Cahaya Terang

Jumat, 29 Maret 2019

Cahaya Terang

Baca: Filipi 2:12-18

2:12 Hai saudara-saudaraku yang kekasih, kamu senantiasa taat; karena itu tetaplah kerjakan keselamatanmu dengan takut dan gentar, bukan saja seperti waktu aku masih hadir, tetapi terlebih pula sekarang waktu aku tidak hadir,

2:13 karena Allahlah yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya.

2:14 Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,

2:15 supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

2:16 sambil berpegang pada firman kehidupan, agar aku dapat bermegah pada hari Kristus, bahwa aku tidak percuma berlomba dan tidak percuma bersusah-susah.

2:17 Tetapi sekalipun darahku dicurahkan pada korban dan ibadah imanmu, aku bersukacita dan aku bersukacita dengan kamu sekalian.

2:18 Dan kamu juga harus bersukacita demikian dan bersukacitalah dengan aku.

Kamu adalah terang dunia. —Matius 5:14

Daily Quotes ODB

Di musim panas tahun 2015, rombongan tim misi dari gereja kami merasa iba melihat keadaan di Mathare, salah satu kawasan kumuh di Nairobi, Kenya. Kami mengunjungi sekolah dengan lantai tanah, dinding dari lembaran seng berkarat, dan bangku-bangku kayu. Namun, di tengah lingkungan yang sedemikian sederhana, ada satu orang yang terlihat sangat menonjol.

Nama wanita itu Brilliant, yang berarti Cemerlang. Sungguh nama yang sangat cocok untuknya. Sebagai guru di sekolah dasar itu, pembawaannya yang riang dan penuh semangat sangat cocok dengan misinya. Dengan baju berwarna-warni, penampilan dan keceriaannya dalam mengajar serta menyemangati anak-anak sangatlah menakjubkan.

Cahaya terang yang dibawa oleh Brilliant ke tengah lingkungannya menyerupai cara hidup yang patut dijalani oleh orang-orang Kristen di Filipi yang menerima surat Paulus pada abad pertama. Di tengah dunia yang haus rohani, orang-orang yang percaya kepada Tuhan Yesus harus bersinar “seperti bintang-bintang di dunia” (flp. 2:15). Sampai sekarang pun, tugas kita masih sama. Cahaya terang dibutuhkan di mana-mana!

Sungguh kita terhibur saat menyadari bahwa melalui Dia “yang mengerjakan di dalam kamu baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” (ay.13), orang-orang percaya di dalam Yesus dapat bersinar seperti yang dikatakan Yesus tentang mereka yang menjadi pengikut-Nya. Kepada kita juga Dia berkata, “Kamu adalah terang dunia. . . . Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga” (Mat. 5:14-16). —Arthur Jackson

Bagaimana cara kamu memancarkan terang Kristus kepada orang lain? Apa yang dapat kamu lakukan untuk membawa sukacita Kristus kepada orang-orang yang sangat membutuhkannya?

Terangi dunia kamu dengan memantulkan terang Yesus.

Bacaan Alkitab Setahun: Hakim-hakim 7-8; Lukas 5:1-16

Bagikan Konten Ini
16 replies
  1. Aren Siahaan
    Aren Siahaan says:

    Amin,, Terpujilah Tuhan yg boleh menjadikan kita sebagai terang dunia bagi setiap orang dan membawa sukacita kristus bagi orang2 yg sangat membutuhkannya.. God Bless..

  2. charles sirait
    charles sirait says:

    mesti berusahan untuk menjadi garam dan terang di sekitar, agar orang melihat bahwa kristus ada di dalam kita.
    Tuhan Memberkati, amin.

  3. fedelia
    fedelia says:

    Marilah kita menjadi teladan agar terang Kristus nyata dalam kehidupan dimanapun Kristus menempatkan kita

  4. sumanto
    sumanto says:

    Ya Bapa Tuhan Allah beri ketabahan dn kekuatan serta keteguhan agar kami taat mengabarkan firman-Mu. Tuhan hanya Engkau Bapa,kami senantiasa dikuatkan setiap menghadapi pergumulan,terimakasih bapa.Amin…Tuhan memberkati!

  5. ronaldtampubolon
    ronaldtampubolon says:

    ya Tuhan Yesus kiranya kau selalu memberkati hamba dalam setiap aktivitas hamba ya bapa. semoga hamba bisa menjadi garam dan terang dunia bagi orang orang di sekitar hamba untuk menyampaikan firman kebenaran tentangmu. amin

Bagikan Komentar Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *