pengertian—dengan cara membaca dan merenungkan firman Tuhan, mengambil waktu untuk berdoa, belajar dari para mentor dan pemimpin, dan dengan menjadi pendengar dan pemerhati yang lebih baik bagi orang-orang di sekitar kita.

Mari izinkan diri kita untuk mengambil langkah untuk menumbuhkan kasih yang bijaksana. Mari kita berkomitmen untuk mengenal Tuhan lebih lagi, dan mengizinkan-Nya untuk mengubah kasih kita menjadi kasih yang tidak mudah digoyahkan oleh keadaan ataupun perasaan. Mari kita bertumbuh hari demi hari, bagi kemuliaan Allah.—Charmain Sim, Malaysia

Handlettering oleh Tora Tobing

Pertanyaan untuk direnungkan

1. Pikirkan sesorang yang kamu kenal yang bijak dan penuh kasih. Pernahkah kamu mendapat nasihat yang didasari oleh “kasih” dan “pengetahuan”?

2. Hal-hal apa yang biasanya kamu doakan? Apakah kamu berdoa untuk nilai, kondisi finansial, dan relasi yang baik—atau kamu berdoa agar bertumbuh dalam kasih, kearifan, dan sifat-sifat yang benar?

3. Bagaimana doa Paulus dalam surat ini menantang caramu melihat hal yang penting dalam hidupmu?

Bagikan jawaban atas perenunganmu ini di kolom komentar. Kiranya jawaban sobat muda dapat menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain.

Tentang Penulis:

Charmain Sim, Malaysia | Charmain menyuikai coklat, kue-kue, dan cerita-cerita luar biasa dari orang biasa. Charmain juga menyukai kejutan-kejutan kecil namun berarti yang Tuhan berikan untuknya setiap hari.

Baca 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Filipi

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Saat Teduh Kitab Filipi, SaTe Kamu

27 Komentar Kamu

  • Renungan diatas membuat saya memikirkan kembali, apakah saya telah mengasihi orang sepenuhnya. Terkadang sebagai orang kristen saya banyak berbicara tentang kasih, tetapi saya s3lalu merenungkan betapa sulitnya mengasihi orang yang tidak mengasihi saya atau berbuat jahat kepada saya. Sehingga pada akhirnya kasih itu adalah timbal balik dari apa yang orang perbuat kepada saya. Berdoa agar saya dapat mengasihi Tuhan dan sesama dengan benar.

  • 1. Ya, saya pernah mendapat nasihat dari teman saya yang dimana jikalau dia menasihati teman-temannya saya merasakan ada kasih yang berbicara dan pengetahuan. Nasihatnya selalu menyentuh kehidupan ku.
    2. Saya berdoa selalu buat kesehatan dan pergumulan-pergumulan dalam hidupku, seperti buat teman-teman ku juga aku doakan atau orang-orang yang menyakiti atau sedang marahan dengan ku aku doakan agar tidak saling marahan lagi
    3. Ya menurut saya menanatang, karena kebanyakan sih kiya berdoa hanya untuk hal-hal yang mau kita wujudkan atau yang kita inginkan, kita lupa akan kasih, kita lupa untuk mewujudkan kasih itu dalam kehidupan kita.

  • Mama dan papa
    Yang didoakan seperti halnya keluarga, study, relasi yg baik dengan teman sahabat dan pacar, kesehatan umur panjang.
    Untuk lebih memakai kasih Allah dalam prngetahuan kita, jgn dengn pengertian sendiri.

  • 1. seseorang yg aku pikirkan yg aku kenal : pembina dan cici mentoring.. aku pernah dapat nasihat dari mereka
    2. A. ketika salah seorang temen gerejaku menceritakan ke aku tentang pergumulan yang dia hadapi, aku dan dia saling mendoakan.. B. yes ku berdoa untuk kondisi finansial keluarga bahkan juga doain relasi keluarga
    3. dengan menunjukkan perbuatan kasih kita kepada orang lain dalam kehidupan sehari2 baik di gereja maupun disekitar nya

  • 1. orang yang menurut ku punya kasih dan pengetahuan akan nasehatnya adalah kak Desri. dia adalah kakak rohani ku di kelompok kecil. iman rohaniku semakin bertumbuh karena dia. dari yg males2an akhirnya menjadi rajin untuk bertumbuh dalam kerohanian
    2. aku biasanya mendoakan finansial, mendoakan diriku sendiri, keluargaku, dan teman2ku yang sudah percaya atau belum tp yg trkhir ini jrang sih. aku lbh sering berdoa untuk diriku sendiri.
    3. aku merasa ditantang untuk peduli terhadap teman2ku dan lingkunganku. ditantang untuk mendoakan mereka yang sedang ad pergumulan atau masalah. kiranya kasihku nanti dapat bertumbuh dan tidak akan bisa digoyahkan. amin

  • 1. Pernah, dia adalah Kezia Panjaitan. Teman sekampus saya, dia masih muda tetapi dia sangat dipakai Tuhan, bahkan didalam menasihati, Tuhan pakai dia menjadi seorang yang penuh kasih dan berpengetahuan, dan sangatlah benar setiap kali saya membagikan pergumulan saya dengan dia, saya mendapatkan sesuatu yang luarbiasa dari Tuhan dengan memakai Kezia.

    2. Semua selalu saya doakan, hanya saja saya lebih memfokuskan pada bagian bertumbuh dalam kasih. Karena saya pribadi adalah seseorang yang cuek dan tidak perduli dengan keadaan orang lain, sehingga saya sangat mendoakan bagian ini, agar Tuhan memberikan saya hikmat mengasihi, dan saya pun akan belajar mengasihi sesama, karena Yesus sendiri sudah mengasihi saya terlebih dahulu.
    3. Sangat menantang, bahkan ini tamparan keras buat saya, karena saya sangat sulit mengasihi orang lain, bahkan keluarga saya sendiri. Saya ingin dikasihi tanpa harus mengasihi. Egois memang, tapi melalui ini, saya sadar dan memahami bahwa kasih itu tidak bersyarat dan tak terbatas dan semua orang seharusnya mengasihi tanpa dikaaihi kembali, karena Tuhan Yesus sendiri sudah terlebih dahulu mengasihi kita.

    Semakin berkarya buat Tuhan, semangat pagi. Tuhan memberkati. 🍁

  • 1. Saudara seiman ku yg slalu teach me how to love people around me, whether they’re good or not to me. And I still learning how to.
    2. Akhir2 ini doa saya lbh ke keselamatan org yg kusayangi, trus supaya adikku blh prcaya Tuhan, dan spaya aku smakin hari blh jd org yg semakin kuat imannya, dan smakin benar kehidupan nya.
    3. Saya tertantang utk lebih dan lebih lg menjadi org yg benar, agar pas hari Kristus saya blh diakui olehNya. Dan saya trtantang utk mengasihi org banyak lebih lagi, saya harap teman2 smua jg bisa.

  • Shalom. Terima kasih buat renungan yang sangat membina.

    1. Pastor dan sahabat seiman.
    2. Doa harian seperti perlindungan dan kelancaran semua yg dilakukan seharian. Mengambil masa berdoa utk hal2 yang berlaku disekitar (org/situasi/kesusahan).
    3. Mengasihi mudah untuk diucapkan tetapi dengan tindakan bijak ia memberi impak yang berlainan kepada peribadi yang menerima nya.

    Tuhan berkati!

  • 1. Orang tua, dan pendeta. Mereka mengajarkan bagaimana pengenalan akan Tuhan dengan membaca alkitab, dan memberikan pengetahuan dengan bercerita tentang pengalaman hidup mereka.
    2. hal yang biasa saya doakan yaitu agar semua orang boleh meresakan kasih Tuhan, dan mengucap syukur karena Tuhan Yesus setia dan penuh kasih.
    3. Dengan mengingat kebaikan dan kesetiaan yang telah kita terima dalam Tuhan Yesus.

  • Krisdayanti Sari Mase

    1. Yang paling bijak dan penuh kasih itu adalah keluarga saya (mama, papa, dan kakak). Mereka yang selalu menasihati saya dengan penuh kasih demi kebaikan saya untuk memperoleh masa depan saya dengan baik dan penuh kasih.
    2. Yang saya doakan adalah kesehatan kami, kelancaran saya dalam kuliah sampai wisuda, kelancaran dalam pelayanan, serta keluarga besar. Selain itu, saya pun berdoa agar saya tetap bertumbuh dalam kasih melalui pimpinan Roh Kudus.
    3. Saya harus selalu menunjukkan kasih kepada keluarga, teman-teman di kampus, bahkan rekan-rekan di gereja. Karena dengan saling mengasihi satu sama lain pasti akan diberkati selalu oleh Tuhan.

  • Saya merenung senantiasa ketika mendengar kata kasih, seperti di renungan di pagi ini kembali mengingat kan bagaimana kah kasoh saya selam saya hidup, dan jiwa yang penuh kasih adalah jiwa yang sejati mencintai Allah. Doa saya yang saya lakukan memang sangat jrang mendoakn agar Aya lebih mengasihi padahal itu yang terpenting..

  • Dhesi ari andriyani

    1.kakak rohaniawan, meski skrg jauh diluar kota,ttp komunikasi ttp berjalan
    Dan dia sering memberi nasehat dan pengetahuan berdasarkan alkitab

    2.bnyak hal yg aku doakan
    Terutama relasi dg sesama
    Dan trs memohon pimpinan Tuhan unt menjadikan aku bertumbuh selalu sesuai kehendak Tuhan,dlm hal kebenaran dan kasih

    3.dg cara melakukan tindakan kasih yg nyata,,dlm kehidypan sehari2,
    bukan hnya teori

  • 1. Pernah, kakak mentor ku. Dia yang selalu tegasin bahwa kasih itu butuh tindakan nyata, butuh bijaksana bukan sekedar kasih pura pura
    2. Berdoa untuk nilai, perjalanan kuliah, KTB ku, dan relasi bersma sekitar
    3. Luar biasa menolong dan menyadarkan begitu penting nya kasih bagi kita dan sesama, dan bukan sekedar pemberian yang sering namun tindakan langsung dan berkorban, serta jadi pendengar yang baik

  • 1. Orang tua, patner pelayanan dan kak PKK selalu mendapat nasehat dari mereka
    2. Hal yg paling sering ku doakan ialah, kesehatan diri sendiri dan semua orang khususnya yg terlibat dekat dengan kehidupanku, pelayanan, dimampukan melakukan Firman.
    3. Menantang untuk mengasihi sesama lebih banyak lagi, tidak hanya bersimpati dalam hati dan pikiran, tapi memberanikan diri untuk ikut terlibat dan mendengarkan serta membei saran bahkan bantuan.

  • 1. Ibu saya. Pernah. Ibu saya selalu memberi nasihat dan menegur dengan kasih dan selalu disertai dengan ayat² Firman Tuhan
    2. Saya selalu berdoa untuk kesehatan utk keluarga,pergumulan hidup,pekerjaan,hubungan kekeluargaan,pasangan hdp,juga saya berdoa supaya selalu bertumbuh dlm kasih,supaya saling mengasihi antara satu dengan yg lain. Krn bicara soal kasih itu mmg gampang,melakukannya tdk mudah. Krna sy sndri blm bisa mengasihi dgn tulus,apalagi klu org itu jahat sma sy. Kadang hati sy mau membalas,kadang tdk. Sbb itu sy sllu berdoa supaya Tuhan taruh kasih dlm hati sy supaya sy bisa mengasihi sesama dgn tulus trlbh mengasihi Tuhan
    3. Mengajarkan supaya kita bisa belajar mengerti dan memahami makna kasih yang sesungguhnya dengan cara melakukan tindakan nyata utk lbh mengutamakan kasih dalam segala hal baik dlm keluarga,pekerjaan,dan sesama belajar utk tulus dan ikhlas melakukannya karna itulah kasih yang sesungguhnya

  • 1. Ibu saya. Pernah. Ibu saya selalu memberi nasihat dan menegur dengan kasih dan selalu disertai dengan ayat² Firman Tuhan
    2. Saya selalu berdoa untuk kesehatan utk keluarga,pergumulan hidup,pekerjaan,hubungan kekeluargaan,pasangan hdp,juga saya berdoa supaya selalu bertumbuh dlm kasih,supaya saling mengasihi antara satu dengan yg lain. Krn bicara soal kasih itu mmg gampang,melakukannya tdk mudah. Krna sy sndri blm bisa mengasihi dgn tulus,apalagi klu org itu jahat sma sy. Kadang hati sy mau membalas,kadang tdk. Sbb itu sy sllu berdoa supaya Tuhan taruh kasih dlm hati sy supaya sy bisa mengasihi sesama dgn tulus trlbh mengasihi Tuhan
    3. Mengajarkan supaya kita bisa belajar mengerti dan memahami makna kasih yang sesungguhnya dengan cara melakukan tindakan nyata utk lbh mengutamakan kasih dalam segala hal baik dlm keluarga,pekerjaan,dan sesama belajar utk tulus dan ikhlas melakukannya karna itulah kasih yang sesungguhnya

  • 1. Ya, sy pernah mendapatkanya dari Mentor dan shabay rohani saya.
    2. Sy sering mendoakan spy dpt bertumbuh dlm kasih dan kearifan.
    3. Point yg sgt menegur sy adalah Filipi1:10 tentang supaya tetap suci dan tidak bercacat menjelang hari Kristus. Baik dalam berelasi, maupun dlam pekerjaan.

  • 1. Oma sy. Saat sy masih duduk di bangku SMA, saat sy masih baru belajar mencari tau siapa diri sy sebenarnya dan apa yg Tuhan inginkan daei kehidupan sy.

    2. Ya, terkadang (bahkan selalu) yg sy doakan hanyalan sesuatu yg berfokus pada kepentingan ‘diri’ sy sendiri

    3. Doa Paulus mengajarkan sy untuk tidak hanya memikirkan ‘kepentingan diri sy pribadi’ melainkan lebih dari itu mengingat org2 disekitar sy yg bersama dgn sy saling membangun dan menopang menjalani kehidupan sebagai bentuk nyata Kasih yg sebenarnya

  • Amin… Renungan ini mengingatkan saya pada orang-orang yang begitu mengasihi saya namun saya belum mampu membalasnya dengan baik. Semoga Tuhan senantiasa membimbing dan memberikan penguatan bagi kita semua.

  • lilis andriani hutabarat

    1. pembimbing rohani dan CGL
    2. masih hal finansial, kesehatan, relasi yang baik. namun, ketika kontak doa, maka akan saling mendoakan.
    3. dengan berdoa kepada Tuhan mengenai bagaimana sebenarnya aku harus mengaplikasikan apa yang aku doakan, dengan menjadi jawaban doa itu sendiri.
    amin

  • Saat ini saya sedang gelisah dgn keberadaan saya, sy sulit merasa bahagia, sy merasa rendah diri, sy juga merasa tdk berarti apa2. Saya memohon kpd Tuhan agar menjamah sy dan mengubah suasana hati saya tersebut..krn perasaan itu membuat perasaan kasih saya menjadi tumpul. Sehingga sulit memahami orang lain.

  • Rotua Katerina Samosir

    1. Ya. Puji Tuhan pernah.
    Bahkan turut mendoakan scara langsung.
    2. Sblum saya meminta berkat dari Tuhan, terlebih saya bersyukur atas sgala berkat Tuhan, lalu saya meminta pengampunan utk sgala dosa kami.
    3. Kasih yg terlihat lebih baik, daripada kasih yg tersembunyi. Hidup menjadi berkat, kita akan terberkati. Amin. Terpujilah Tuhan

  • Ajar kami ya Tuhan. Terpujilah nama Tuhan skarang dan sampai slamaNya. Aminn

  • 1. Ya,saya pernah mendapat nasihat dari teman² saya,walaupun kami tidak terlalu dekati tetapi dia memberikan ku nasihat dan sayapun bisa merasakan kasihnya yang berbicara dan pengetahuannya.
    2. hal² yang sering saya doakan itu saya selalu berdoa untuk teman2 saya di setiap pergumulan yg di hadapi,selalu diberi kesehatan serta kekuatan untuk menjalani kehidupannya masing²
    3. dengan doa Paulus didalam surat ini,bagaimana kita diajarkan untuk berdoa dengan menunjukkan kasih kepada sesama manusia serta dalam pengetahuan dan pengertian yang baik. dan dengan kepenuhan semua itu kita beroleh buah kebenaran yang dikerjakan Oleh Yesus Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

  • 1. Ya, Puji Tuhan saat ini masih ada bbrp org2 yg saya di antaranya orgtua, pembina, dan sahabat yg percaya saya percaya memberi saya nasehat yg di dasari kasih dan pengetahuan dan selalu saling mendoakan.
    2. Saat ini saya lebih byk mendoakan relasi saya, pertumbuhan kasih dan kepekaan dg Tuhan sblm saya menanggapi orglain mau mengajak saya sharing, dan kondisi finansial.
    3. Dari doa Paulus, mengajarkan saya utk bisa lebih menyatakan kasih lebih tidak hanya mendoakan tapi jg diiringi dg tindakan sehari hari saat bertemu dg org2 tersebut.

  • Tuhan…ajar aku utk lebih mengerti ttg Arti KasihMu didlm kehidupanku,karena KasihMu nyata dudlm hidupku.Amin.

  • 1.pernah…dia adalah teman saya sendiri,dia sosok yang tidak bgtu baik tetapi saya merasa ditegur setiap kali dia menasehati saya.
    2.Saya selalu mendoakan hubungn relasi dengn keluarga,sesama..tetapi terkadang sy lupa akan hal itu..

Bagikan Komentar Kamu!