Juruselamat yang Mengenal Kita

Info

Minggu, 16 Juni 2019

Juruselamat yang Mengenal Kita

Baca: Yohanes 1:43-51

1:43 Pada keesokan harinya Yesus memutuskan untuk berangkat ke Galilea. Ia bertemu dengan Filipus, dan berkata kepadanya: “Ikutlah Aku!”

1:44 Filipus itu berasal dari Betsaida, kota Andreas dan Petrus.

1:45 Filipus bertemu dengan Natanael dan berkata kepadanya: “Kami telah menemukan Dia, yang disebut oleh Musa dalam kitab Taurat dan oleh para nabi, yaitu Yesus, anak Yusuf dari Nazaret.”

1:46 Kata Natanael kepadanya: “Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?”

1:47 Kata Filipus kepadanya: “Mari dan lihatlah!” Yesus melihat Natanael datang kepada-Nya, lalu berkata tentang dia: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!”

1:48 Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Jawab Yesus kepadanya: “Sebelum Filipus memanggil engkau, Aku telah melihat engkau di bawah pohon ara.”

1:49 Kata Natanael kepada-Nya: “Rabi, Engkau Anak Allah, Engkau Raja orang Israel!”

1:50 Yesus menjawab, kata-Nya: “Karena Aku berkata kepadamu: Aku melihat engkau di bawah pohon ara, maka engkau percaya? Engkau akan melihat hal-hal yang lebih besar dari pada itu.”

1:51 Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.”

Kata Natanael kepada-Nya: “Bagaimana Engkau mengenal aku?” —Yohanes 1:48

Juruselamat yang Mengenal Kita

“Ayah, jam berapa sekarang?” tanya putra saya dari kursi belakang. “Jam setengah enam.” Saya tahu pasti apa yang akan ia katakan selanjutnya. “Salah! Sekarang masih setengah enam kurang dua menit!” Saya perhatikan wajahnya yang sangat gembira, seakan hendak mengatakan, “Kena deh!” Saya juga merasa senang, karena sebagai orangtua, saya mengenal persis kebiasaan anak saya.

Seperti orangtua mana pun yang penuh perhatian, saya mengenal anak-anak saya. Saya tahu bagaimana reaksi mereka ketika saya membangunkan mereka dari tidur. Saya tahu apa yang mereka inginkan untuk makan siang. Saya tahu minat, keinginan, dan pilihan mereka yang begitu beragam.

Namun demikian, saya tidak akan pernah benar-benar mengenal mereka dengan sempurna seperti Tuhan mengenal kita masing-masing.

Di Yohanes 1, kita dapat melihat sekilas pengetahuan mendalam yang Yesus miliki atas murid-murid-Nya. Natanael didesak Filipus untuk menemui Yesus, dan ketika ia menghampiri-Nya, Yesus berseru: “Lihat, inilah seorang Israel sejati, tidak ada kepalsuan di dalamnya!” (ay.47). Dengan terkejut, Natanael berkata kepada-Nya, “Bagaimana Engkau mengenal aku?” Dengan jawaban yang agak misterius, Yesus berkata bahwa Dia telah melihat Natanael di bawah pohon ara (ay.48).

Kita mungkin tidak mengerti alasan Yesus mengungkapkan fakta tersebut, tetapi kelihatannya Natanael mengerti! Karena takjub, ia pun menjawab, “Rabi, Engkau Anak Allah!” (ay.49).

Yesus mengenal kita masing-masing dengan sangat baik, utuh, dan sempurna—sesuatu yang selalu kita rindukan. Dia pun menerima kita sepenuhnya, dan mengundang kita, bukan hanya menjadi pengikut-Nya, melainkan juga menjadi sahabat terkasih-Nya (Yoh. 15:15). —Adam Holz

WAWASAN
Dua belas rasul (para murid Yesus) disebutkan namanya dalam Matius 10:2-4, Markus 3:16-19, dan Lukas 6:14-16 (ketiganya dikenal sebagai Injil Sinoptik karena serupa dalam isi dan urutan), tetapi tidak dalam Injil Yohanes. Namun, Yohanes menceritakan bagaimana lima murid Yesus (hanya empat yang disebut namanya: Andreas, Petrus, Filipus, dan Natanael) bertemu dengan Dia untuk pertama kalinya (Yohanes 1:35-51). Karena Natanael tidak disebut sebagai salah satu dari dua belas rasul dalam Sinoptik, hal ini membangkitkan pertanyaan mengenai identitasnya. Para pakar Alkitab berpendapat bahwa Natanael adalah orang yang sama dengan Bartolomeus. Ada dua alasan pendukung. Pertama, Natanael tidak disebutkan dalam Injil Sinoptik dan Bartolomeus tidak disebutkan dalam Injil Yohanes (artinya, kemungkinan dua tulisan itu memakai nama berbeda untuk menyebut orang yang sama). Kedua, karena Filipus dan Bartolomeus selalu disebutkan bersamaan, sementara Filipus disebutkan bersama dengan Natanael dalam Yohanes1:43-45, para ahli menyimpulkan bahwa Bartolomeus dan Natanael adalah orang yang sama. —K.T. Sim

Bagaimana perasaan kamu setelah menyadari bahwa kamu dikenal seutuhnya oleh Yesus, Tuhan kita?

Tuhan Yesus, terima kasih sudah mengundangku untuk mengikut-Mu di sepanjang lika-liku hidupku.

Bacaan Alkitab Setahun: Nehemia 4-6; Kisah Para Rasul 2:22-47

Handlettering oleh Agnes Paulina

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Santapan Rohani, SaTe Kamu

17 Komentar Kamu

Bagikan Komentar Kamu!