Hanya Bocah Gelandangan

Kamis, 13 Juni 2019

Hanya Bocah Gelandangan

Baca: 1 Petrus 2:4-10

2:4 Dan datanglah kepada-Nya, batu yang hidup itu, yang memang dibuang oleh manusia, tetapi yang dipilih dan dihormat di hadirat Allah.

2:5 Dan biarlah kamu juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani yang karena Yesus Kristus berkenan kepada Allah.

2:6 Sebab ada tertulis dalam Kitab Suci: “Sesungguhnya, Aku meletakkan di Sion sebuah batu yang terpilih, sebuah batu penjuru yang mahal, dan siapa yang percaya kepada-Nya, tidak akan dipermalukan.”

2:7 Karena itu bagi kamu, yang percaya, ia mahal, tetapi bagi mereka yang tidak percaya: “Batu yang telah dibuang oleh tukang-tukang bangunan, telah menjadi batu penjuru, juga telah menjadi batu sentuhan dan suatu batu sandungan.”

2:8 Mereka tersandung padanya, karena mereka tidak taat kepada Firman Allah; dan untuk itu mereka juga telah disediakan.

2:9 Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib:

2:10 kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. —1 Petrus 2:9

Hanya Bocah Gelandangan

“Oh, hanya bocah gelandangan,” bisik seseorang dengan nada menghina ketika Rodney Smith berjalan ke depan kapel untuk menerima Kristus dalam sebuah kebaktian di tahun 1877. Tidak ada yang memperhitungkan anak remaja dari sepasang gelandangan yang tidak berpendidikan itu. Namun, Rodney tidak menggubrisnya. Ia yakin Allah memiliki tujuan atas hidupnya sehingga ia membeli sendiri Alkitab dan kamus bahasa Inggris, serta belajar membaca dan menulis secara mandiri. Ia pernah berkata, “Jalan kepada Yesus bukanlah melalui Cambridge, Harvard, Yale, atau lewat para pujangga. Hanya . . . melalui bukit kuno bernama Golgota.” Di luar perkiraan banyak orang, Rodney dipakai Allah dengan luar biasa sebagai penginjil yang membawa banyak jiwa percaya kepada Yesus di Inggris dan Amerika Serikat.

Petrus juga orang yang sederhana—tidak berpendidikan dalam agama (Kis. 4:13), seorang nelayan dari Galilea—ketika Yesus memanggilnya dengan dua kata yang singkat: “Ikutlah Aku” (Mat. 4:19). Namun Petrus yang sama, sekalipun tidak terpelajar dan pernah gagal di tengah jalan, kemudian menegaskan bahwa semua yang mengikut Yesus adalah “bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri” (1ptr. 2:9).

Melalui Yesus Kristus, semua orang—apa pun latar belakang pendidikan, lingkungan, jenis kelamin, atau etnik mereka—dapat menjadi bagian dari keluarga Allah dan dipakai oleh-Nya. Semua yang percaya kepada Yesus Kristus adalah “umat kepunyaan Allah sendiri”. —Estera Pirosca Escobar

WAWASAN
Tulisan Petrus dalam Perjanjian Baru menunjukkan bahwa ia tahu banyak tentang Kitab Suci Yahudi (yang kita kenal sebagai Perjanjian Lama). Dalam 1 Petrus 2 saja, Petrus mengutip atau menyinggung setidaknya lima bagian kitab yang berbeda. Pada ayat 6, rujukannya adalah Yesaya 28:16, ayat ke-7 diambil dari Mazmur 118:22, dan ayat ke-8 dari Yesaya 8:14. Pilihan kata-kata dalam ayat ke-9, yang merujuk pada para orang percaya, berasal Keluaran 19:5-6 untuk menggambarkan bangsa Israel: “Kamu akan menjadi harta kesayangan-Ku sendiri dari antara segala bangsa, . . . Kamu akan menjadi bagi-Ku kerajaan imam dan bangsa yang kudus.” Tulisan Nabi Hosea (Hosea 1:6, 9-10) pun dipakai Petrus ketika ia menulis 1 Petrus 2:10, “Kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.” —Arthur Jackson

Apa artinya bagimu menjadi bagian dari bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, umat kepunyaan Allah sendiri? Bagaimana kamu dikuatkan oleh kenyataan bahwa Allah dapat memakai kamu untuk memuliakan nama-Nya?

Ya Allah, aku berterima kasih karena identitasku yang sejati ditemukan di dalam Engkau.

Bacaan Alkitab Setahun: Ezra 6-8; Yohanes 21

Handlettering oleh Teguh Arianto

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Melfa She Lala He
    Melfa She Lala He says:

    ya sekarang keluargaku adalah keluarga kerajaan ALLAH, dan tak ada satupun yh dapat menghancurkannya…

  2. Naomi Bato' Lapik
    Naomi Bato' Lapik says:

    kadang kt mc selalu menilai orang dr luarnya saja…terlll menganggap remeh sesama kita,,,tp org kaya sekolah tinggi pejabat klok tdk berhikmat dan Tuhan tdk pakai menjadi alatnya kan percuma..karna banyak yg datang tp sedikit yang terpilih…jd melalui renungan ini kita sebagai anak Tuhan jgn menilai org dr luar tirulah Yesus Kristus ,,,Yesus lahir bukan di hotel bukan di istana tp d kandang domba…dan Yesus datang ke dunia dengan penuh kerendahan bukan untuk di layani tapi untuk melayani..ok selamat melayani sesama melalu Tuhan dengan tulus..krn siapa yg setia mengikuit mnjalankan perintahNya dia akan mendapat mahkota kehidupan. ok JBU

  3. Joses
    Joses says:

    menjadi bagian dari bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, umat kepunyaan Allah adalah suatu anugerah yang Tuhan berikan kepada kita untuk menjadi bagian tersebut. Tetapi juga di satu sisi kita memikul tanggung jawab yang besar akan hal tersebut. Memikul salib kita sendiri dimanapun kita berada. “Allah dapat memakai kita” kalimat ini juga merupakan anugerah kepada kita. Berbahagialah kamu yang terus di pakai oleh Tuhan untuk terus bisa memuliakan namanya dan hal ini juga merupakan ungkapan syukur kita kepadanya. Amin

    -Joses

  4. FrensiA
    FrensiA says:

    Terimakasih Tuhan Yesus engkau Allah yang baik dan mau mengasihi saya yang tak berharga bagi dunia amin

  5. Nover Hiskhia
    Nover Hiskhia says:

    Tuhan, terima kasih karena Engkau memilih kami menjadi umat pilihan-Mu.Ajarilah kami agar tetap setia kepada-Mu.
    Amin

  6. Hengki Leonardo Sibarani
    Hengki Leonardo Sibarani says:

    ya ,kiranya kita tetap menjadi pribadi yang takut akan Tuhan,yakinlah Allah tetap ingat pada kita anaknya.amin

  7. Hengki Leonardo Sibarani
    Hengki Leonardo Sibarani says:

    mohon doa,buat teman2 saudara kita yg sedang ada masalah ,serta teman2 yg sedang dalam masa2 dimana butuh diingatkan untuk selalu meminta dan bedoa pada Tuhan kita Yesus kristus.amin

  8. indria
    indria says:

    Mengapa harus memalingkan muka lagi ketika dengan Tangan Terbuka TUHAN menyambut Qta…

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *