Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Info

Hari ke-2 | 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus
Baca Pengantar Kitab Yakobus di sini

Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Baca: Yakobus 1:5-8

1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit ,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.

1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Bulan Oktober lalu, aku tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan yang sudah kujalani selama dua tahun. Bulan berikutnya, ayah dari pacarku yang menderita penyakit pada saraf motoriknya harus masuk rumah sakit. Dua bulan kemudian beliau meninggal dunia.

Sekalipun aku selalu mengingatkan diri sendiri untuk tetap mempercayai Tuhan, aku harus mengakui bahwa bulan-bulan tersebut sangat berat bagiku.

Mengawali suratnya (ayat 1-4), Yakobus meminta kita untuk menganggap berbagai pencobaan dalam hidup ini sebagai suatu kebahagiaan, karena ujian terhadap iman kita itu menghasilkan ketekunan. Namun, bagaimana kita dapat menerapkan perintah ini ketika kita sedang bergumul melewati kesulitan-kesulitan hidup seperti sakit penyakit, masalah keuangan, atau kehilangan orang yang kita kasihi?

Alkitab mengajar kita bahwa solusinya bukanlah berdoa memohon Tuhan mengeluarkan kita dari pencobaan, melainkan berdoa memohon Tuhan memberikan hikmat yang kita butuhkan untuk melewatinya. Hikmat tidak sama dengan pengetahuan; hikmat adalah pengetahuan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita membutuhkan hikmat untuk menolong kita melihat pencobaan dari perspektif yang benar, supaya kita dapat melihat kesempatan-kesempatan untuk bertumbuh dewasa melaluinya.

Alkitab memberi kita jaminan pasti: Tuhan akan memberikan kita hikmat dengan murah hati jika kita memintanya.

Makin lama pencobaan kita alami, makin sulit untuk dapat tetap mempercayai Tuhan. Mungkin itulah sebabnya Yakobus mengingatkan kita satu hal yang penting: kita harus meminta hikmat itu dalam iman. Kita harus berhati-hati untuk tidak mendua hati—tidak yakin apakah Tuhan benar-benar mendengarkan doa kita atau meragukan apakah Tuhan sungguh-sungguh mengasihi kita. Yakobus menggambarkan orang yang bimbang atau mendua hati seperti gelombang laut yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin. Orang yang demikian akan mudah menyerah dan meninggalkan imannya ketika berhadapan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya.

Sebab itu, mari datang kepada Tuhan dengan penuh keyakinan bahwa Dia akan memberikan kita hikmat untuk memahami dan mempercayai Tuhan di tengah berbagai pencobaan yang kita alami—karena Dia pasti akan memberikannya (ayat 5).

Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan (Mazmur 111:10). Itu berarti kita dapat yakin bahwa Tuhan, yang memerintah atas dunia ini (Wahyu 4:11), memiliki kuasa dan otoritas atas segala sesuatu yang Dia ciptakan. Kita dapat yakin bahwa Tuhan tetap memegang kendali sekalipun ada banyak hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita.

Aku dan pacarku sempat khawatir uang kami tidak cukup untuk membiayai pengobatan Ayah. Kami pun saling mengingatkan satu sama lain untuk terus mempercayai Tuhan yang berjanji akan menyediakan segala kebutuhan kami karena Dia mengasihi kami. Tuhan sungguh menepati janji-Nya, berulang kali kami menerima pertolongan tepat pada saat kami benar-benar membutuhkannya.

Pada akhirnya, kita dapat beristirahat di dalam Tuhan karena tahu bahwa kita sudah memiliki hal terbaik dalam hidup ini: keselamatan. Kita sudah dikaruniai segala berkat rohani di dalam surga (Efesus 1:3), dan kita dapat bersukacita karena nama kita ada terdaftar di surga (Lukas 10:20)—terlepas dari apapun yang harus kita lewati dalam hidup ini. —Alvin Chia, Singapura

Handlettering oleh Elizabeth Soetopo

Pertanyaan untuk direnungkan

1. Apa yang biasanya menjadi permohonan doamu setiap kali menghadapi pencobaan?

2. Tuhan telah berjanji untuk memberikan hikmat kepada siapa saja yang memintanya. Tuliskanlah sebuah doa yang meminta agar Tuhan memberimu hikmat dalam pencobaan yang sedang kamu hadapi.

Bagikan jawaban atas perenunganmu ini di kolom komentar. Kiranya jawaban sobat muda dapat menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain.

Tentang Penulis:

Alvin Chia, Singapura | Alvin Chia selalu lapar. Dua hal yang tidak bisa dia lakukan adalah berhenti makan setelah makan makanan berat dan berdiri diam di halte bus. Tapi, meski begitu dia tahu betul bahwa hanya Tuhan yang bisa memberinya kepuasan sejati, dan hanya Tuhan jugalah yang memampukannya untuk berdiam. Alvin pernah bekerja sebagai jurnalis olahraga, tapi dia sendiri tidak berolahraga.

Baca 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Saat Teduh Yakobus, SaTe Kamu

82 Komentar Kamu

  • Yang menjadi permohonan Doa saat saya diperhadapkan dgn pencobaan ialah meminta hikmat, dan kekuatan dari Allah, karena lewat proses yg Allah ijinkan terjadi akan membuat kita menjadi pribadi yang sadar akan kelemahan kita tanpa campur tangan dari Sang Pemberi hidup itu sendiri .

    Tuhan, saat ini dalam kerendahan hati aku datang mengucap syukur untuk sebuah proses yang Engkau ijinkan terjadi dalam hidupku, aku percaya ketika Engkau memberikan hikmat bagi Raja Salomo saat mempimpin bangsa Israel, hikmat yang sama aku terima dari Engkau saat ini juga, Karna Engkau adalah Bapa-ku yg takkan pernah membiarkan aku melewati poses ini sendiri. Kekuatan serta pengharapan selalu aku temukan didalam Engkau. Trima Kasih Bapa, dalam Nama Yesus aku berdoa.Amin.

  • 1. Ketika saya lagi menhadapi suatu cobaan saya akan berdoa meminta biarlah hikmat Tuhan menolong saya melalui proses itu. Dan itu membuat saya sedikit merasa tenang.
    2.” Bapa dalam nama yesus.. Jika engkau ijinkan hal (pencobaan) ini saya dapati, brikan saya hikmat untuk melalui proses ini, biar saya dapat bertumbuh dalam kasih dan pengenalan akan Engkau.. ”
    Trima Kasih Bapa.. Buat pencobaan ini”. Amin!!!

  • 1. Yng menjadi permohonanku tiap kali mendapat cobaan dari Tuhan, aku minta tuntunan Tuhan, agar aku mampu dan tidak jatuh dalam dosa. Kalau disini dibilang sampai meragukan iman, aku sih engga, yaa.
    2. Aku minta sama Tuhan, biar Tuhan kasih hikmat dalam setiap langkahku disetiap harinya, karena setiap hari mempunyai moment tersendiri yng belum tentu menyenangkan, kesusahannya juga pasti ada. Jadi, biar Tuhan yng sanggupkan.

  • Agar tetap dikuatkan
    Bapa terimakasih atas semua berkat yang telah aku terima, terimakasih atas segalanya yang Kau berikan bagiku aku bersyukur Engkau Tuhan yang selalu menyertai setiap hari-hari ku, Bapa bantu aku agar hati ini selalu yakin dan fikiran ku tidak dibutakan oleh hal-hal yang belum aku mengerti Tuhan.
    Aku tahu bahwa semua itu terjadi karena Engkau sangat menyayangi aku,ajar aku Tuhan untuk selalu mengucapkan syukur atas apa yang telah aku terima bukan atas apapun yang terjadi buat aku dan bantu aku untuk menjadi sesuai keinginanMu bapa
    Terimakasih Tuhan yang selalu menyertai aku disetiap detik dalam hidup ku, haleluya Amin.

  • Sarimauli sitanggang

    Dalam nama yesus amen

  • 1. Sy selalu memohon kepada Tuhan untuk menguatkan hati sy dan memampukan sy dalam menyelesaikn setiap persoalan di dalam hidup sy.

    2. “Terimakasih Tuhan karena Engkau begitu baik buat kami anak2 Mu. Hamba mengucap syukur atas segala pencobaan yg terjadi kepada hamba dan mampukanlah hamba disaat semuanya begitu sulit untuk hamba lalui seorang diri, oleh sebab itu hamba memohon roh hikmat dari pada Mu atas diri hamba, kiranya perbuatan hamba dapat selalu memuliakan nama Mu, amin..”

  • Arnol Simanjuntak

    Tuhanku Yesus tolonglah aku melewati pencobaan ini sebab tanpamu aku tidak akan dapat melewatinya. Dalam nama Tuhan Yesus aku dapat mengalahkan si jahat dan hawa nafsu. Amin

  • Imel OurShine Sembiring

    Doa yang kupanjatkan ketika mengalami pergumulan adalah memohon pertolongan serta kekuatan dari Tuhan.”Bapa yang baik dan penuh kasih, aku belajar dan berproses untuk percaya bahwa setiap rancanganMu dalam hidupku adalah rancangan kebaikan. Maaf, jika seringkali pergumulanku masih buat aku khawatir dan lemah, imanku goyah. Beri aku kekuatan didalam pergumulanku, jika ini adalah bagian dari rancanganMu ajari aku agar aku mengerti dan mampu menerimanya dalam kehidupanku. Bantu aku Bapa melewati pergumulanku, beri aku jalan keluar, tolong aku. Bentuk aku menjadi pribadi yang lebih baik, lebih mengenalMu dan menyenangkan hatiMu lewat pergumulanku. Terimakasih, engkau selalu besertaku, Amin.

  • Setiap kali menghadapin pencobaan saya berdoa kepada Tuhan supaya memberi saya kekuatan dalam menghadapinya. Karna saya percaya disetiap cobaan yang Tuhan berikan pasti untuk membentuk kepribadian iman saya menjadi lebih kuat lagi.

    Doa:
    Trimakasih Tuhan Yesus untuk segala cobaan yang Engkau berikan padaku. Kiranya Tuhan melalui cobaan yang Engkau berikan aku dapat memperoleh hikmat yang daripada-Mu Yesus agar dapat slalu mengucap syukur dalam situasi apapun. Biarlah Tuhan melalui cobaan yang Engkau berikan aku dapat menjadi berkat untuk banyak orang dimanapun aku berada. Amin

  • Ferdy Judika Panggabean

    Yang menjadi permohonan dalam doa saya ketika menghadapi pencobaan tentunya meminta hikmat dan i man yang teguh untuk menghadapinya karena saya tahu dibalik pencobaan tersebut ada rancangan Tuhan yang indah dalam hidup saya.

    Ya Tuhan, ku tahu pencobaan-pencobaan yang terjadi didalam hidupku ini cukup berat bila ku hadapi sendiri. Kiranya hikmat dan penyertaanMu senantiasa meyakinkanku bahwa pencobaan tersebut dapat membentuk pribadiku yang tahan uji seturut yang Kau kehendaki ya Tuhan.

  • 1. Seringkali dalam menghadapi pencobaan saya memohon kepada Tuhan untuk dikuatkan dan memohon agar pencobaan tersebut jauh dari diri saya yang saya sadari saat ini adalah hal yamg keliru, seharusnya saya meminta hikmat sehingga boleh merubah sudut pandang saya melihat masalah ataupun pergumulan hidup sebagai salah satu bagian dari hidup saya, saya teringat kembali khotbah dari kakak PMK saya yang mengatakan secara kasar grafik kehidupan kita itu meningkat namun bila diperhatikan lebih detail pada grafik tersebut sebenarnya ada grafik kecil yang naik turun, yang ingin disampaikan ialah kita tidak bisa meningkat dalam hal iman, kesabaran, kasih, dsb bila kita tidak pernah turun mengalami rasanya ditinggalkan

  • 1. Seringkali dalam menghadapi pencobaan saya memohon kepada Tuhan untuk dikuatkan dan memohon agar pencobaan tersebut jauh dari diri saya yang saya sadari saat ini adalah hal yamg keliru, seharusnya saya meminta hikmat sehingga boleh merubah sudut pandang saya melihat masalah ataupun pergumulan hidup sebagai salah satu bagian dari hidup saya, saya teringat kembali khotbah dari kakak PMK saya yang mengatakan secara kasar grafik kehidupan kita itu meningkat namun bila diperhatikan lebih detail pada grafik tersebut sebenarnya ada grafik kecil yang naik turun, yang ingin disampaikan ialah kita tidak bisa meningkat dalam hal iman, kesabaran, kasih, dsb bila kita tidak pernah turun mengalami rasanya ditinggalkan dan dikecewakan.

  • Doa semoga Tuhan memberikan kekuatan dan hikmat setiap hari yang Dia berikan.
    “Tuhan berikan hikmat bagiku melewati satu semester ini dengan baik, dimana aku harus mengulang matakuliah 4 sks di tengah kesibukan perkuliahan di semester 6 ini. Kiranya Tuhan menguatkanku.” Amin.

  • 1. Pertolongan untuk keluar dari pencobaan
    2. Tuhan, dalam keadaanku ini aku mohon berikanlah hikmat yang daripadaMu agar ku dapat mengerti rencanaMu ketika ku menghadapi pencobaam ini sehingga ku dapat melaluinya dengan pertolongan TanganMu lewat hikmat yang engkau beri. Terima kasih Tuhan, Haleluya. Amin.

  • Jawaban untuk pertanyaan diatas
    1. Aku selalu berdoa agar di setiap pencobaan Tuhan Yesus selalu bersamaku.

    2. Bapa, aku selalu bersyukur ketika Engkau memberikanku pencobaan karena aku sadar bahwa cobaan yang Engkau bri itu karena Engkau telah merasa aku sudah jauh dariMu, ya Bapa, aku selalu percaya bahwa di kondisi apapun Engkau selalu bersamaku. Bahkan saat terendahpun diri ini Engkau tetap disisiku. Berikanlah hambamu ini hikmat yang datangnya hanya dari Engkau ya Bapa untuk melewati segala pencobaan2 Amin.

  • Christina Manurung

    Shalom
    1. Permohonanku ketika mengalami pencobaan adalah sabar. Kadang sabar itu juga,tidak terkendali kan. Aku menjadi seorang yang pemarah di kelas. Menjadi orang yang pendiam. Seketika malas berbicara kepada orang. Jika berbicara,bawaannya emosi saja.
    2. Semoga Tuhan Memberkati ku, meringankan beban ku. Aku tau,bahwa Kau ya Tuhan tidak pernah meninggalkan anak mu dalam keadaan sulit sekalipun.
    Tuhan Memberkati kita

  • 1. Mengcap Syukur atas pencobaan yg kita alami. Pencobaan itu membuat kita makin kuat.
    2. Tuhan Yesus terimakasih atas segala hal yg telah kami alami, berikan kami hikmat, pengertian dan kemampuan untk menghadapinya. Kami percayakan semua hanya ke dlm pengasihanMu, Tuhan yg akan memberikan kekuatan ke pd kami. Amen.

  • Jawaban aku untuk pertanyaan
    1. Ketika ada pencobaan yg padaku, aku kadang merasa sangan down dititik itu. Aku berusaha percaya Tuhan disituasi itu rasanya sangat-sangat sulit dibandingkan pada saat aku merasa semuanya baik-baik saja. Aku memiliki harapan . Semoga dalam pencobaan-pencobaan yang akan aku lalui, Tuhan mau memberikan hikmat yang mendiami hatiku
    2. Tuhan, ampunilah aku untuk segala hal yang aku perbuat sehingga aku jauh dari padaMU. aku yakin ketika aku meminta kepadaMU Engkau akan menyediakan bagiku hikmat itu. Dalam Nama Yesus.AMIN

  • 1. Terkadang aku meminta supaya dikuatkan, diberikan jalan keluar, terus diberikan pertolongan dengan segera. Namun terkadang kalo sudah gak sabar atau terasa terpuruk aku malah menyalahkan Tuhan, malah kecewa sama Tuhan. Dari renungan ini semoga saja aku bisa meminta hikmat dengan penuh keyakinan agar dapat percaya dan tidak bimbang meminta dan yakin kepada Tuhan.

    2. Tuhan Yesus Kristus, yang bertahta di dalam sorga, mungkin banyak pencobaan yang aku hadapi, masalah seakan menggrogoti hatiku dan seakaan membuat aku bertanya kepadamu, namun Tuhan berikan lah aku hikmatmu agar aku boleh memutuskan segala sesuatu dengan baik, terlebih dari pada itu aku boleh berprilaku sesuai dgn kehendakMu, aku rasa itu penting saat aku dlm kondisi merantau sekarang ya Tuhan. Didalam Nama Yesus aku berdoa dan mengucap syukur. Ami

  • dalam doa dan keadaan apapun aq selalu memohon hikmat karena dalam suka aja kita suka lupa bersikap yang berhikmat karena kesenanganmya apalagi dalam pencobaan/pergumulan… bukan berarti rasa kuatir atau keraguan akan hilang krn yg aq alami semakin kita berserah maka rasa itu akan semakin mencobai iman kita. tinggal bagaimana kepekaan iman kita untuk meyakinkan diri agar tidak tergoyahlan dan tetap yakin Tihan da beaerta kita.

    Mari kita berdoa:
    “Bapa yang baik, Engkau lebih dahulu mengasihiku. Engkaulah Sumber kehidupanku. Aku bersyukur untuk setiap hal yang terjadi dalam hidupku. Ampunilah yang lemah karena dalam pergumulanku kadang merasa kuatir dan ragu melewatinya.
    Bapa yang mahalasih, unahlah kehidupanku selalu. dalam keberserahan biarlah hikmat-Mu menguatkan untuk melewati pergumulan dalam keluarga yang terjadi saat ini.
    Alu yakin dan percaya setiap proses adalah karena hikmat-Mu.
    Beri aku keluatan untuk memegang tangan-Mu dan berserah kepada-Mu agar aku bisa melwati setiap proses ini dalam damai sejahtera-Mu. Dalam nama Bapa, Putera dan Roh Kudus, alu naillan doaku. Amin.

  • Bp d surga kmi mengucapkn puji syukur dan trimakasih atas KsihkaruniaMu.
    Tuhan tahu sgala pergumuln kmi, beri kmi Roh hikmatMu dan mampukn kmi utk melewati musim ini.
    Trimakasih Tuhan inilh doa dan puji syukur kmi panjadkn hanya d dlm nama Tuhn Yesus Kristus, juru slamat kmi, haleluya amin.

  • 1.yang menjadi permohonan doaku setiap kali aku sedang dalam pencobaan adalah, meminta kepada Tuhan agar diberikan kekuatan, kesabaran dan pentunjuk apa yg harus saya lakukan. Dan saya harus mengimani ap yg telah saya doakan, maka dengan begitu Tuhan akan buka kan jalan..

    2. Tuhan Yesus, saat ini aku sedang jenuh dengan semua keadaanku. Diperantauan ini aku merasa sendiri, kesepian dan selalu bersedih. Jauh dari keluarga dan orang2 yg aku sayangi ternyata bukanlah hal yg mudah, Tuhan januari yg lalau aku sudah menuliskan harapanku, yang salah 1 nya “ku ingin mutasi ke bengkulu”, kiranya Tuhan mendengar doa dan harapanku, dan Tuhan sudi kiranya mengabulkan itu… Amen

  • Hari kedua Sate Bersama Kitab Yakobus.. Bner2 membuat sy terbrkati… Biarlah Tuhan Yesus Kristus slalu Memberikan Hikmat dlm hdup kita. Agar kta Tau. Apa Maksud dan 7an Tuhan. Karna Rancangan Tuhan Adalah Rncngan Damai sjahTra Bukan Rncngan kclakaan. God blesss..

  • 1. Setiap kali dalam pencobaan, aku hanya memohon, agar Tuhan selalu membuat aku kuat dalam menghadapinya. Dan aku selalu memohon kepadaNya agar setiap pergumulan yang aku hadapi dapat aku terima dengan sukacita dan penuh dengan damai. Walau kadang aku mengeluh atas apa yang Dia berikan, namun aku selalu berkata kepadaNya, Tuhan biarkanlah setiap pergumulan yang Engkau izinkan untuk ku lewati ini, dapat mengajarkanku apa arti selalu bersyukur dan berterima kasih atas apa yang Engkau tunjukkan padaku. Mulai saat itu, rasa gelisah, takut, dan apapun yang terjadi, aku mengucap syukur atas apa yang Tuhan izinkan dalam hidupku. Jadi, untuk saudara-saudara terkasih, selalu mengucap syukurlah dalam segala pergumulan yang boleh Tuhan izinkan hadir dalam hidup kita, dan berterima kasihlah kepadaNya, karena dari Dia iman kita di uji, dan dari Dia kita dapat belajar menjadi seseorang yang rendah hati.

    2. ” Bapa yang maha pangasih, berikanlah kami hati yang mampu menerima segala apa yang Tuhan izinkan hadir dalam hidup kami, dan bisa kami lewati dengan hati yang mengucap syukur kepadaMu. Bapa, ajarkan kami agar selalu berserah kepadaMu. Dan mampukanlah kami dalam menghadapi segala pergumulan yang sudah Tuhan izinkan hadir dalam hidup kami. Dan mampukanlah kami untuk selalu bersyukur kepadaMu. Dan bairkanlah Roh Kudus Mu bekerja bagi hidup kami, sehingga iman kami mampu melewati segala hal. Bapa biarkanlah apa yang terjadi hari ini, yaitu hanya berasal padaMu. Terima kasih Tuhan Yesus. Amin “

  • Cronika Linda Tambunan

    1. Permohonan saya yaitu supaya tetap dikuatkan menghadapi pencobaan dan diberi perlindungan
    2. Tuhan Yesus yang baik berilah kiranya kepadaku hikmat, agar aku boleh lebih berhikmat utk menghadapi tantanganku di dunia kampus, dalam menghadapi ktb, pkk dan akk ku. Bahkan ya Tuhan jgn biarkan jadi batu sandungan utk mereka. Biarlah aku Tuhan boleh berhikmat juga menghadapi apapun yg menjadi rintangan di depanku nanti. Ku tau Tuhan akan kuatkan. Terimakasih Yesus ku. Amin

  • 1. yang biasa menjadi permohonan doa disaat saya menghadapi pencobaan adalah saya mengucap syukur atas rahmat dan anugerahNya yang senantiasa diberikan kepada saya selalu baru setiap hari. Saya percaya bahwa RahmatNya cukup buat saya untuk menghadapi segala kesulitan hari-hari saya. Firman Tuhan berkata RahmatKu cukup bagimu untuk menghadapinya karena kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.

    2. Tuhan, terima kasih atas segala bentuk kasih karuniaMu. Saya mohon HikmatMu , KasihMu, RahmatMu dan AnugerahMu untuk saya boleh lewati segala kesulitanku dan pencobaanku sepanjang hari ini, saya percaya Tuhan bahwa Kasih RahmatMu memampukan saya untuk melewati semua sepanjang hari ini. Terima Kasih Tuhan. Amin. Tuhan Memberkati

  • 1. Diberikan kekuatan dari Tuhan untuk menghadapi pencobaan yang sedang saya alami.
    2. Ya Tuhan, berikanlahku hikmat untuk menjalani kehidupan kami sehari2…..Aku nggak sanggup berjalan sendiri tanpa Engkau dalamku….. Ku percaya Engkau sanggup berikan. Tolong aku untuk memiliki daya juang….tidak cepat menyerah… dalam menghadapi segala pencobaan, berikan HIKMAT untuk diam dan tetap berbicara dalam Kristus, tidak misuh dan tidak update status yg macam2. Dalam nama Tuhanku Yesus Kristus, kami bersyukur untuk kehadiran-Mu dalam hidupku. Amin

  • 1. Diberikan kekuatan dan keberhasilan untuk melewatinya.
    2. Ya Tuhan, terima kasih atas berkat-Mu hingga pada saat ini.
    Tuhan, tolonglah hamba-Mu dalam menghadapi setiap pencobaan yang datang kepadaku.
    Ajarilah aku agar tetap setia kepada-Mu, tetap bertahan untuk melewati pencobaan ini, dan jauhkanlah sikap putus asa dari diriku.
    Terima kasih ya Tuhan. Di dalam nama Yesus aku berdoa dan mengucap syukur. Amin.

  • 1. God, bantu aku, please. Aku tak mampu menghadapi semua ini sendiri. Berikan aku hikmat dari Mu, dalam menghadapi pencobaan ini.
    2. Hikmat dalam berkata-kata, ketika menghadapi pencobaan yang berkaitan dengan relasi kepda sesama. Serta hikmat dalam bertindak.

  • 1.Memohon Tuhan memampukan saya melewati segala pencobaan bersamaNya dan tidak berpaling dariNya. Karna kesibukan saya kepada dunia yang membuat waktu saya semakin tipis kepadaNya,yang membuat Saya sering terlambat. Dan kiranya biarlah kehendak Tuhan yang terjadi dalam segala kehidupan saya.
    2. Ya Tuhan yang bertahta di kerajaan sorga,terimakasih Bapa buat segala kasih dan anugrah Mu yang selalu baru dalam hidupku. Kubersyukur krna masih bisa ada di sini sebagaimana ku ada. Itu bukan karena hebat dan kuatku tetapi itu semua ialah karena kasihMu. Tuhan terimakasih karna kau masih memberikan hamba kekuatan untuk melewati pencobaan ini dimana kau masih memampukan hamba untuk hidup jauh dari orang tua hamba. Hamba yakin dibalik pencobaan ini ada kasih baru yang kau sediakan bagi hamba. Kiranya bapa hamba mampu melewatinya bersama kehendak Mu dan biarlah segalanya terjadi sesuai keinginan Mu. Ini doa hambamu biarlah kehendak Mu yang jadi. dalam Kristus Yesus hambamu berdoa. Amin

  • 1. Tuhan berikan kekuatan dalan aku menghadapi pencobaan,dan aku percaya Tuhan memberikan jalan keluar yg terbaik tepat pada waktuNya
    2. biarlah Bapak hikmatMu turun atasku untuk aku menggunakan keuanganku, dan perkataan dan sikapku
    Amin

  • 1. Do meminta hikmat, kiranya diberikan kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi cobaan demi cobaan. Minta dipenuhi Roh Kudus agar senantiasa diberikan sukacita dan penghiburan meski di tengah badai bergelombang.
    2. Bapa kami yang ada di dalam Surga, saya mengucap syukur dan berterima kasih karena Engkau sudah mengijinkan tiap cobaan menghampiri hidup saya. Saya percaya Engkau memberikan cobaan ini tidak melebihi kekuatan yg saya miliki. Ya Bapa, berikanlah hikmat agar saya dapat melalui cobaan2 ini, saya kan tetap setia menanti janji-Mu sampai ku mendapatkan mahkota kehidupanku. Dlaam nama Tuhan Yesus Kristus, saya serahkan doa ini ke dalam tangan kasih-Mu. Amin.

  • 1.memohon kepada Tuhan agar diberi kekuatan utk menghadapi pencobaan dgn meyakini firmanNya yg tertulis dlm 1Korintus10;13

  • 1. Saat ak sedang dalam masalah, aku serring terpaku pada masalah dan lupa untuk minta pertolongan Tuhan. Dan ketika aku sungguh lelah menghadapi masalahku, aku berdoa agar Tuhan membantuku menyelesaikan masalah ini. Aku lupa meminta hikmat dari Tuhan dan bersyukur pada-Nya
    2. Ya Tuhan Yesus, kiranya Engkau menurunkan Hikmat-Mu padaku terutama saat aku menjalani profesiku demi memuliakan nama-Mu, dan ajar Ku untuk mencintai pekerjaanku. Aku yakin dan percaya all of my big dreams are in your hands and there is nothing i have to afraid of. Terimakasih Tuhan Yesus. Amin

  • Asri ningsi rambu endi

    1. Setiap saya mendapatkan masalah, sy selalu meminta kekuatan, kesabaran, kebijaksanaan, dan hikmat dari Tuhan, krna dengan itu semua saya bisa melewati setiap masalah yang ada dan selalu berproses lebih dewasa lagi dalam Tuhan.
    2. Tuhan Yesus kiranya Bapa memberikan saya hikmat agar saya bisa menghadapi setiap persoalan hidup dengan penuh kesabaran dan selalu memuliakan nama Mu Ya Bapa, dalam Nama AnakMu Yesus Kristus. Amin

  • 1. Agar di berikekuatan dan kekuatan serta hikmat dalam menjalani berbagai macam cerita kehidupan.

    2. Tuhan, aku selalu mengucap syukur atas kehidupan yang masih engkau beri. Engkau masih memakai aku dalam kehidupan ini. Maka dari itu, tuntun dan temani lah aku setiap perjalanan kehidupan ini. Aku yakin jikalau Kau bersamaku aku pasti kuat akan setiap persoalan kehidupan ini. Terimakasih Tuhan. Amin.

  • Terpujilah Tuhan,

    Saya berdoa kepada Tuhan agar diberikan hikmat serta roh kudus yang menguatkan hati dalam menghadapi segala pergumulan hidup. Pergumulan hidup saat ini agar dapat bersama-sama berkumpul dengan Istri dan Anak Saya yang masih terpisah tempat tinggalnya,dikarenakan Istri bekerja sebagai PNS,usaha sudah dilakukan dengan mengurus perpindahan Istri Saya.Kiranya Tuhan mengabulkan permohonan kami sesuai dengan kehendak-Nya.Amin

  • 1. Supaya dimampukan, tidak mengeluh, dan tetap bersyukur meskipun aku sedang mengalami pencobaan.
    2. Tuhan Yesus yang baik terimakasih untuk pencobaan dan pergumulan yg masih boleh saya hadapi biarkan Tuhan yang menguatkan saya biarkan saya berserah penuh pada Tuhan. bantu memahami rencana Tuhan agar bisa melewatinya dan biarkan saya tetap bersyukur dlm keadaan apapun dalam nama Yesus amin

  • Ketika saya menghadapi pencobaan saya cuma bilang sama Tuhan “Tuhan beri Roh-Mu supay aku tetap kuat untuk bertahan melewati setiap proses di dalam hidupku, dan ajar aku untuk tetap percaya bahwa semuanya itu mendatangkan kebaikan bagiku” Setiap kali aku selesai berdoa aku merasakan kelegaan, ketenangan dari Tuhan.

  • Selamat pagi,
    1.Memohon agar Tuhan memberikan saya rasa percaya yg kuat kepada-Nya dlm melewati setiap pencobaan hidup saya,dan diberikan Hikmat yg benar bahwa pencobaan hidup ini merupakan proses yg Tuhan beri.

    2.Bapa yang baik,ketika hidup terasa tidak menyenangkan karena begitu banyak pencobaan dan pergumulan yang saya alami,tetapi Saya mau percaya bahwa Tuhan tetap memberikan saya kekuatan untuk melewatinya,terjadilah sesuai kehendakMu Tuhan,trima kasih untuk Kasih Sayang Tuhan kepada saya,dalam Nama Tuhan Yesus,saya telah berdoa.Amin

  • 1. Permohonanku setiap kali berdoa menghadapi pencobaan awalnya supaya Tuhan beri kekuatan, tapi ada seseorang yg mengingatkanku untuk isi doanya diganti supaya kehendak Tuhan yang terjadi dan biarlah dengan kehendak Tuhan yg terjadi semuanya akan berakhir baik, dan didlm kehendak Tuhan aku minta untuk Tuhan selalu menenangkan hatiku dan bersamaku saat aku sedang kecewa atau sedang sangat down… karena Tuhanlah yg mengerti aku melebihi siapapun bahkan diri sendiri

  • Shaloom..

    1.Meminta kekuatan dari Tuhan dan juga hikmat-Nya agar memahami pencobaan yang terjadi didalam hidup.
    2. Bapa yang baik, terima kasih untuk keadaan yg terjadi ini, berikanlah kekuatan agar hamba tetap kuat dan berikanlah hikmat kepada hamba agar hamba memahami setiap pencobaan yang terjadi ini, didalam nama Tuhan Yesus… Amiin

    Tuhan Yesus memberkati kita slalu

  • 1. Dulu sering meminta permohonan untuk membantu saya agar Tuhan mengeluarkan saya dari masalah yg sedang dihadapi. Tetapi saya sadar karena berdoa tanpa perbuatan adalah sia-sia. Akhirnya tahun kemarin saya dapat masalah yang menurut saya sangat berat, saat itu saya depresi berat dan hampir menyalahkan Tuhan. Lalu, pendeta di gereja memberi saran untuk berdoa meminta hikmat kepada Tuhan. Setelah itu, saya mendapat jawaban nya, yaitu menyelesaikan masalah itu dengan berani tanpa harus melihat konsekuensinya, karena itu kesalahan saya juga. Saya sadar seharusnya saat berdoa untuk pergumulan, mintalah hikmat kepadaNya.

    2. “Tuhan Yesus, segala Puji Syukur dan hormat kepadaMu. Tuhan Yesus, terimakasih atas penyertaanmu di dalam hidupku yang penuh dosa dan sering melukai hatimu di dalam perkataan dan perbuataanku. Kini aku berserah diri kepadaMu, aku meminta pengampunan dosa atas segala yang kuperbuat, bahkan pergumulan yang kuhadapi oleh kesalahanku. Tuhan Yesus, aku berdoa atas pergumulanku (kusebutkan). KiraNya berikanlah aku hikmat atas pergumulanku ini. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amen.

  • 1. Meminta pertolongan dan kekuatan dari Tuhan
    2. Tuhan kiranya Engkau memberikanku hikmat untuk bisa melewati beberapa masalah yg sedang terjadi saat ini dan ajarku juga untuk percaya bahwa Engkau mengasihiku. Amin

  • hizkia nataniel jevon

    saya memohon kepada Tuhan agar selalu diberikan hikmat setiap hari, agar saya tidak jatuh ke dalam dosa yg sama setiap waktu

  • 1. Yang selalu saya minta dalam permohonan Doa ketika saya dalam menghadapi pencobaan adalah Ketenangan hati dan jiwa serta pimpinan Tuhan. agar kiranya saya boleh ditenangkan oleh Tuhan dan dipimpin Tuhan untuk setiap langkah yang saya ambil.

    2. Bapa, saat ini ku datang pada-Mu, membawa hati,pikiran, dan jiwaku. Terima kasih karena hamba bisa ada sampai hari ini. Ya Bapa, berilah kiranya hamba-Mu ini ketenangan hati agar bisa lebih damai menjalani hidup ini. Kuatkan hamba melalui setiap pergumulan hamba. Biarlah apa yang terjadi di dalam hidupku, itu semua Tuhan yang tau. Kuatkan hamba melaluinya. Pimpin hamba, ajari hamba dalam melalui setiap pergumulan hidup ini. Mampukan hamba melaluinya. karena semua yang terjadi, baik adanya Kau berikan.

    di dalam doaku, aku memohon pada-Mu. Melalui anak-Mu Yesus Kristus ku berdoa

  • 1.Mohon dikuatkan iman kami dn dimampukan utk semakin yakin bhw pencobaan dn pergumulan membuat ku semakin dekat dg-Nya. 2.Tuhan benar memenihi janjinya dn tepat pd waktunya.! Amin…Tuhan memberkati kita..

  • 1. Ketika aku menghadapi cobaan, yang mana sahat ini juga saya sedang hadapi. Saya meminta Bapa di sorga untuk membantuku dalam menghadapi cobaan ini. Aku meminta hikmat dan kebijaksanaan dan memohon kepadaNya untuk memberikanku sudut pandang yang dari padaNya.

    2. Bapa di sorga, terimakasih untuk penyertaanMu dalam hidupku sampai saat ini. Dimuliakan lah namaMu dan jadilah kehendakMu, di bumi seperti di sorga. Biarlah Engkau semakin besar dan aku semakin kecil.
    Bapa, saat ini aku sedang bergumul dengan banyak hal. Aku tahu bahwa Engkau sudah mengetahuinya bahkan sebelum aku menceritakannya kepadaMu. Saat ini, aku khawatir akan hidupku, akan masa depanku dan masalah-masalah yang sepertinya tidak selesai-selesai. Aku sudah berkali-kali menceritakannya kepadaMu, tetapi sepertinya Engkau diam dan kadang aku merasa Engkau sangat jauh. Tapi aku percaya, Engkau mendengar dan memperhatikan ku.

    Tuhan, aku memang saat ini belum mengerti arti dari semua ini. Tapi aku percaya, semuanya Engkau rajut untuk kebaikanku. Apapun itu Bapa, biarlah namaMu saja yang dimuliakan dalam hidupku. Bantu aku untuk melihat dan memandang segala sesuatunya dari sudut pandangMu. Berikan aku hikmat dan kebijaksanaan seperti yang Engkau berikan pada Raja Salomo, supaya aku tidak menyimpang dalam masa-masa sulit ini. Ajar aku untuk selalu percaya dan menyembahmu dalam segala hal, situasi dan kondisi. Ajar aku dalam iman untuk menantikan jawabanMu.

    Tolong ampuni kesalahanku Bapa, yang sengaja dan tidak sengaja, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, supaya aku layak mendapat berkatMu dan masuk kitab kehidupanMu.

    Terimakasih Bapa. Dalam nama AnakMu, Yesus Kristus, aku berdoa dan mengucap syukur. Amen!!

  • 1.Yang menjadi permohonan doa saya setiap kali menghadapi pencobaan adalah kekuatan kebijaksanaan dan hati yang tetap teguh untuk dapat menghadapi setiap pencobaan yang ada.
    2.ya Tuhan ku percaya disaat aku berada dalam pencobaan itu hanya untk menguatkan aku.Dan aku percaya Tuhan lah yang menolong dan memberikan aku yang terbaik.Supaya di setiap pencobaan yang ku alami Tuhan lah yang memberikan hikmat kepadaku.Supaya aku dapat selalu bersyukur atas segala hal yang terjadi dalam hidupku ini.Amin

Bagikan Komentar Kamu!