Kasih yang Tidak Terselami

Selasa, 2 April 2019

Kasih yang Tidak Terselami

Baca: Yohanes 13:31-35

13:31 Sesudah Yudas pergi, berkatalah Yesus: “Sekarang Anak Manusia dipermuliakan dan Allah dipermuliakan di dalam Dia.

13:32 Jikalau Allah dipermuliakan di dalam Dia, Allah akan mempermuliakan Dia juga di dalam diri-Nya, dan akan mempermuliakan Dia dengan segera.

13:33 Hai anak-anak-Ku, hanya seketika saja lagi Aku ada bersama kamu. Kamu akan mencari Aku, dan seperti yang telah Kukatakan kepada orang-orang Yahudi: Ke tempat Aku pergi, tidak mungkin kamu datang, demikian pula Aku mengatakannya sekarang juga kepada kamu.

13:34 Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi; sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi.

13:35 Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi.”

Sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. —Yohanes 13:34

Kasih yang Tidak Terselami

Jemaat kecil kami memutuskan memberi kejutan pada anak lelaki saya pada ulang tahunnya yang keenam. Mereka menghiasi ruang kelas Sekolah Minggu dengan balon-balon dan menyiapkan satu meja kecil dengan kue diatasnya. Ketika anak saya membuka pintu, semua orang pun berteriak: “Selamat ulang tahun!”

Belakangan, saat saya memotong kue, anak saya datang menghampiri dan berbisik di telinga saya, “Ibu, mengapa semua orang di sini sayang padaku?” Saya juga memiliki pertanyaan yang sama! Kami baru enam bulan mengenal mereka tetapi mereka memperlakukan kami seolah-olah kawan lama.

Kasih mereka kepada anak saya mencerminkan kasih Allah kepada kita. Kita tidak bisa memahami mengapa Dia mengasihi kita, tetapi itulah yang Dia lakukan—dan kasih-Nya diberikan secara cuma-cuma. Kita tidak melakukan apa pun yang membuat kita layak menerima kasih-Nya, tetapi Dia melimpahi kita dengan kasih-Nya. Kitab Suci mengatakan: “Allah adalah kasih” (1yoh. 4:8). Itulah Dia.

Allah telah mencurahkan kasih-Nya kepada kita supaya kita dapat menunjukkan kasih yang sama kepada sesama. Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: “Sama seperti Aku telah mengasihi kamu demikian pula kamu harus saling mengasihi. Dengan demikian semua orang akan tahu, bahwa kamu adalah murid-murid-Ku, yaitu jikalau kamu saling mengasihi” (Yoh. 13:34-35)

Jemaat di gereja kecil kami mengasihi karena kasih Allah ada dalam mereka. Kasih itu terpancar dan menandai mereka sebagai pengikut-pengikut Yesus. Kita tidak sepenuhnya bisa memahami kasih Allah, tetapi kita dapat mencurahkan kasih itu kepada sesama, sehingga kita menjadi contoh kasih-Nya yang tidak terselami. —Keila Ochoa

WAWASAN

Kata kunci dalam bacaan hari ini adalah mulia (dipermuliakan). Lima kali kata itu dipakai dalam ayat 31-32. Yesus berbicara tentang kemuliaan-Nya (dipermuliakan), kemuliaan Allah (Bapa), dan hubungan antara dua kemuliaan tersebut. Hubungannya timbal balik: ketika Yesus dipermuliakan, Allah dipermuliakan; ketika Allah dipermuliakan, Yesus pun dipermuliakan.
Menurut kamus konkordansi Strong, mempermuliakan artinya “memberi bobot dengan mengakui nilai sesungguhnya.” “Mempermuliakan Allah” berarti mengakui Dia sebagaimana Pribadi-Nya yang sesungguhnya. Sebagai contoh, “memberi kemuliaan kepada Allah” ialah secara pribadi mengakui Allah dalam karakter (esensi)-Nya yang sejati.”
Yesus mengungkapkan siapa Dia sebenarnya; ketika jati diri-Nya disingkapkan, Dia juga mengungkapkan Bapa. —J.R. Hudberg

Bentuk kasih Allah apa yang baru-baru ini Anda alami melalui orang lain? Apa yang dapat Anda lakukan untuk menunjukkan belas kasih-Nya kepada sesama hari ini?

Karena Allah mengasihi kita, kita dapat mengasihi sesama.

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 16–18; Lukas 7:1-30

Handlettering oleh Febronia

Bagikan Konten Ini
27 replies
  1. Aren Siahaan
    Aren Siahaan says:

    amin,, terpujilah Tuhan yg kasih Nya tak terselami sehingga beroleh kasih nya yg sungguh luar biasa,, dan kita juga harus mengasihi sesama kita.. God Bless..

  2. charles sirait
    charles sirait says:

    hidup mesti saling mengasih agar kita tampak menjadi pengikut Tuhan Yesus.
    amin.

  3. Nover
    Nover says:

    Marilah kita saling mengasihi sesama kita karena Tuhan telah terlebih dahulu mengasihi kita.
    Amin.

  4. jhon
    jhon says:

    kasih itu indah, karena hidup dengan penuh kasih lebih indah dari pada hidup dalam amarah. Tuhan Yesus memberkati Amin

  5. Novie Kurniawan
    Novie Kurniawan says:

    Mampukan aku Tuhan Yesus untuk memahami kasihMu dan membagikan kasih kepada sesamaku..Amin

  6. Naomi Bato' Lapik
    Naomi Bato' Lapik says:

    Tdk ada alasan kita sbg pengikut atau di sebut anak Tuhan Yesus kalok kt tdk mengasihi krn kt sdh terlebih dahulu di kasihi oleh Tuhan Yesus Kristus sehingga Dia rela mati di salip mati di kubur dan bangkit pada hr ketiga. irulah alasan kita sebagai anak Tuhan untuk sling mengasihi satu sama lain. ok Jesus bless u all

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *