Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Info

Hari ke-2 | 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus
Baca Pengantar Kitab Yakobus di sini

Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Baca: Yakobus 1:5-8

1:5 Tetapi apabila di antara kamu ada yang kekurangan hikmat, hendaklah ia memintakannya kepada Allah, yang memberikan kepada semua orang dengan murah hati dan dengan tidak membangkit-bangkit ,maka hal itu akan diberikan kepadanya.

1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.

1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.

1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Hikmat untuk Mengatasi Pencobaan

Bulan Oktober lalu, aku tiba-tiba diberhentikan dari pekerjaan yang sudah kujalani selama dua tahun. Bulan berikutnya, ayah dari pacarku yang menderita penyakit pada saraf motoriknya harus masuk rumah sakit. Dua bulan kemudian beliau meninggal dunia.

Sekalipun aku selalu mengingatkan diri sendiri untuk tetap mempercayai Tuhan, aku harus mengakui bahwa bulan-bulan tersebut sangat berat bagiku.

Mengawali suratnya (ayat 1-4), Yakobus meminta kita untuk menganggap berbagai pencobaan dalam hidup ini sebagai suatu kebahagiaan, karena ujian terhadap iman kita itu menghasilkan ketekunan. Namun, bagaimana kita dapat menerapkan perintah ini ketika kita sedang bergumul melewati kesulitan-kesulitan hidup seperti sakit penyakit, masalah keuangan, atau kehilangan orang yang kita kasihi?

Alkitab mengajar kita bahwa solusinya bukanlah berdoa memohon Tuhan mengeluarkan kita dari pencobaan, melainkan berdoa memohon Tuhan memberikan hikmat yang kita butuhkan untuk melewatinya. Hikmat tidak sama dengan pengetahuan; hikmat adalah pengetahuan yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Kita membutuhkan hikmat untuk menolong kita melihat pencobaan dari perspektif yang benar, supaya kita dapat melihat kesempatan-kesempatan untuk bertumbuh dewasa melaluinya.

Alkitab memberi kita jaminan pasti: Tuhan akan memberikan kita hikmat dengan murah hati jika kita memintanya.

Makin lama pencobaan kita alami, makin sulit untuk dapat tetap mempercayai Tuhan. Mungkin itulah sebabnya Yakobus mengingatkan kita satu hal yang penting: kita harus meminta hikmat itu dalam iman. Kita harus berhati-hati untuk tidak mendua hati—tidak yakin apakah Tuhan benar-benar mendengarkan doa kita atau meragukan apakah Tuhan sungguh-sungguh mengasihi kita. Yakobus menggambarkan orang yang bimbang atau mendua hati seperti gelombang laut yang diombang-ambingkan kian kemari oleh angin. Orang yang demikian akan mudah menyerah dan meninggalkan imannya ketika berhadapan dengan hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidupnya.

Sebab itu, mari datang kepada Tuhan dengan penuh keyakinan bahwa Dia akan memberikan kita hikmat untuk memahami dan mempercayai Tuhan di tengah berbagai pencobaan yang kita alami—karena Dia pasti akan memberikannya (ayat 5).

Permulaan hikmat adalah takut akan Tuhan (Mazmur 111:10). Itu berarti kita dapat yakin bahwa Tuhan, yang memerintah atas dunia ini (Wahyu 4:11), memiliki kuasa dan otoritas atas segala sesuatu yang Dia ciptakan. Kita dapat yakin bahwa Tuhan tetap memegang kendali sekalipun ada banyak hal yang tidak berjalan sesuai keinginan kita.

Aku dan pacarku sempat khawatir uang kami tidak cukup untuk membiayai pengobatan Ayah. Kami pun saling mengingatkan satu sama lain untuk terus mempercayai Tuhan yang berjanji akan menyediakan segala kebutuhan kami karena Dia mengasihi kami. Tuhan sungguh menepati janji-Nya, berulang kali kami menerima pertolongan tepat pada saat kami benar-benar membutuhkannya.

Pada akhirnya, kita dapat beristirahat di dalam Tuhan karena tahu bahwa kita sudah memiliki hal terbaik dalam hidup ini: keselamatan. Kita sudah dikaruniai segala berkat rohani di dalam surga (Efesus 1:3), dan kita dapat bersukacita karena nama kita ada terdaftar di surga (Lukas 10:20)—terlepas dari apapun yang harus kita lewati dalam hidup ini. —Alvin Chia, Singapura

Handlettering oleh Elizabeth Soetopo

Pertanyaan untuk direnungkan

1. Apa yang biasanya menjadi permohonan doamu setiap kali menghadapi pencobaan?

2. Tuhan telah berjanji untuk memberikan hikmat kepada siapa saja yang memintanya. Tuliskanlah sebuah doa yang meminta agar Tuhan memberimu hikmat dalam pencobaan yang sedang kamu hadapi.

Bagikan jawaban atas perenunganmu ini di kolom komentar. Kiranya jawaban sobat muda dapat menjadi inspirasi dan berkat bagi orang lain.

Tentang Penulis:

Alvin Chia, Singapura | Alvin Chia selalu lapar. Dua hal yang tidak bisa dia lakukan adalah berhenti makan setelah makan makanan berat dan berdiri diam di halte bus. Tapi, meski begitu dia tahu betul bahwa hanya Tuhan yang bisa memberinya kepuasan sejati, dan hanya Tuhan jugalah yang memampukannya untuk berdiam. Alvin pernah bekerja sebagai jurnalis olahraga, tapi dia sendiri tidak berolahraga.

Baca 30 Hari Saat Teduh bersama Kitab Yakobus

Facebooktwittergoogle_plusreddit

Artikel ini termasuk dalam kategori Saat Teduh Kitab Yakobus, SaTe Kamu

79 Komentar Kamu

  • Saat sedang dalam masalah terkadang aku terlalu larut dalam masalah dan ketidak berdayaanku, sulit terkadang untuk bangkit dari hal itu. Meski aku percaya dibalik semua itu ada hal yg indah disediakan Tuhan untukku, tapi tindakanku terkadang tidak sejalan dengan apa yang aku yakini.

    Doa:
    Bapa yang mulia, Bapa yang maha tahu, apa yang terjadi dalam hidupku apa yang aku pikirkan Engkaulah yang tahu segalanya, dalam pergumulanku Tuhan terkadang tanpa sadar aku hanya mengandalkan kekuatanku, tapi aku sadar Tuhan dengan itu aku tidak mampu lepas dari pergumulan itu. Tapi aku tetap bersyukur untuk semua yang terjadi dalam hidupku. Bapa biarlah hikmat dari PadaMu menuntut langkahku menghadapi semua pergumulan hidupku.
    Amin

  • 1 yang menjadi permohonan doa saya,
    Saya selalu minta kepada Tuhan Yesus kekuatan, sukacita, dan damai sejahtera, sehingga tetap tersenyum dan merasa terhibur sekalipun kondisi dan situasi tidak memungkinkan untuk bersukacita, tapi ketika kita percaya kepada Tuhan dengan segenap hati,akal dan jiwa kita,, beban kita terasa ringan, karena Tuhan Yesus memberikan kemampuan untuk melewati setiap pergumulan dalam hidup kita, Tuhan Yesus dahsyat dan luar biasa
    2). Doa saya:
    Segala puji dan hormat hanya bagi Tuhan, sebab hanya Tuhan yang layak dipuji, Tuhan Yesus dalam menghadapi masalah saya memohon beri saya hikmat-Mu, sehingga dalam mengambil keputusan saya tidak pernah salah, karna Tuhan yang tuntun saya lewat hikmat yanh Tuhan beri, trima kasih Tuhan ini doa dan permohonanku ampuni salah dan dosa yang saya buat melawan kehendak-Mu, dalam nama Tuhan Yesus amin.

  • Trimakasih Tuhan sudah mengingatkan n menyadarkanku, bhw aq hrs meminta kepadaMu agar bisa melewati pencobaan ini buka keluar dari pencobaan..
    Amin

  • 1. Biasanya saya meminta kekuatan agar dapat menghadapi cobaan. Tapi dari renungan ini saya diingatkan bahwa hikmat lebih di perlukan untuk mencerna apa yang terjadi di kehidupan kita dan hal itu membuat kita lebih dewasa dalam menghadapi nya.

    2. Bapa, berikanlah kami hikmat dalam menghadapi pencobaan. Dalam nama Yesus aku berdoa. Amin.

  • Doa ketika menghadapi permasalahan adalah meminta agar 1.Tuhan menyertai dan memampukan saya melihat masalah itu sebagai alat Tuhan untuk membentuk pribadi saya sehingga mampu melaluinya.

  • saya jatuh dalam hal sakit hati dan asmara yang luar biasa
    Tapi tanpa Tuhan saya sadar saya engga bisa apa apa selalu meminta kepada Tuhan pertolongan namun sedikit lupa untuk meminta hikmat dariNYA

    Bapa yang disurga terimakasih untuk pencobaan yang kau berikan kepadu, tidak henti hentinya aku mengucap syukur dan kiranya engkau menurunkan hikmat mu atas ku untuk bisa kuat menghadapi hari demi hari dan di perbaharuai setiap harinya dan aku percaya ya Tuhanku engkau mempunyai rencana yang indah untukku
    Di dalam namaMU Tuhan yesus kristus amin

  • Lia Nur Selly Gurning

    1. Permohonan doa saya setiap kali saya dihadapkan dengan pencobaan yaitu memohon kepada Tuhan, berdoa kepadaNya supaya diberikan kekuatan, hikmat dan kebijaksanaan. Agar setiap pencobaan dapat di lalui dengan baik, dan setiap keputusan demi keputusan yang telah dipilih dapat menjadi keputusan yang tidak memberatkan sebelah pihak. Sekiranya damai sejahtera juga Tuhan berikan kepada saya agar segala kedamaian mampir di dalam diri saya.
    2. Isi doa : Ya Tuhan, aku tau Engkau yang bekerja atas setiap kehidupanku. Engkau Allah yang sungguh baik dan amat sangat baik bagiku. Berikan lah aku hikmat dan kebijaksanaan, berikan aku hati yang damai dalam setiap pencobaan demi pencobaan yang ku alami. Berikan aku kekuatan ya Tuhan dalam menjalani segala kegiatan yang kulakukan di setiap hari nya. Trimakasih ya Tuhan, trimakasih ya Yesus. Didalam namaMu Tuhan dan Juruslamatku, Amin.

  • 1. Saat saya dalam percobaan, saya akan berdoa kepada Tuhan dengan menceritakan penggumulan saya yang saya hadapi, kemudia meminta pertolongan Tuhan untuk menunjukan jalan keluar dari penggumulan yang saya hadapi itu. Karena disaat saya bercerita semua penggumulan saya kepada Tuhan, saya merasa penggumulan saya menjadi tidak berat untuk saya hadapi, karena di saat saya bercerita kepada Tuhan melalui doa, saya percaya Tuhan akan selalu ada di samping saya dan membantu saya 🙂

    2. Tuhan terima kasih, untuk hari ini karena Engkau yaa Bapa telah memberikan saya kesehatan yang baik sampai hari ini, Bapa hari ini dengan segenap dosa ku, aku datang padaMu memohon, kiranya Engkau memberikan ku hikmat, agar setiap keraguan dan kekhawatiranku akan masa depan ku bisa ku atasi, ku percaya Engkau selalu mendengar setiap doaku, ku serahkan semua keraguan dan kekhawatiranku didalamMu, biarkan tangan Mu bekerja atas hidupku. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa dan mengucap syukur, halelluya Amin.

  • 1. Minta kekuatan dari Tuhan untuk tetap kuat menghafapi setia pencobaan, minta hati yang mau peka dengan suata Tuhan, dan minta hikmat untuk bisa mengambil setiap keputusan dengan bijaksana.
    2. Tuhan Yesus, aku percaya bahwa setiap pencobaan yang datang dalam hidupku adalah cara-Mu untuk membuatku bertumbuh, berikanlah aku kekuatan dan hikmat-Mu agar setiapn pencobaan ini dapat aku sikapi dan aku lalui dengan terus bersandar hanya kepada-Mu. Amin

  • Felly Parsy Tahanora

    * Yang menjadi permohonan doa saya tiap kali menghadapi mencobaan adalah ;
    ~ Tuhan bekali aku dengan hikmat dan kebijaksanaan.
    ~ Tuhan bekali aku dengan Ketulusan dan kesabaran.
    Dan yang paling penting aku memohon agar aku bisa memaknai setiap pencobaan yang datang dalam hidup sebagai sebuah proses pendewasaan diri.
    Dan Tuhan benar” memberi hal itu bagi saya , itu sebabnya masalah demi masalah yang datang saya masih bisa menghadapinya walaupun berat.
    * Doa memohon hikmat dalam pencobaan:
    Bapa Yang Baik, Bapa Yang Setia diatas ketidak setiaan hambamu ini. Hamba mengucap syukur atas keberhasilan maupun kegagalan dalam kehidupan yang saat ini hamba jalani, teteplah besertaku Tuhan. Karena sesungguhnya hamba tak mampu.
    Ampunilah Dosa yang hamba perbuat melawan KehendaMu seturut dengan kasih setiaMu, Bapa.
    Bapa aku percaya tak ada pencobaan yang terjadi tanpa seizinMu
    Bapa aku benar” yakin Engkau mengasihiku melebihi apapun.
    Akan tetapi sebagai manusia kadang hamba mengeluh , atas setiap pencobaan yang datang dalam hidup ini.
    Disaat ini bapa , hamba datang dan meminta bekali hamba dengan hikmatMu.
    Bekali hamba dengan kebijaksanaanMu,
    Tuluskanlah hati hamba dalam menjalani pencobaan ini dan kuatkanlah hamba seturut dengan kehendakMu Bapa. Serta mampukanlah hamba untuk memahani semua cobaan ini sebagai proses pendewasaan dalam Iman.
    Ini pinta hamba Bapa, Dengar dan jawab seturut dengan kehendakMu Bapa. AMIN

  • Lilis Heryati Lumbanraja

    Ketika sedang dihadapkan pada pencobaan, saya selalu berdoa agar diberikan kekuatan untuk melalui pencobaan tsb. Saya sadar semua hal yg terjadi dalam hidup saya, semuanya tidak terlepas dari kendalinya Tuhan. Puji Tuhan, sampai saat ini pencobaan yg pernah saya alami semakin membuat iman saya bertumbuh, dan saya semakin jatuh cinta sama pribadiNya.

  • Saya berdoa memohon hikmat dalam menjalani masa depan dgn pergumulan yang ada bisa semakin mengandalkan Tuhan n ingat bahwa Tuhan selalu mengasihi meski pencobaan berat dialami.
    Saya mohon kepada Tuhan dlm bekerja di luar kota dgn segala kesulitannya, saya bisa dilindungi dan dikuatkanNya. Saya mohon Tuhan menolong saya makin berhikmat berelasi dgn pacar, mengasihi dgn kasih Tuhan dan bs menjaga diri. Saya mohon hikmat agar tetap berjalan Bersama Tuhan menjalani masa depan bersama keluarga. Amin

  • 1. Saat mengahadapi pencobaan berhenti utk bertanya kepada Tuhan ttg kenapa hal ini terjadi dalam hidupku, tp mencoba utk berkata dan berdoa untuk meminta hikmat Tuhan dlm setiap permasalahanku dan meminta kekuatan dari Tuhan utk dpt mengahadapinya.
    2. Tuhan, apa yg harus aku lakukan dlm menghadapi permasalahn ini? Berikan aku hikmatMu Tuhan, shg aku tetap berjalan sesuai kehendakMu. Berikan aku sikap hati dan pengertian yg benar bhw semua Tuhan ijinkan trjd dalam hidupku krn Tuhan pny mksud dan tujuan yg baik dalam hidupku. Dan berikan aku kekuatan utk menghadapinya. Amin.

  • 1.Yang menjadi permohonan disaat menghadapi pencobaan adalah agar Tuhan Yesus membrikan kekuatan beserta kedamaian bagi hati dan jiwaku, walau melemah tubuhku, Tuhan topang aku untuk menjadi kokoh… menjadi jawaban buat setiap pertanyaanku, menjadi sumber penghiburan luar biasa bagiku

    2. Segala syukur bagiMu, Bapa. Trimakasih buat napas kehidupan yang bisa kunikmati sampai saat ini. walau banyak kian masalah yang menghadangku saat ini
    walau pencobaan begitu derasnya ingin mengikis setiap semangat dan damaiku
    Pimpin aku Tuhan dengan hikmat yang daripadaMu, agar aku mampu bertumbuh sesuai dengan kehendakmu
    hadirlah Engkau Bapaku. Trimakasih Bapa
    Dalam nama Yesus Kristus,Tuhan dan Juruslamatku, aku berdoa
    amin

  • Syalom. Ketika saya mendapatkan pencobaan yang selalu ada dalam pikiran saya saat berdoa yaitu mencari makna pada setiap persoalan yang terjadi karena saya percaya apapun yang terjadi itu adalah rencana Tuhan yang terbaik bagi saya dan ketika mendapatkan persoalan yang sangat berat sekalipun, saya percaya bahwa Tuhan percaya dengan diri saya bahwa saya mampu. itu yang membuat saya sadar bahwa berarti saya adalah orang hebat yang diberkati Tuhan dengan segala hikmat yang Tuhan berikan dan dipercayakan Tuhan dengan tanggung jawab tersebut

    Tuhan Yesus inilah saya anakMu yang selalu bersyukur atas anugerahMu yang luar biasa. Saya percaya bahwa setiap persoalan dan tanggung jawab yang saya terima, itu adalah rencanaMu yang terindah bagi saya. Berikan saya hikmat dan kekuatan untuk melewati segala rintangan yang ada. Saya percaya saya mampu karena Engkau selalu bersama-sama dengan saya ya Tuhan. Pakailah saya agar menjadi berkat bagi orang lain, sadarkanlah setiap saya mendapat keinginan untuk melakukan dosa, bimbinglah saya untuk terus berjalan di jalanMu yang luar biasa, dan ketika Engkau mendapati saya sudah mulai melenceng/menyerong dari jalanMu tarik kami kembali untuk berjalan terus di jalanMu. Terima kasih Tuhan. AMIN

  • 1. Ketika saya dalam pencobaan, saya akan berdoa pada Tuhan dan miminta kekuatan dan iman yg lebih untuk selalu mempercayain Nya. Bahwa dengan percaya padaNya semua masalah akan terselesaiakan dengan cara dan waktu yg Tuhan anggap tepat.
    2. Tuhan, terima kasih kasih kau masih memberi hambaMu yg penuh dosa ini berkat dan kasihMu. Bapa kau Allahku yg luar biasa yg selalu memungguku kembali padaMu. Bantulahlah anakMu ini untk selalu menjadi pribafi yg lebih baik hari demi hari. Dengan kasih dan berkat Mu hamba percaya aku akan semuanya akan baik” saja. Kepercayakan semuanya pada Mu Tuhan, pasti akan baik” saja. Amin

  • 1.Tuhan memberikan kekuatan menghadapi pergumulan hidup, meyakinkan diri bahwa Tuhan tidak akan tinggal diam, berserah sama Tuhan kalau Tuhan tidak akan kasih pergumulan yang tidak bisa dilewati/diselesaikan oleh pribadi kita
    2.Tuhan Yesus hamba datang membawa semua pergumulan kehidupan yang hamba rasakan, pergumulan pribadi maupun pergumulan dalam keluarga hamba Tuhan. masa ini hamba penuh kebimbangan namun seperti firman mu hamba akan lebih meyakinkan diri hamba lagi sesuai dengan kehendakMu dan menjauhi kebimbangan dalam hidup hamba. Tuhan berkati keputusan hamba saat ini kiranya boleh berkenan dihadapan Tuhan. Hamba yakin bahwa berjalan bersama Tuhan pasti Tuhan akan memberikan apa yang hati kita inginkan. Berkati keputusan hamba Tuhan.
    Bagi pergumulan keluarga hamba yang sangat berat saat iniajar lah keluarga hamba untuk lebih memperkuat iman kepada Tuhan yakinkan hati kami melewati pergumulan bersama sama dan saling menguatkan serta mendoakan satu sama lain. Tuhan pasti sanggup menopang kami melewati pergumulan ini. Amin

  • Saya selalu meminta kekuatan untuk bisa melewati setiap cobaan/pergumulan yg saya hadapi.

    “Tuhan Yesus, karuniakan hikmat kpda saya untuk ttp bisa bersukacita dn ttp kuat dalam melewati setiap pencobaan, jangan biarkan saya menjadi bimbang, bersama sama trus dgn saya, tuntun saya dlm melewati stiap suka duka hidup ini, biarlah iman percaya saya dapat bertumbuh dan berbuah hanya kepadaMu melalui setiap pergumulan yg saya hadapi, Amin” 🙂

  • 1. Aku terkadang hanya berdoa meminta Tuhan tolong aku dalam menghadapi pencobaan. Tetapi selepas dari aku berdoa aku malah mengandalkan kekuatan ku sendiri dengan cara pandang ku yang salah. Dari saat teduh hari ini, aku kembali boleh di tegur untuk kembali meminta hikmat kepada sang pemilik hikmat untuk menolong ku dalam mencari solusi dalam permasalahan yang sedang aku hadapi.

    2. Tuhan Yesus, aku berikanlah hikmat kepada hamba mu ini agar hamba mu mampu dan berjuang keluar dari permasalahan ku dengan terus mengandalkan Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus, amin.

  • 1. Meminta pertolongan Tuhan untuk mampu melewatinya,atau terkadang aku marah sama Tuhan kenapa harus terjadi seperti ini,kenapa harus aku? Nah itu aku sering banget sprt itu kalau menghadapi pencobaan,bahkan terkadang mengabaikan untuk berdoa.
    2. Tuhan Yesus yang baik biarlah kiranya RohMu yang kudus memampukan hambaMu melewati ini dengan penub sukacita dan percaya bahwa Tuhanku lebih besar dari pencobaan yang ku alami ini.

  • Dina Valianty Sitorus

    1.saya sering meminta dalam doa saya pada saat mengalami pencobaan agar Tuhan memegang tangan saya dan membantu saya untuk menyelesaikan semua masalah dalam hidup saya.
    2.Rasa syukur yang luar biasa atas berkat dan penyertaan Tuhan di sepanjang hidupku, banyak hal yang tak bisa ku pahami dalam hidup ini, masalah dan tekanan silih berganti datang dalam kehidupan ini, khusus nya dalam mencapai cita-cita banyak hal yang harus di korbankan, yang terkadang ingin membuatku putus asa, tapi Bapa sorgawi Engkau tidak akan membiarkan anak-Mu terpuruk terus menerus tetapi biarlah Hikmat yang dari pada-Mu tercurah padaku oleh karena belas kasihan-Mu yang luar biasa, Tuhan tanpa engkau hidupku tak akan berarti apa-apa, tetaplah bersamaku,Terpujilah nama-Mu Bapa hari ini esok bahkan untuk selama-lamanya Amin.

  • 1.Ketika masalah/pencobaan dtg, aku pasti meminta kekuatan dari Tuhan dan berserah penuh kepadaNya ketika sudah berusaha melakukan yg terbaik. Tuhan mengenal penuh tentang kelemahan dan kelebihan kita. Tuhan pasti memberikan setiap persoalan itu agar kita memperoleh hikmat di kehidupan kita
    2.Allah Bapa Allah yg kami sembah didalam nama anakNya Tuhan Yesus Kristus, puji syukur atas berkat kasih yg Kau berikan kepada kami dimana Kau memberikan kami pencobaan ini adalah salah satu bentuk kepedulianMu kepada iman kami. Tuhan, Kau yg berikan cobaan ini Kau juga yg memberikan hikmat kekuatan untuk menyelesaikan nya Tuhan. Tuntun kami Tuhan, ajarkan kami untuk selalu menghitung berkat mu setiap harinya. Dosa yg kami perbuat kiranya dapat Kau ampuni agar tdk terhalang oleh berkat yg Kau berikan Tuhan. Terimakasih Bapa, didalam anakmu Tuhan Yesus Kristus kami sudah berdoa dan mengucap syukur. Amin.

  • 1. Yg biasa menjadi permohonan doaku ketika menghadapi cobaan adalah hikmat, pikiran yg jernih, kesabaran dan pengharapan.

    2. Doaku biarlah kiranya Tuhan memberikan aku hikmat dalam memandang pencobaan yg sedang ku alami, tidak terbawa oleh pikiran duniawi dan mengimani bahwa Allah sudah mempersiapkan yg terbaik untukku dan inilah prosesnya. Ketika Allah memprosesku menjadi seperti yg Ia inggini maka Allah juga yg akan memberikan kekuatan sehingga aku tidak merasa sendirian 🙂

  • 1. Apa yang biasanya menjadi permohonan doamu setiap kali menghadapi pencobaan?
    Ketika saya menghadapi pencobaan saya minta dan mohon kepada Tuhan untuk menolong dan menguatkan biarlah kehendakNYA yang jadi amin
    2. Tuhan telah berjanji untuk memberikan hikmat kepada siapa saja yang memintanya. Tuliskanlah sebuah doa yang meminta agar Tuhan memberimu hikmat dalam pencobaan yang sedang kamu hadapi.
    Saya minta Tuhan untuk memberi hikmat saya akan masa depan cita cita jodoh asmara dan keluarga amin

  • 1.Diberi kekuatan untuk melewatinya
    2. Tuhan engkau tahu pergumulanku,ampuni aku karena seringkali aku justru jatuh dalam pencobaan itu,ajar aku untuk mengandalkanmu dan bimbing aku agar aku berhikmat dalam melewati setiap pencobaan yand ada dalam hidupku.Amin

  • 1. Ketika saya dihadapkan dengan pencobaan, saya selalu meminta kekuatan dari Tuhan agar saya dimampukan untuk menghadapi segala sesuatu yang harus saya hadapi. 2. “Ya Alla Bapa dalam Kerajaan Surga, Engkau tahu apa yang sedang aku hadapi dan aku pun tahu Engkau tidak akan membiarkan aku terus terpuruk didalam pencobaan ini jika aku menyerahkan hidupku kepadaMu. Tolong berikan aku hikmat dan tuntunan Roh KudusMu ya Bapa, agar aku dapat mampu melewati semua ini sesuai dengan cara yang Engkau kehendaki. Janganlah kiranya aku menggunakan kuat dan hebatku sendiri ya Bapa, tapi biarlah langkah kakiku berjalan sesuai dengan kehendakMu saja. Kuatkan dan mampukan aku untuk melewati semuanya. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin.

  • – Yang menjadi permohonan saya kepada Tuhan ialah boleh dimampukan dalam menjalani kehidpan dan membiarkan kehendak Tuhan sajalah yang terjadi dalam kehidupan saya.

    – ya Tuhan, terimakasih untuk segala berkat, kasih dan karunia yang boleh Tuha beri didalam kehidupan saya pribadi, keluarga dan orang-orang terkasih saya. Ajarlah Saya untuk boleh terus dimampukan dalam menjalani setiap kehidupan ini,melalui hikmat dari dari Tuhan. Kiranya kehendak Tuhan sajalah yang terjadi didalam setiap kehidupan saya, keluarga dan setiap anak-anak Tuhan. Amin

  • 1. Tuhan berikan aku kekuatan untuk bisa kuat dan sabar dalam menghadapi semua cobaan hidup ini..
    2. Tuhan Yesus tolong berikan aku kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi semua cobaan ini. Semoga Tuhan selalu ada bersamaku menjagaku dalam aku menghadapi kehidupanku. semoga semua keputusan yang aku buat itu adalah merupakan kehendak Tuhan dalam hidupku.. Amin..

  • 1. Untuk terus percaya dan bersandar kepadaNya
    2. Tuhan tolong aku untuk terus percaya dan berpegang kepadamu, untuk terus berpengharapan dan berserah kepadaMu, untuk tidak bersandar pada kekuatanku, untuk tidak khawatir dan takut tapi, kuatkanlah dan tegukanlah hatiku untuk terus melangkah maju bersamaMu. Amin

Bagikan Komentar Kamu!